free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Alam Bukit Di Klungkung Bali
T11/09/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Alam Bukit Di Klungkung Bali

Iklan
Iklan

Bumi Serombotan, itulah yang disematkan pada kabupaten klungkung karena terkenal dengan kuliner serombotannya. Kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Bali ini tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya lho, tetapi juga memiliki bentang alam yang sangat indah seperti panorama pantai pasir putih di Nusa Penida dan panorama alam perbukitan yang sangat asri dan hijau.


Inilah 10 Tempat Wisata Alam Bukit Di Klungkung Bali
Pesona wisata alam bukit di Klungkung
(Foto: Dwi Saputra)


Walaupun luas wilayah kabupaten Klungkung terkecil di Bali, ternyata memiliki banyak bukit dengan pesona yang memukau mata yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi bumi serombotan ini. Bagi yang ingin mencari tempat wisata alam bukit di Klungkung Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa bukit berikut ini.

1. Bukit Belong
Bukit ini sedang viral di sosmed banyak yang mengunggah foto tentang bukit ini. Bukit Belong (Blong) menyajikan panorama alam yang indah dengan hamparan sawah yang menghijau di bawah perbukitan. Jika pandangan diarahkan ke selatan, akan disuguhkan dengan pemandangan pantai selatan Pulau Bali dengan air lautnya yang membiru yang dihiasai dengan gugusan kepulauan Nusa Penida. Bukit yang berokasi di Banjar Buayang, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan ini wajib dikunjungi jika berlibur ke Bali khususnya ke kabupaten Klungkung.

2. Bukit Abah
Di Bukit Abah yang memiliki pemandangan berupa laut, perkotaan dan lainnya. Sepanjang perjalanan menuju Bukit Abah terlihat suasana alam pedesaan yang indah nan elok. Desa ini juga memiliki hutan lindung yang hijau dan dikelilingi perbukitan yang membentang dari timur sampai barat. Di sini juga terdapat patung budha yang besar yang berada di The Monkey Bar yang sangat cocok sebagai tempat bersantai di akhir pekan. The Monkey Bar menyediakan restoran dan kolam renang plus pemandangan perbukitan yang hijau dan asri.

3. Bukit Tengah
Dari atas bukit bisa melihat panorama alam yang sangat indah, mulai dari perbukitan baik dekat maupun jauh, hamparan pantai dari ketinggian, panoraman sisi Timur Bali atau di wilayah Pelabuhan Padang Bai. Walaupun lokasi bukit ini gersang dan belum tergarap sempurna, namun lokasi ini sering menjadi lokasi hunting swafoto dan petualang yang ingin menikmati keindahan pulau Bali dengan cara berbeda. Untuk menikmati pesona tempat wisata ini, jalur naiknya berada di sebelah timur Pura Goa Lawah yang juga menjadi obyek wisata terkenal.

4. Bukit Padang Daung
Wisata alam yang satu ini berlokasi di Pulau Penida atau Nusa Penida. Bukit Padang Daung merupakan wisata alam ini menawarkan pemandangan Samudra Indonesia. Sekitar lokasi dikelilingi oleh rumput ilalang yang tinggi orang local menyebutkan ambengan. Wisata alam Bukit Padang Daung yang sangat mempesona ini berada Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida.

5. Bukit Abangan
Masih di Nusa Penida, ada spot wisata yang bernama Bukit Abangan yang berlokasi di Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida. Sepanjang jalan setapak menuju Abangan Hills tersebut, kita akan disambut banyak ilalang yang tumbuh subur di kawasan perbukitan ini. Terdapat sebuah tebing cantik yang berwarna hijau segar. Dari sini kita bisa melihat keindahan Nusa Penida secara utuh. Spot yang sangat bagus untuk melihat pesona matahari terbit dari Pulau Nusa Penida.

6. Bukit Nunggul
Selain bukit Abangan, di desa Tanglad juga ada bukit dengan panorama indah yang bernama Bukit Nunggul. Bukit ini merupakan sebuah tebing dengan banyaknya petak-petak sawah yang unik. Di sini pelancong akan disuguhkan dengan keindahan hutan yang lebat dan hijau, petak sawah yang tersusun dengan rapi dan rumput ilalang yang memenuhi kawasan tersebut, sehingga sangat bagus untuk tempat piknik ataupun rekreasi.

7. Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies tidak hanya ada di Buleleng lho, di Pulau Nusa Penida juga ada. Pesona yang ditawarkan kedua-keduanya tidak kalah cantiknya. Bukit Teletubbies Nusa Penida terdiri banyak bukit yang membulat dengan rumput yang tumbuh subur dan menghijau pada musim penghujan. Jika pada musim kemarau rumput di sini agak gersang, tetapi pesona yang ditawarkan tetap mampu membuat mata terpukau akan keindahannya. Lokasi Bukit Teletubies Nusa Penida berada di perbatasan Dusun Julingan (Desa Tangglad) dan Dusun Sedehing (Desa Sekartaji).

8. Bukit Mundi
Puncak Mundi atau bukit Mundi merupakan titik tertinggi di Pulau Nusa Penida, dengan ketinggian mencapai 529 meter dari permukaan laut. Di puncak ini terdapat tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Puncak Mundi. Karena tempatnya yang berada diketinggian tentu panorama yang disajikannya sangat keren. Lokasi Bukit Mundi berada di Banjar Rata, Desa Klumpu.

9. Atuh Clift (Bukit Atuh)
Jika mengunjungi Pantai Atuh di Nusa Penida tepatnya di Banjar Pelilit, desa Pejukutan, maka perjalanan akan dihadapkan dengan jalan yang menuruni perbukitan. Nah bukit ini bernama bukit Atuh atau Atuh Clift. Pesona di bukit ini sangat bagus untuk dinikmati sembari menuju pantai pasir putih yang spektakuler di Nusa Penida.

10. Bukit Panorama Lembongan
Sesuai dengan namanya, bukit yang menyuguhkan panorama yang ciamik ini berada di Pulau Lembongan atau Nusa Lembongan. Di Bukit Panorama Lembongan para pengunjung akan dihadapkan dengan pesona pemandangan laut biru, kapal, dan rumah penduduk yang terlihat indah dan eksotis dari atas bukit. Tempat ini wajib dikunjungi jika berlibur ke Nusa Lembongan.

Semoga ini dapat dijadikan referensi dalam mencari tempat wisata alam bukit di Klungkung Bali. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan ketika mengunjungi bukit-bukit tersebut. Semoga liburan ke Bumi Serombotan menjadi menyenangkan dan berkesan.
Iklan