free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Terkenal Di Gianyar
T11/06/2019

Inilah 20 Tempat Wisata Terkenal Di Gianyar

Iklan
Iklan

Gianyar yang terkenal dengan julukan “Bumi Seni” ini menawarkan ribuan tempat wisata yang mampu menarik kunjungan turis, baik turis luar negeri maupun turis nusantara. Mulai dari bentang alam yang mempesona, suguhan seni dan budaya yang unik setiap harinya, hingga wisata kulinernya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ditawarkan bumi Gianyar ini. 
Inilah 20 Tempat Wisata Terkenal Di Gianyar
Tempat wisata di Gianyar

Dari ribuan tempat wisata yang ada di Gianyar, admin bagikan 20 tempat wisata terkenal di Gianyar yang mungkin bisa dijadikan rujukan.

1. Pura Taman Saraswati Ubud
Bagi yang ingin menikmati wisata budaya dan seni di Gianyar coba sambangi Pura Taman Saraswati Ubud. Tempat suci umat Hindu yang beralamat di Jalan Kajeng Ubud ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Ubud. Sesuai dengan namanya Pura Taman Saraswati merupakan tempat suci bagi umat Hindu yang khusus untuk memuja Dewi Sarasawati. Uniknya, tempat suci ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi lokasi ini sebagai tempat untuk berfoto-foto. Selain itu, tempat wisata ini juga memiliki panggung pemantasan Tari Kecak yang dikelilingi oleh kolam dengan hiasan bunga teratai ditengahnya. Bagi yang ingin menikmati suguhkan pementasan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud, silahkan datang pada hari Selasa dan Kamis dan mulai pertunjukan dari jam 19.30 waktu setempat.

2. Air Terjun Tegenungan
Bagi yang ingin mencari tempat wisata air terjun yang dekat dengan Kota Denpasar bisa berkunjung ke Air Terjun Tegenungan yang beralamat di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Air Terjun Tegenungan merupakan air terjun yang paling populer di Gianyar, bahkan di Bali. Selain karena memiliki view yang bagus, air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun yang terdekat dengan kota Denpasar. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau.

3. Air Terjun Kanto Lampo
Selain air terjun Tegeungan, Gianyar juga memiliki air terjun Kanto Lampo yang juga sangat terkenal karena keunikannya. Air terjun Kanto Lampo dikatakan unik karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Kota Gianyar, tepatnya berada di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

4. Tegallalang Rice Terrace
Tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi jika akan berlibur ke Kintamani dari Kota Denpasar, karena lokasinya sangat strategis (berada di pinggir jalan raya). Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace atau lebih dikenal Ceking Rice Terrace menawarkan pesona pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Lokasi tempat wisata ini berada di Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

5. Hidden Canyon Guwang
Tempat wisata Hidden Canyon Guwang merupaakn tempat wisata baru di Gianyar. Tempat ini memang keren, karena sepanjang menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 700 meter, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau. Air sungai yang jernih dengan ikan yang berenang dengan bebas, membuat kamu enjoy menikmati perjalanan. Terdapat spot untuk foto-foto dengan latar bebatuan dengan ketinggian mencapai 20-30 meter. Tempat wisata ini cukup ekstrem, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu dari warga sekitar saat mengunjungi tempat wisata yang berlokasi di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali ini.

6. Goa Gajah
Di sini tidak ada gajah lho, jadi jangan mikir kalau goa ini merupakan hunian para gajah. Goa Gajah merupakan goa buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Lokasi Goa Gajah berada di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

7. Pura Tirta Empul
Tempat wisata ini memang terkenal hingga keluar negeri. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barak Obama sempat mengunjungi tempat wisata ini. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan uniknya kawasan pura dengan aktivitas warga yang memersihkan diri (melukat) di area pemadian dengan air yang disucikan. Wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah harus mengguanakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Lokasi tempat wisata Tirta Empul berada di Jalan Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Pasar Seni Guwang & Sukawati
Pasar Seni Guwang merupakan tempat membeli oleh-oleh khas bali dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi harus pintar-pintar menawar, karena barang-barang di sini tidak ada tarif. Lokasi pasar seni  Guwang berada di Jalan Raya Guwang No 5, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Selain itu, Gianyar juga memiliki pasar Seni Sukawati yang juga tempat membeli oleh-oleh khas bali. Pasar Seni Sukawati berada di Jalan Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali.

9. Bali Zoo Park
Bagi yang mengajak anak-anak berlibur ke Bali, mungkin bisa mengunjungi Bali Zoo Park yang berlokasi di Jalan Raya Singapadu, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Di Bali Zoo Park pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa dan memberi makan gajah tetapi dengan pengawasan petugas kebun binatang. Selain itu anak-anak bisa bermain dengan kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung. Sangat tepat sekali berliburan ke sini bersama anak-anak, karena kita akan disuguhkan dengan aktivitas yang berhubungan dengan binatang yang jinak.

10. Bali Bird Park
Selain di Bali Zoo Park, tempat untuk berlibur bersama anak-anak yang asik yakni di Bali Bird Park yang beralamat di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Desa Singapadu, Kecataman Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Di Bali Bird Park pengunjung bisa melihat sekitar 1.000 satwa jenis unggas dari 250 species yang ada di taman ini. Selain melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam burung, wisatawan juga bisa berfoto–foto bersama burung-burung yang ada di taman ini.

