free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Desa Penglipuran Bali
T1/12/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Desa Penglipuran Bali

Iklan
Iklan

Desa Wisata Penglipuran menjadi salah satu wisata desa populer di Bali. Bahkan desa yang berada di Kabupaten Bangli ini masuk sebagai kategori desa terbersih di dunia lho, keren bukan? Desa wisata ini menawarkan keindahan tata letak bangunannya yang benar-benar tertata dengan rapi antara satu bangunan dengan bangunan yang lainnya. Penduduk di desa ini benar-benar ramah terhadap wisatawan sehingga para pengunjung akan betah berlama-lama di desa ini. Walaupun wisatawan yang berkunjung di desa ini didominasi oleh wisatawan mancanegara yang ingin mengenal adat dan budaya desa ini, wisatawan nusantara juga banyak yang berkunjung ke Desa Penglipuran sejak desa ini dijadikan sebagai tempat shoting FTV. Hampir tiap hari ada saja wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini.
Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Desa Penglipuran Bali
Desa Wisata Penglipuran Bali

Selain memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik dan rapi, desa ini juga memiliki pesona lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung yakni hutan bambu yang lokasinya berada di sebelah utara desa ini. Desa yang berjarak sekitar 58,5 km atau menempuh waktu 90 menit perjalanan dengan kendaraan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ini juga menawarkan wisata kuliner seperti loloh cemcem dengan aneka rasa yang siap menghilangkan rasa haus para pengunjung. Sajian kuliner lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke desa ini yakni ikan mujair nyat-nyat yang sudah sangat terkenal di Bali.

Berlibur ke Desa Wisata Penglipuran tidak akan lengkap kalau belum mengujungi beberapa objek wisata lainnya yang dekat dengan desa tersebut. Berikut admin bagikan dan rekomendasikan untuk mengunjungi tempat wisata sekitar desa penglipuran.

1. Desa Wisata Pengotan
Di desa wisata pengotan menjadi salah satu desa wisata di kabupaten Bangli. Jika dilihat sekilas desa ini mirip seperti desa tradisonal penglipuran, di mana di desa ini terdapat sebuah komplek rumah asli masyarakat Bali Aga yang berjejer di kiri dan kanan jalan. Selain itu, di desa ini terdapat sebuah tradisi unik yang merupakan tradisi turun temurun dari leluhur terdahulu yang ada di desa tersebut yaitu nikah massal. Nikah masal biasanya digelar pada sasih kapat (bulan keempat) dan sasih kadasa (bulan kesepuluh). Dari tempat wisata desa penglipuran berjarak sekitar 12,3 km yang berada di Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. tempat wisata desa pengotan ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata alternatif di bali bagi yang ingin mencari suasana pedesaan selain desa penglipuran.

2. Pura Kehen
Pura Kehen berada pada jarak 5,3 km dari desa wisata penglipuran yang berlokasi di Desa Cempaga, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Karena lokasinya dekat dengan desa penglipuran banyak agen tour yang menjadwalkan tempat suci ini sebagai tujuan wisata. Kebanyakan pengujung ke Pura Kehen dari wisatawan mancanegara yang kebetulan akan berlibur ke desa wisata penglipuran atau ke tempat wisata di kintamani. Pura Kehen ini memiliki keunikan yakni terletak pada pintu masuk pura yang berbentuk Candi Kurung. Keunikan lainnya, di Pura kehen juga terdapat Bale Kulkul (tempat kentongan) di atas pohon beringin yang berusia ratusan tahun.

3. Desa Wisata Kayu Ambua
Jika para traveler berwisata ke desa wisata penglipuran melalui jalur Ubud akan melewati Desa Wisata Kayuambua yang terkenal dengan agrowisata kopi luwaknya. Dari objek wisata penglipuran akan menempuh jarak sekitar 9,1 km yang berada di Desa Kayuambua, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Uniknya, untuk menarik para turis membeli kopi luwak yang terkenal tersebut, di desa ini menyiapkan tempat bagi wisatawan untuk mencoba hasil olahan kopinya untuk dicicipi secara gratis.

4. Bali Woso
Bali Woso merupakan sebuah kamp petualangan agro dan budaya yang berada di desa wisata Pengotan, tepatnya berada di Dusun Delod Umah, Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali yang berjarak sekitar 12,6 dari objek wisata penglipuran. Di sini para wisatawan didorong untuk menghormati dan menyesuaikan diri dengan alam dan masyarakat setempat, dan karenanya harus bersikap bertanggung jawab namun tetap dapat bersenang-senang saat menginap di Tenda Serengeti yang dirancang khusus. Jadi dapat dikatakan bahwa tempat wisata Bali Woso merupakan tempat kemah yang sangat asik di Bali.

