free counter with statistics Inilah 5 Desa Wisata Di Kecamatan Petang Badung Bali
T11/09/2019

Inilah 5 Desa Wisata Di Kecamatan Petang Badung Bali

Iklan
Iklan

Petang merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Badung. Kecamatan yang berada di kabupaten Badung bagian utara ini terbagi menjadi 7 desa yakni Belok, Carangsari, Getasan, Pangsan, Pelaga, Petang, dan Sulangai. Dari 7 desa yang ada di Petang, 5 desa sudah dikembangkan menjadi desa wisata berdasarkan Peraturan Bupati Badung Nomor 47 Tahun 2010 tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung. 
Inilah 5 Desa Wisata Di Kecamatan Petang Badung Bali


Dengan adanya desa wisata di Petang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan para wisatawan ke Badung pada khususnya dan Bali pada umumnya, dan nantinya diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Adapun desa wisata yang ada di Kecamatan Petang yakni sebagai berikut.

1. Desa Pangsan
Desa Wisata Pangsan menawarkan keunikan tradisinya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi turis. Di desa wisata ini wisatawan dapat melihat, mempelajari, ikut merasakan bagaimana masyarakat melaksanakan beberapa upacara adat seperti Upacara Lampad (sebuah nasi yang berisikan bahan-bahan vegetarian yang dipersembahkan pada saat hari purnama di Pura Penataran Agung), Upacara Ngenar (upacara menanak bubur oleh anak-anak yang masih berusia 9 sampai 10 tahun di Pura Puseh Pingit), Upacara Dahe Teruna (upacara bagi anak yang akan mulai beranjak dewasa), dan Tradisi Nyerahane Saye (upacara serah terima petugas pembantu kelihan). Selain menawarkan keunikan tradisinya, desa wisata Pangsan juga memiliki tempat wisata alam yang sangat keren. Di sini wisatawan bisa bermain arung jeram di sungai Ayung, trekking dan cycling yang sangat menarik menyusuri alam pedesaan yang asri.

2. Desa Petang
Desa Petang memiliki pemandangan alam yang indah, arung jeram, kawasan luar Pura Pucak Tedung, dan air terjun Nungnung. Desa Petang juga terkenal dengan wisata agronya, serta atraksi trakking yang sangat asri di tengah perkebunan yang melewati jalur – jalur wisata sejarah hingga ke pura puncak Tedung.

3. Desa Pelaga
Desa Wisata Pelaga terkenal dengan agrowisatanya yang sering disebut sebagai Bagus Agro Pelaga. Di sini wisatawan bisa beriteraksi langsung dengan para petani dalam mengolah perkebunannya, mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pemetikan. Berbagai macam tanaman ada disini, mulai dari aneka bunga, sayur-sayuran dan buah buahan. Kawasan ini juga mempunyai pemandangan yang indah dan alami dengan udara pegunungan yang menyegarkan. Selain perkebunan yang menjadi daya tarik, kawasan pucak Mangu juga sebagai jalur trakking yang sangat populer dikalangan wisatawan, karena keindahan alamnya yang masih hijau. Di desa ini juga terdapat sebuah jembatan Tukad Bangkung, yang digadang-gadang sebagai jembatan tertinggi di Asia Tengara.

4. Desa Belok
Desa Belok mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona, perkebunan kopi dan bunga. Masyarakat menjadikan sawah mereka kebun bunga gumitir yang tak hanya untuk dipanen dan dijual hasilnya untuk kebutuhan sesajen dan hiasan tetapi juga menjadi daya tarik wisata. Kopi dari Desa Belok ternyata memiliki kualitas yang tak kalah dengan hasil produksi dari daerah lain. Terbukti hasil produksi petani setempat telah merambah pasar dunia.

5. Desa Carang Sari
Di Desa Carangsari terdapat monumen pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang menjadi destinasi wisata. Monumen ini dibuat untuk mengenang jasa kepahlawanan beliau dalam membela tanah air ini dalam mengusir penjajah. Selain monumen, di desa ini juga terdapat atraksi berwisata naik gajah sumatra dengan melewati hutan, sawah, dan alam yang asri. Di sini pengunjung juga bisa melihat gajah mandi pada pagi dan sore hari yang ditemani oleh pawang gajah. Bagi yang suka dengan wisata arung jeram, di desa ini juga menyediakan jasa rafting di Sungai Ayung.

Ternyata kecamatan Petang memiliki potensi wisata yang mampu menjadi magnet untuk meningkatkan kunjungan para turis ke Bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari desa wisata yang unik di kecamatan Petang.

Sumber gambar:
https://www.flickr.com/photos/sakeeb/3788913526
Iklan