11. Desa Wisata Batubulan
Bagi yang ingin menonton pertunjukan Tari Barong, coba mampir ke Desa Batubulan, karena hampir setiap hari di desa ini ada pertujukan Tari Barong. Selain pertunjukan seni tari, desa wisata batubulan juga sentra penjualan karya seni patung dan ukiran. Di Desa Batubulan sepanjang jalan raya terdapat berbagai galeri dan toko kesenian (art shop) yang menjual karya seni maupun kerajinan, khususnya patung dan ukiran.

12. Candi Tebing Gunung Kawi
Tempat wisata Candi Gunung Kawi merupakan objek wisata cagar budaya yaitu berupa candi yang menempel di sebuah tebing dipingir sungai petanu. Candi ini benar-benar unik karena berada di tebing yang dipahat. Bagi yang ingin menikmati keunikan candi tebing ini, silahkan datang ke Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

13. Bali Safari and Marine Park
Taman Safari dan Bahari Bali atau Bali Safari and Marine Park merupakan kebun binatang terbesar dan terlengkap yang ada di Pulau Bali dengan luas area sekitar 40 hektar dan memiliki sekitar 400 hewan dari 60 spesies. Di sini pengunjung bisa berpetualang seru untuk melihat kehidupan binatang di alam liar dari berbagai belahan dunia dengan memakai kendaraan yang sudah di desain khusus untuk kenyamanan pengunjung. Di sini juga para pengunjung diberi pengetahuan tentang kehidupan satwa langka. Lokasi Bali Safari and Marine Park berada di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Gianyar, Bali.

14. Bukit Campuhan
Bukit Campuhan atau lebih dikenal dengan nama bukit Cinta merupakan salah satu tempat wisata populer di Ubud yang berupa alam perbukitan dengan area jogging dengan rumput ilalang di kanan kiri track ini. Di sini kita akan disajikan pemandangan alam yang akan membuat pengunjung betah berada di tempat ini. Pemandangan alamnya yang asri dan terjaga kebersihannya membuat tempat ini menjadi incaran para traveler. Lokasi tempat wisata Bukit Campuhan Ubud berada di Jalan Bangkiang Sidem, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

15. Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest wajib dikunjungi ketika berlibur ke Ubud, karena merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali. Tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan para turis. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan kawasan hutan dengan luas areal mencapai 10 hektar yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Selain sebagai objek wisata, Ubud Monkey Forest merupakan kawasan yang digunakan sebagai pusat penelitian dan konservasi. Di sini wisatawan bisa melihat tingkah pola perilaku kera-kera yang berada di kawasan hutan yang alami dengan penuh suasana religius. Lokasi  Ubud Monkey Forest berada di Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

16. Taman Nusa
Bagi yang ingin mengenal kebudayaan Nusantara, coba mampir ke Taman Nusa yang beralamat di Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Taman Nusa merupakan taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan tentang kebudayaan dari berbagai suku di Indonesia, sehingga sangat tepat dijadikan sarana rekreasi dan pendidikan untuk lebih memahami budaya Indonesia. Di Taman Nusa terdapat 60 rumah tradisional tiap etnis yang ada di Indonesia dan dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali. Di sini juga ada restoran yang siap memanjakan perut pengunjung dengan menu yang beragam.

17. Pantai Purnama
Pantai Purnama berada di Jalan Pantai Purnama, Banjar Lumpang Telabah, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Pantai ini memiliki pasir hitam yang berkilauan pada siang hari. Pagi hari, pantai ini memiliki pesona yang sangat mengagumkan ketika sang surya akan terbit di ufuk timur. Bagi yang ingin menikmati pesona pantai di Gianyar, mungkin bisa mengunjungi pantai yang satu ini.

18. Munduk Asri Payangan
Tempat wisata Munduk Asri Payangan sangat cocok untuk tempat liburan keluarga. Di sini terdapat rumah-rumah kecil yang berbentuk jamur. Selain itu, di tempat wisata baru ini terdapat pohon-pohon yang sudah ditata unik dan tentunya sangat cantik. Lokasi tempat wisata kekinian ini berada di Banjar Kerta, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

19. Pantai Keramas (Komune Beach)
Bagi yang ingin mencari tempat surfing di Bali, pantai keramas merupakan tempat yang sangat ideal. Bahkan tempat ini juga pernah digunakan sebagai lokasi mengadakan event surfing bertaraf internasional lho. Pantai keramas selain terkenal dengan ombaknya yang bagus untuk aktivitas surfing, juga merupakan tempat berkuda yang ideal. Menyusuri pantai dengan menunggangi kuda sungguh pengalaman berlibur yang sangat mengesankan ketika berlibur ke Bali.

20. Pantai Lebih
Selain Pantai Purmana dan Pantai Keramas, pantai terkenal di Gianyar adalah Pantai Lebih yang beralamat di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar,Bali. Pantai Lebih terkenal dengan kuliner seafoodnya. Di sini banyak berdiri warung makan yang menjual aneka olahan ikan laut, seperti sate, bakso, dan sop yang berbahan dasar ikan laut. Pagi hari pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat keren dengan pesona matahari terbitnya.

Selain yang disebutkan di atas masih banyak tempat wisata lainnya di Gianyar Bali seperti Gembok Cinta Tegallalang, Desa “Garuda” Pakudui, dan lain sebagainya. Nah semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata terkenal di Gianyar Bali.

Sumber Gambar:
https://www.flickr.com/photos/travelourplanet/15003626368

Iklan