free counter with statistics Rekomendasi 10 Tempat Surfing Pemula Di Bali
T2/08/2020

Rekomendasi 10 Tempat Surfing Pemula Di Bali

Iklan
Iklan

Surfing merupakan olahraga yang menyenangkan bagi yang suka dengan tantangan. Keberanian kita untuk menaklukan gulungan ombak akan diuji di sini saat menaiki papan surfing. Akan menjadi sebuah kebanggaan jika bisa meliuk-liuk diantara gempuran dan gulungan ombak yang bisa menghantam para surfer setiap saat jika belum siap memainkan papan surfing.
Rekomendasi 10 Tempat Surfing Pemula Di Bali


Bali sebagai salah satu tujuan wisata dunia memiliki ratusan titik pantai dengan ombak yang sangat ideal untuk memainkan papan surfing. Ombaknya yang besar dan panjang, membuat bali menjadi salah satu pulau yang sering digunakan sebagai lokasi mengadakan kegiatan lomba bermain selancar tingkat internasional.

Anda ingin mencoba bermain surfing tetapi belum pernah bermain surfing sama sekali? Berikut admin rekomendasikan beberapa tempat bermain surfing untuk pemula atau belum pernah bermain surfing.

1. Pantai Jimbaran
Pantai yang terkenal dengan kuliner ikan bakar jimbaran ini memiliki ombak yang sangat ideal untuk bermain surfing bagi pemula atau yang sedang belajar bermain surfing, karena pantai ini memiliki gelombang yang tidak terlalu tinggi, namun mempunyai gelombang yang sering.

Jika tidak sempat membawa papan surfing, bisa menyewanya di sekitar pantai dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya jasa penyewaan papan surfing, di pantai jimbaran ada jasa pengajar surfing khusus yang belum pernah bermain surfing.

Tidak mengherankan jika banyak wisatawan asing maupun domestik yang datang ke Pantai Jimbaran untuk belajar surfing. Apalagi lokasinya yang dekat dengan airport, kira kira 15 menitan kita sudah menikmati keindahan pantai ini sambil bermain surfing.

2. Surf & Turf Nusa Dua
Bermain atau belajar surfing tidak harus di laut untuk mencari ombak, tetapi bisa juga dilakukan dalam sebuah wahana bermain. Salah satu wahana untuk bermain atau belajar surfing di Bali bisa dilakukan di Surf & Turf Nusa Dua yang berloasi di The Bay, kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali.

Di Surf & Turf Nusa Dua terdapat wahana surf rider yang bisa digunakan untuk belajar main surfing. Pengunjung yang akan belajar bermain papan selancar akan dipandu oleh para instruktur ahli bagaimana cara naik di papan selancar. Surf Rider ini cukup unik, di mana wahana ini di desain mirip dengan ombak di laut benaran. Pokoknya keren guys.

Selain surf rider, Surf & Turf Nusa Dua juga memiliki wahana water slides dengan ketinggian mencapai belasan meter yang akan langsung masuk ke kolam renang di bawahnya. Wahana yang menantang lainnya ada space bowl, pengunjung akan masuk dalam tabung untuk berseluncur dengan suasana gelap sebelum jatuh ke mangkok besar.

3. Pantai Kuta
Siapa yang tidak kenal dengan pantai Kuta Bali? Pantai yang terkenal dengan keindahan panorama matahari terbenam (sunset) ini juga sebagai spot surfing yang banyak diburu oleh wisatawan yang suka bermain surfing. Bahkan bebarapa iklan komersial yang sering tanyang di TV Nasional menggunakan pantai Kuta sebagai lokasi syutingnya dengan latar bermain surfing.

Tidak hanya diburu oleh peselancar profesional, pantai kuta juga dapat dijadikan tempat untuk belajar bermain surfing karena ada spot pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu ganas yang sangat cocok untuk peselancar pemula. Di sarankan untuk memilih waktu di pagi atau siang hari, karena menjelang sore hari gelombang ombak di pantai kuta akan semakin membesar.

Bagi yang tidak sempat membawa papan surfing, bisa menyewa papan selancar bekas di beberapa penjual minuman dingin yang sering nongkrong di pingir pantai. Harga sewanya pun cukup bersahabat, sekitar 25.000 rupiah perjam. Selain jasa penyewaan papan surfing, di sepanjang pantai kuta juga ada sekolah selancar bagi yang ingin belajar bermain surfing dari para surfer profesional.