5. Hutan Bambu Desa Kubu
Hutan Bambu di desa kubu memiliki area yang cukup luas dan dijadikan sebagai daerah resapan air untuk mencegah longsor atau erosi. Uniknya, warga atau siapapun yang berkunjung ke Hutan Bambu ini dilarang untuk menebang pohon bambu secara sembarangan. Bagi yang ingin menebang pohon bambu untuk keperluan tertentu diwajibkan untuk melakukan tebang pilih pada hari-hari yang telah ditentukan. Para wisatawan yang datang ke hutan ini akan disuguhkan keindahan hutan bambu yang menghijau. Di sini wisatawan bisa belajar untuk menjaga dan melestarikan alam agar tidak rusak. Pohon bambu yang menjulang tinggi akan sangat menarik dilihat, terutama ketika ada terpaan angin yang menggoyangkan bambu tersebut sampai mengeluarkan bunyi yang terkadang beraturan. Lokasi hutan bambu ini berada di Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali yang berjarak sekitar 1,7 km dari desa wisata penglipuran bali.

6. Waterboom Sidembunut
Taman rekreasi Waterboom Sidembunut ini merupakan taman rekreasi air pertama yang ada di kabupaten Bangli. Di sini para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana air yang cukup menantang seperti seluncurana air dengan ketinggian tertentu.. Selain wahana air, di waterboom sidembundut juga menawarkan wahanan menantang lainnya seperti flying fox, paint ball, motor ATV, motor cross, wahana bermain anak, ply ground, adrenaline ban, dan lain-lain. Bahkan di sini juga menyediakan paket ulang tahun dan tempat meeting. Taman rekreasi Waterboom Sidembunut berlokasi di Jalan Erlangga, Desa Sidembunut, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali yang berjarak sekitar 4,7 km dari tempat wisata penglipuran

7. Anjungan Tukad Melangit
Tempat wisata Anjungan Tukad Melangit kini menjadi tempat wisata sangat populer di Bali, bahkan tempat wisata yang berlokasi di Banjar Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli, Bali ini sedang nghits di sosial media. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam lembah yang menghijau. Lembah ini akan terlihat memukau mata jika dilihat dari atas sebuah anjungan yang terbuat dari bambu yang menghadap ke arah selatan persis di atas Tukad Melangit. Tempat wisata ini tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan khususnya anak muda yang ingin eksis di sosial media. Tempat wisata yang berjarak sekitar 12 km dari desa Penglipuran ini wajib dikunjungi bagi yang ingin mencari suasana yang berbeda selama berliburan di Bali.

8. Tukad Cepung
Air terjun Cepung atau air terjun Tukad Cepung ini sedang populer di sosial media khususnya pengguna sosial media Instagram. Tempat wisata yang baru di Bangli ini kini sudah viral di sosial media. Air terjun yang mendapat julukan “air terjun dari langit” ini berlokasi di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli yang berjarak sekitar 10 km dari tempat wisata desa penglipuran bali. Julukan sebagai air terjun dari langit ini memang cocok disandang oleh air terjun cepung. Jika diperhatikan sekilas terlihat air terjun ini jatuh dari langit karena pada puncak air terjun disilaukan oleh cahaya matahari. Sekitar air terjun tampak pemandangan yang masih asri dan hijau, tentunya ini menjadi nilai plus dari tempat wisata ini. Untuk bisa menikmati pesona air terjun ini para pengunjung harus menuruni ngarai yang sangat indah, boleh dibilang mirip seperti di Guwang Hidden Canyon loh. Karena air terjun cepung merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Bangli, bagi yang ingin berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini disarankan untuk tidak datang pada hari libur, karena pengunjung ke air terjun ini akan membludak, bahkan untuk sekedar berfoto pengunjung harus mengantre untuk bisa mengabadikan momen-momen indah di bawah air terjun ini.

9. Air Terjun Tangkup
Nama lain dari air terjun Tangkub adalah air terjun Slau, karena air terjun ini berada di sungai (tukad) Slau. Untuk menuju ke lokasi air terjun yang tingginya sekitar 25 meter ini pengunjung harus melewati hamparan sawah dan tegalan milik penduduk setempat. Belum ada jalan yang beraspal untuk menuju lokasi air terjun. Kita harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor kira-kira menempuh perjalanan sejauh 1,5 km. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam persawahan yang indah dan asri. Air terjun ini termasuk air terjun tersembunyi, oleh karena itu belum banyak yang tahu akan keberadaan lokasi air terjun ini. Lokasi air terjun ini berada di Desa Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali yang berjarak sekitar 9,8 km dari desa Penglipuran Bali.

10. Air Terjun Kuning
Untuk menuju lokasi air terjun dusun Kuning, kita harus melewati hamparan ladang cengkeh milik penduduk setempat dan harus melewati tebing yang cukup curam dengan puluhan anak tangga. Pemandangan alam sebelum mencapai lokasi sungguh sangat indah dan asri dengan tegalan penduduk yang menghijau, sehingga pengunjung tidak akan merasa kecapaian. Air Terjun Dusun Kuning memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter di atas permukaan air Tukad Melangit. Air terjun dusun kuning airnya tidak pernah surut walaupun musim kemarau karena alam disekitarnya masih terjaga dan alami. Lokasi air terjun yang sedang populer di Bangli ini berada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali yang berjarak sekitar 9,7 km dari objek wisata desa penglipuran.
Iklan