free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Kintamani Bali
T11/06/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Kintamani Bali

Iklan
Iklan

Bali terkenal memiliki pesona alam yang sangat indah selain keunikan budayanya. Salah satu tempat wisata alam yang paling populer dan terkenal di Bali yakni tempat wisata alam di Kintamani. Kintamani merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli yang memiliki hawa udara yang sejuk bahkan terkadang dingin karena lokasinya berada di dataran tinggi. 
Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Kintamani Bali
Wisata alam di Kintamani Bali

Dinginnya hawa udara Kintamani tidak menyurutkan niat para traveler untuk menikmati keindahan yang disuguhkannya. Hampir tiap hari kawasan kintamani diserbu wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan nusantara. Bagi yang akan berlibur ke kintamani dan ingin mencari wisata alam, berikut beberapa spot wisata alam di Kintamani yang mungkin bisa dikunjungi.

1. Penelokan
Tempat wisata alam penelokan sangat mudah sekali dijangkau karena lokasinya yang sangat strategis tepat berada dipinggir jalan raya jurusan Bangli – Singaraja. Penelokan menawarkan pesona  alam berupa keindahan Gunung Batur yang menjulang tinggi dan panorama Danau Batur yang siap memanjakan mata pengunjung. Di sini ada beberapa spot untuk berfoto yang sangat instagramable denngan latar belakang panorama danau dan gunung Batur.

2. Bukit Sari
Tempat wisata alam di Kintamani yang satu ini sangat populer bagi pecinta kemah. Tempat ini sangat baik untuk kegiatan berkemah karena dari atas bukit pelancong bisa melihat keindahan danau Batur dan gunung Batur. Tidak hanya untuk kemah doang, tempatnya juga sangat Instagramable banget. Tentunya pengunjung ke tempat wisata ini ini didominasi oleh kaula muda yang hunting foto yang akan dipamerkan di feed instagram mereka.

3. Bukit Trunyan
Tempat wisata alam Bukit Trunyan ini sangat cocok untuk kegiatan hiking sambil menikmati panorama alam sekitar bukit yang menghijau. Untuk bisa mencapai puncak bukit para pelancong harus mempersiapkan tenaga yang fit. Perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar dengan pesona dari atas bukit ini karena keindahan Gunung dan Danau Batur akan tersaji dengan mengagumkan.

4. Lava Tumuli Batur
Tempat wisata alam yang satu ini wajib dikunjungi jika berlibur ke Kintamani, khususnya kaula muda karena tempatnya sangat instagramable banget. Tentunya tempat wisata ini diserbu oleh anak muda yang suka hunting foto yang akan dipajang di feed Instagramnya. Untuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sini biasanya sedang mengisi liburan di pemandian air panas di Kintamani karena lokasinya sangat dekat dengan pemandian air panas. Di lava tumuli kintamani ini kita bisa berdiri di atas batu karang dengan bebas memandang danau Batur dan memandang dua gunung yang menjulang tinggi yakni Gunung Batur dan Gunung Abang. Tempat ini sangat bagus digunakan sebagai spot untuk mengadakan sesi foto praweding.

5. Danau Batur
Danau batur merupakan danau alami terbesar yang ada di Pulau Bali yang airnya berasal dari air hujan dan rebasan air dari hutan disekitar danau ini. Danau batur dimanfaatkan sebagai objek wisata dan tempat budidaya ikan mujair. Pemandangan objek wisata di Danau Batur sangat indah sekali. Pengunjung bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan kapal kecil atau sampan yang disewakan oleh warga sekitar. Bagi yang hobi memancing, maka Danau Batur merupakan spot memancing yang sangat bagus.

6. Bukit Cinta Pinggan
Bukit Cinta Pinggan merupakan tempat wisata alam yang baru dikembangkan di Kintamani. Tentunya tempat ini sedang ngehits di sosial media, sehingga banyak diburu oleh para traveler. Dari atas perbukitan pengunjung akan melihat hamparan petak lahan pertanian yang sangat unik dan indah di bawah perbukitan. Pagi hari pengunjung akan disuguhkan dengan panorama matahari terbit yang sangat keren. Selain sunrise, para wisatawan akan terpesona dengan panorama kabut tipis yang menyelimuti desa di bawah perbukitan, kita seolah-olah berada di negeri atas awan.

7. Grembeng Culali
Sebenarnya keberadaan tempat wisata alam Grembeng Culali sudah lama, tetapi penataannya untuk menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi baru dilakukan. Karakteristik tempat wisata Grembeng Culali hampir sama dengan Bukit Cinta Pinggan, di mana pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit dengan latar tiga gunung sekaligus yakni Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung. Di sini sudah tersedia fasilitas berupa gazebo untuk nongkrong, anjungan berbentuk segi tiga dan replika kapal berbahan bambu sebagai spot untuk berfoto-foto sekaligus untuk menikmati sunrise.

8. Hutan Pinus Kintamanai
Tempat wisata alam berikutnya di Kintamani yakni  Hutan Pinus Kintamani yang lokasinya di Desa Manikliyu. Perlu diketahui bahawa Desa Manikliyu merupakan daerah yang berbukit dan berada di dataran tinggi sehingga hawa udaranya sejuk. Di sepanjang kiri kanan jalan menuju Desa Manikliyu akan melihat view hutan pinus yang sangat indah. Tempat wisata tersebut sering disebut dengan nama Hutan Pinus Gelagah Linggah karena tempatnya bernama Gelagah Linggah. Tempatnya relatif sepi, sehingga kita dengan bebas bisa mengekspresikan diri dengan cara berfoto-foto. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Manikliyu, Glagah linggah, Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

9. Gunung Abang
Gunung Abang adalah gunung tertinggi ketiga di Bali (2152 m) dan merupakan puncak tertinggi di kaldera Batur. Gunung ini berada di antara Gunung Batur dan Gunung Agung. Gunung abang merupakan  bukit yang berupa hutan basah dan cemara. Gunung Abang kini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan khusunya wisatawan pendaki gunung. Setelah sampai di Puncak Gunung Abang Bali, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah sekali sehingga menghilangkan rasa lelah selama melakukan pendakian. Pendakian sebaiknya dilakukan pada pukul 02.00 dini hari agar bisa menemukan sunrise dengan kabut-kabutnya yang tipis.

10. Gunung Batur
Gunung Batur merupakan gunung api aktif kedua di Bali setelah gunung Agung. Gunung yang memiliki ketinggian 1717 m dari permukaan air laut. Gunung ini sangat cocok digunakan sebagai tempat mendaki terutaman untuk menikmati keindahan matahari terbitnya. Gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula, bahkan anak-anak umur 10 tahun bisa dengan mudahnya mencapai puncak gunung ini, tetapi tentunya dengan pengawasan orang dewasa. Jika cuaca sangat mendukung, hampir tiap hari Gunung batur diserbu ratusan wisatawan yang ingin menikmati indahnya panorama matahari terbit dari puncak Gunung Batur. Untuk menemukan sunrise di puncak gunung Batur, pendakian sebaiknya dimulai pada pukul 04.00 dini hari atau bisa juga melakukan kemah di puncak gunung batur sambil menunggu momen-momen indah ketika sang surya terbit.

Nah itu beberapa tempat wisata alam di Kintamani yang mungkin bisa dikunjungi. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang mencari tempat wisata alam di Bali khususnya di Kintamani. Selain memiliki wisata alam, Kintamani juga memiliki wisata lainnya yang tidak kalah ciamiknya seperti museum Gunung Api Batur, pemakaman terbuka di Desa Trunyan, Pura Batur, dan Pura Jati Batur.
Iklan