free counter with statistics Inilah 10 Agrowisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi
T11/07/2019

Inilah 10 Agrowisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Menurut wikipedia, agrowisata atau rural tourism adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Jadi dapat dikatakan bahwa agrowisata merupakan perpaduan antara sektor pariwisata dengan pertanian yang saling bersinergi. 
Inilah 10 Agrowisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi
Gambar ilustrasi

Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia juga mengembangkan agrowisata untuk menarik kunjungan para turis. Selain berdampak terhadap perekonomian masyarakat, agrowisata juga mampu mengurangi alih fungsi lahan pertanian. Di mana di Bali, lahan pertanian sudah mulai menyempit akibat alih fungsi. Agrowisata juga memperkenalkan kepada para wisatawan tentang pertanian. Di sini pengunjung dapat belajar tentang pertanian, menikmati buah segar hasil petikan langsung dari pohonnya, atau sekedar jalan-jalan menghirup aroma segar yang jarang mereka jumpai di perkotaan.

Setidaknya di Bali sudah ada ratusan agrowisata yang dikembangkan, baik yang sudah terkenal maupun belum terkenal. Bagi yang berlibur ke Bali ingin mencari agrowisata, berikut admin rekomendasikan 10 agrowisata di Bali yang wajib dikunjungi.

1. Bagus Agro Pelaga
Pada umumnya agrowisata hanya mengembangkan atau menanam satu jenis tanaman. Tetapi berbeda dengan Bagus Agro Pelaga, di sini tidak hanya khusus untuk satu jenis tanaman tertentu, tapi ada sayuran, buah-buahan dan bunga. Bahkan untuk bisa memberikan tanaman sehat dengan sistem organik terdapat peternakan sapi dan ayam. Pengunjung bisa belajar proses bercocok tanam, membuat gula aren, minyak kelapa dan kopi yang siap diminum. Bagus Agro Pelaga merupakan salah satu agrowisata terlengkap di Bali, bahkan pengunjung bisa menginap di villa yang ada di area tersebut. Ada juga restauran, supermarket dan tempat bermain anak. Jika kamu tertarik, bisa berkunjung ke Desa Petang, Kecamatan Pelaga, Badung. Selain itu agrowisata ini juga dekat dengan objek wisata populer lainnya di Bali seperti Air Terjun Nungnung dan Jembatan Tukad Bangkung yang merupakan jembatan tertinggi di Asia Tenggara.

2. Bali Pulina
Jika berlibur ke Kintamani dari kawasan bali selatan, jangan lupa mampir ke Tegallalang Rice Terrace yang terkenal dengan keindahan panorama persawahan yang berundak-undak. Tidak jauh dari tempat yang populer tersebut ada surganya pecinta kopi, lho. Bagi pecinta kopi dan cokelat, agrowisata Bali Pulina wajib dikunjungi jika berlibur ke Bali. Selain mencicipi nikmatnya seruputan secangkir kopi dengan pemandangan khas pedesaan, di sini pengunjung bisa tahu proses pembuatan kopi luwak yang terkenal tersebut.

3. Alam Sari Agroturism
Agrowisata yang satu ini lokasinya dekat dengan tempat wisata Ubud tepatnya berada di Jalan Raya Singapadu No.194, Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Begitu sampai di Alam Sari Agroturism, pengunjung akan disambut dengan pohon kopi, biji kopi dan proses pengolahan kopi, bahkan bisa mencicipi rasa kopi tersebut. Di sini juga ada pengolahan kopi luwak.

4. Basanta Agro Organik
Selain Bali Pulina, ada lagi agrowisata yang menyuguhkan kopi di Bali yang lokasinya dekat dengan Tegallalang Rice Terrace tepatnya berada di Jalan Banjar Jasan, Banjar Jasan, desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. Uniknya, ketika memasuki Basanta Agro Organic, pengunjung akan disambut dengan alunan musik tradisional Bali dengan bangunan yang tradisional, sehingga suasana akan terasa Bali banget ketika memasuki kawasan agrowisata ini. Selain itu, pengunjung bisa belajar proses pembuatan kopi luwak sambil menikmati indahnya pemandangan.

5. Agrowisata Buah Naga Mengwitani
Tidak hanya terdapat agrowisata kopi, Bali juga memiliki agrowisata buah naga yang berlokasi di  Banjar Batu Sari, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Begitu memasuki areal perkebunan buah Naga, pengunjung akan disuguhi hamparan lahan perkebunan buah Naga yang menghijau. Selain buah Naga, di areal ini juga ada jenis pohon lain, yakni pohon markisa Australia yang berbuah sepanjang tahun. Tidak tanggung-tanggung, di sini ada 1400 pohon buah Naga lho. Wisatawan yang datang ke kebun buah Naga ini bisa melihat secara langsung dari dekat tanaman buah naga, bahkan diberikan kesempatan untuk memanen sendiri buah naga yang sudah siap panen dan menikmati langsung buah Naga tersebut.

