free counter with statistics Daya Tarik Desa Wisata Pangsan Bali Yang Mampu Memikat Wisatawan
T11/09/2019

Daya Tarik Desa Wisata Pangsan Bali Yang Mampu Memikat Wisatawan

Iklan
Iklan

Kabupaten Badung di dalam mengembangkan pembangunan kepariwisataannya telah merencanakan dan melaksanakan gagasan tentang Desa Wisata melalui Peraturan Bupati Badung Nomor 47 Tahun 2010 tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung. Sejak tahun 2010, Kabupaten Badung telah memiliki 11 Desa Wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Pangsan yang berada di Kecamatan Petang.

Perlu diketahui bahwa Desa Pangsan terbagi menjadi lima banjar adat  yakni  Banjar Adat Sekarmukti,  Pundung, Kasianan, Tengah dan Dalem. Selain terbagi menjadi beberapa desa adat, Desa Pangsan juga terbagi menjadi empat banjar dinas yakni Banjar Dinas Sekarmukti, Banjar Dinas Pundung, Banjar Dinas Kasianan, dan Banjar Dinas Pangsan.

Sebagai desa wisata, desa Pangsan memiliki daya tarik wisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan. Adapun aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di Desa Wisata Pangsan yakni sebagai berikut.

1. Wisata Tracking
Desa wisata pangsan memiliki bentang alam dengan panorama yang sangat indah. Cara untuk menikmati keindahan alam desa Pangsan dapat dilakukan dengan berwisata tracking. Selama kegiatan trekking para wisatawan akan ditemani oleh pemandu yang berpengalaman dari warga desa Pangsan. Para pengunjung akan diajak untuk mengelilingi keindahan desa pangsan. Mulai dari menikmai buah yang langsung dipetik dari pohonnya, seperti buah kako dan buah salak. Selama melakukan perjalan, wisatawan akan dikenalkan dengan jenis-jenis tanaman yang menjadi komoditi pertanian desa pangsan. Pemandangan sepanjang tracking di desa pangsan akan sangat memukau dan menyejukkan wisatawan.

2. Wisata Rafting
Selain menawarkan pesona keindahan alam pedesaan yang asri nan hijau, Desa Pangsan juga menawarkan wisata petualangan yang memadukan unsur olahraga, rekreasi, petualangan, dan edukasi yang mampu memacu adrenalin para wisatawan yakni wisata rafting atau arung jeram. Kegiatan arung jeram di desa Pangsan dilakukan di Sungai Ayung yang terletak di sebelah timur desa ini. Selama kegiatan rafting para wisatawan akan menyusuri jernihnya aliran sungai Ayung yang panjangnya mencapai 68,5 km. Tidak hanya itu saja, para wisatawan akan disajikan panorama alam yang indah sepanjang mengarungi sungai.
 
Daya Tarik Desa Wisata Pangsan Bali Yang Mampu Memikat Wisatawan
Aktivitas rafting di Sungai Ayung

3. Wisata Cycling
Menikmati panorama alam pedesaan di Desa Pangsan tidak hanya bisa dilakukan dengan kegiatan tracking, tetapi bisa juga dilakukan dengan wisata cycling atau wisata bersepeda. Selama kegiatan cycling para wisatawan akan ditemani oleh seorang tutor yang akan memandu para wisatawan untuk berkeliling di sepanjang Desa Pangsan. Rute wisata cycling biasanya melalui Desa Wisata Pangsan. Pemandangan yang disuguhkan sepanjang Desa Wisata Pangsan seperti area persawahan, perkebunan bunga pacah air yang warna warni, perkampungan penduduk, perkebunan palawija, kegiatan upacara, dan kegiatan tradisional lainnya yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Pangsan.

4. Wisata Budaya
Tidak hanya disuguhkan dengan bentang alam yang indah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, desa Pangsan juga menyuguhkan wisata budaya yang menjadi nilai plus dari desa wisata ini. Pada hari-hari tertentu, para wisatawan bisa melihat secara langsung tradisi dan budaya yang dilakukan oleh warga desa Pangsan. Desa wisata Pangsan memiliki keunikan budaya yang tidak akan ditemukan di daerah lainnya di Bali . Di sini ada tradisi membuat bubur yang disebut dengan upacara Ngenar. Uniknya, pembuatan bubur ini dilakukan oleh anak-anak yang masih berusia 9 sampai 10 tahun di Pura Puseh Pingit. Upacara ini dilakukan 15 hari sebelum hari raya Galungan. Ada juga upacara untuk remaja yang akan menginjak dewasa yang disebut dengan upacara Dahe Teruna.

Selain itu, ada juga tradisi Tradisi Nyerahane Saye yakni proses serah terima pembantu kelian yang dilakukan di Pura Puseh Pingit dengan Upacara “Malang”. Upacara Malang terdiri dari memasak ayam dengan cara direbus yang diolah dengan kelapa yang sudah diparut sebelumnya, lalu ditambahkan dengan gula bali manis serta bumbu-bumbu yang lainnya. Tradisi unik lainnya yang ada di desa Pangsan adalah Tradisi Urak. Tradisi Urak adalah tradisi yang melakukan upacara di Pura Pucak Manik dan Pempatan Desa (Catus Patha Desa) oleh setiap pengayah (keluarga) yang dilakukan secara bergilur setiap hari dengan menggunakan simbolik bumbu sebagai serah terima. Untuk melihat uniknya tradisi dan budaya tersebut para wisatawan bisa mengunjungi Banjar Sekar Mukti.

Referensi dan sumber gambar:
https://pangsanbaliblog.wordpress.com/
http://blog.isi-dps.ac.id/destapratama/banjar-sekarmuktipundung
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ayung_River_Rafting.jpg
Iklan