free counter with statistics Inilah 4 Kuliner Di Pulau Serangan Yang Wajib Dicoba Kelezatannya
T11/09/2019

Inilah 4 Kuliner Di Pulau Serangan Yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Iklan
Iklan

Pulau Serangan masuk ke dalam wilayah kota madya denpasar. Pulau ini berada di sebelah selatan kota Denpasar. Masyarakat di Pulau Serangan Bali ini secara turun temurun memanfaatkan laut sebagai mata pencahariannya yaitu sebagai nelayan. Penduduk di Pulau Serangan disamping penduduk asli suku Bali juga terdapat pendatang dari berbagai suku diantaranya adalah pendatang dari suku bugis. Adapun tempat wisata yang terdapat di pulau serangan yakni Penangkaran Penyu, Wisata Sejarah Kampung Bugis, Pura Sakenan, Pantai Penyu (Pantai Serangan), Wisata Bawah Laut, dan Pantai Reklamasi Serangan.

Untuk menuju pulau serangan tidak perlu menggunakan jalur laut karena sudah ada jembatan penghubung untuk menuju pulau ini dari pulau bali. Jembatan Pulau Serangan ini sering digunakan sebagai tempat berfoto-foto karena memiliki view yang sangat indah pada sore hari menjelang sang surya tenggelam di balik cakrawala dunia.
Inilah 4 Kuliner Di Pulau Serangan Yang Wajib Dicoba Kelezatannya
Kuliner khas Serangan

Tidak hanya menawarkan bentang alam sangat indah yang menjadi daya tarik Pulau Serangan, juga memiliki wisata kuliner khas Serangan yang banyak diburu oleh wisatawan. Para pecinta kuliner wajib untuk mecicipi lezatnya kuliner khas Serangan berikut ini.

1. Krupuk Klejat
Namanya sangat unik ya. Krupuk Klejat ini berbahan dasar kerang laut yang memiliki rasa yang cukup unik, renyah, dan gurih. Krupuk klejat hanya bisa kita temukan di Pulau Serangan, sehingga sering dijadikan cinderamata atau oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Cemilan ini sangat cocok dimakan sebagai pendamping nasi. Proses dan cara pembuatan krupuk klejat tidak jauh beda dengan krupuk-krupuk lainnya.

2. Ikan Asap Serangan
Pulau Serangan memiliki sebuah hidangan khas yang layak dicoba oleh para pecinta kuliner yaitu ikan asap sambal matah khas Serangan. Ikan asap Serangan memiliki rasa dan aroma yang khas dengan tekstur daging yang lebih kering tetapi empuk. Selain itu, ada aroma khas asap sabut yang bercampur dengan bumbu olesan sehingga menghasilkan aroma unik yang mengundang selera. Akan lebih mantap rasanya jika ditambahkan dengan sambal matah khas Bali yang terbuat dari rajangan bawang, cabai rawit, dan serai yang dicampur petis, garam, dan sedikit minyak ini memberikan rasa pedas yang menggoyang lidah.

3. Toro atau Bulu Babi Khas Serangan
Toro atau bulu babi ini merupakan makanan khas Serangan ini sangat digemari wisatawan Jepang dan Tiongkok saat berlibur di Pulau Serangan. Sedikitnya penjual olahan makanan dari bulu babi menjadikan hidangan ini sangat istimewa saat liburan mengujungi pulau Serangan. Bulu Babi ini karena memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga kaya vitamin yang baik untuk tubuh. Sambil menyantap bulu babi, biasanya wisatawan pun menikmati pemandangan pinggir laut pulau Serangan yang sangat mempesona plus hutan bakau dengan udara yang sejuk.

4. Bulung
Bulung adalah makanan khas Bali yang terbuat dari rumput laut hijau yang bisa didapatkan di tempat wisata Pulau Serangan. Uniknya, rumput laut hijau disajikan utuh hanya direbus sebentar lalu ditaburi dengan bumbu kelapa parut kemudiam disiram dengan kuah pindang (kuah ikan pindang). Terkadang di atasnya ditaburi denga kacang kedelai. Tampilannya agak mirip dengan sayur Urap versi laut. Makanan khas Bali ini mempunyai rasa yang lezat, khas dan gurih. Makanan khas Bali ini menjadi makanan favorit wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Serangan. Bukan hanya menyehatkan karena mengandung berbagai jenis mineral laut, bulung juga dipercaya bisa merawat kecantikan dan menjaganya agar lebih awet, sehingga tetap terlihat muda lebih lama.

Ternyata Pulau Serangan memiliki kuliner yang banyak diminati oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang mencari kuliner khas Pulau Serangan

Sumber gambar:
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Bulung.jpg
Iklan