6. Agrowisata Salak Sibetan
Sibetan kini sudah berkembang menjadi desa wisata yang kaya akan adat dan budaya. Selain itu, desa ini merupakan sentra penghasil salak Bali. Potensi yang dimiliki desa ini dimanfaatkan untuk mengembangkan agrowisata salak yang mampu menarik kunjungan turis ke Bali Timur. Apalagi di sini ada tempat wisata dengan panorama yang sangat indah seperti Bukit Pemukuran dan Bukit Putung, menjadikan tempat ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali Timur. Di agrowisata salak Sibetan pengunjung bisa belajar bercocok tanam buah salak, memetik salak, bahkan mengolah buah salak menjadi produk lainnya seperti dodol salak, wine salak, kripik salak, kopi salak, dan selai salak. Olahan salak tersebut dapa dibeli dan dijadikan oleh-oleh untuk orang yang disayangi ketika berlibur ke Bali.

7. Bali Strawberry Farm & Restaurant
Tidak akan lengkap rasanya kalau liburan ke Bedugul tanpa membawa oleh-oleh buah strawbery. Bagi yang ingin membeli buah strawbery segar bahkan bisa memetiknya secara langsung coba mampir ke Bali Strawberry Farm & Restaurant yang berlokasi di Bedugul tepatnya di Jalan Raya Baturiti, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Di sini para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati hidangan lezat dari buah segar yang dipetik langsung sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan indah.

8. Agrowisata Anggur di Desa Dencarik
Agrowisata yang satu ini berada di Bali Utara (kabupaten Buleleng). Di agrowisata anggur yang berada di Desa Dencarik pengujung bisa melihat hamparan tanaman anggur yang luas nan subur. Di sini pengunjung bisa memetik sendiri buah yang mau kita makan. Selain pemandangan perkebunan anggur yang indah mempesona, pengujung juga bisa berfoto di lokasi ini. Selain bisa memetik buah anggur secara angsung, pengujung juga dipersilahkan melihat proses pembuatan Indico Wine Bali yang berbahan dasar buah anggur Bali.

9. Agrowisata Jeruk Desa Catur
Jeruk Kintamani menjadi buah yang paling populer di Bali, hampir semua supermarket di Bali menjual buah dengan rasa yang manis ini. Jika ingin memetik buah jeruk kintamani secara langsung bisa datang ke Desa Catur Kintamani. Di agrowsiata jeruk desa Catur pengunjung bisa menyaksikan areal perkebunan jeruk yang sangat subur dan kesibukan aktivitas para petani jeruk. Selain berwisata merasakan sejuknya hawa udara pegunungan Kintamani, pengunjung bisa belajar mulai dari pembibitan hingga pengolahan produk perkebunan jeruk. Jika saat berwisata ke Desa Catur bertepatan pada saat musim panen jeruk, pengujung bisa memanen dan bahkan bisa mencicipi buah jeruk yang masih fresh langsung dari pohonnya. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang berkesan, bahkan bisa membawa buah jeruk Kintamani untuk dijadikan oleh-oleh.

10. Ladang Rumput Laut di Nusa Lembongan
Agrowisata yang satu ini lokasinya di seberang Pulau Bali tepatnya berada di Pulau Lembongan yang terkenal memiliki panorama alam yang sangat indah. Di agrowisata rumput laut Lembongan pengunjung bisa merasakan keseruan menanam dan memanen rumput laut serta menikmati keindahan laut. Di sini pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses pengolahan rumput laut yang akan dijelaskan oleh penduduk sekitar. Selain melihat agrowisata rumput laut, liburan ke lembongan akan disuguhkan dengan bentang alam yang sangat indah. Di sini terdapat hutan mangrove yang hijau, pantai pasir putih yang eksotis, spot menyelam yang sangat indah, dan jembatan kuning yang sangat ikonik banget sebagai lokasi foto selfie.

Ternyata Bali memiliki banyak agrowisata dengan beragam produk yang dihasilkan mulai dari kopi, cokelat, buah naga, salak Bali, anggur Bali, strawbery hingga rumput laut. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mencari agrowisata di Bali. Semoga liburan ke Bali menjadi berkesan dengan mengunjungi beberapa agrowisata tersebut.

Sumber gambar:
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Citrus_unshiu_20101127_d.jpg
Iklan