4. Pantai Legian
Tempat surfing pemula di Bali berikutnya ada di sebelah utara pantai Kuta yakni Pantai Legian. Karakteristik pantai Legian hampir sama seperti pantai Kuta karena masih dalam satu garis pantai. Tentunya pantai ini juga menawarkan keindahan matahari terbenam yang sangat spektakuler yang tidak kalah cantiknya dengan pantai Kuta. Pantai ini tidak seramai pantai kuta pada sore hari, tentunya sangat bagus bagi yang ingin menikmati pantai dengan suasana tenang.

Ombak di pantai Legian beragam, ya boleh dibilang mirip dengan pantai Kuta. Jadi ombak di pantai ini tidak hanya dinikmati oleh peselancar profesional juga banyak diburu oleh surfer pemula atau yang baru belajar bermain surfing. Walaupun tidak banyak jasa penyewaan papan surfing seperti di pantai Kuta, akan tetapi di pantai Legian ada beberapa sekolah berselancar bagi yang ingin belajar bermain surfing seperti Rip Curl Surf School.

4. Pantai Seminyak
Di sebelah utara pantai Legian ada lagi pantai yang bisa digunakan untuk bermain surfing pemula yakni pantai Seminyak. Pantai ini juga memiliki gelombang ombak yang bervariasi, mulai dari gelombang yang sangat kecil yang cocok untuk anakn-anak dan pemula hingga  ada ombak yang tingginya mencapai dua kali ombak di pantai Kuta yang cocok untuk peselancar profesional.

Hampir sama seperti pantai Legian, pantai Seminyak juga tidak begitu ramai oleh wisatawan. Wisatawan yang berkunjung di sini biasanya didominasi oleh wisatawan mancanegara yang ingin menikmati indahnya panorama pantai terutama di sore hari ketika matahari akan terbenam di ufuk barat.

5. Pantai Batu Bolong
Pantai berikutnya yang bagus untuk bermain surfing pemula adalah pantai Batu Bolong yang dikenal juga dengan sebutan Echo Beach. Tipe gelombang yang ada di sini juga sangat bervariasi, tidak hanya bisa dinikmati oleh surfer yang sudah profesional dan berpengalaman, juga bisa dinikmati oleh surfer pemula.

Tidak hanya diburu oleh pemain surfing lho, pantai batu bolong juga diminati oleh wisatawan yang liburan ke Bali karena panorama yang disuguhkan sangat unik dan menarik. Ada spot foto yang sangat ciamik, berupa daratan yang menjorok ke laut dan terdapat bolong besar ditengahnya. Di ujung daratan tersebut terdapat sebuah tempat suci umat Hindu.

Panorama akan terlihat sempurna ketika matahari akan terbenam (sunset). Di mana matahari akan terbenam dengan latar belakang daratan yang menjorok ke laut tersebut. Momen-momen inilah yang banyak ditunggu-tunggu wisatawan yang berlibur ke Pantai Batu Bolong.

7. Pantai Dreamland
Pantai tempat main surfing pemula di Bali berikutnya berada di Pantai Dreamland. Pantai yang terkenal dengan keindahan sunset yang sangat ciamik ini tidak hanya menjadi incaran para wisatawan,  juga jadi incaran para peselancar baik peselancara profesional maupun pemula karena memiliki ombak yang bervariasi.

Tidak mengherankan jika pantai ini tiap harinya (jika cuaca sangat mendukung) terlihat banyak wisatawan yang bermain surfing. Selain disuguhkan dengan panorama pantai yang sangat kece dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan batu karang yang besar, pengujung pantai ini akan disuguhkan atraksi para surfer yang memainkan papan surfingnya.

8. Pantai Canggu
Pilihan lain untuk bermain surfing di Bali adalah Pantai Canggu yang sangat cocok untuk surfer profesional maupun pemula karena memiliki ombak yang beragam. Ombak di pantai Canggu bisa sangat ramah, terkadang bisa menjadi ekstrim, tergantung pada waktu mengunjungi pantai tersebut.

Jika tidak sempat membawa papan surfing, tidak perlu khawatir karena di pantai Canggu terdapat banyak jasa penyewaan alat-alat surfing. Bahkan di sini juga ada tempat training surfing untuk para pemula. Selain untuk surfing, pantai ini cocok untuk tempat mengisi liburan karena memiliki view yang sangat keren, terutama pada sore hari ketika matahari akan tenggelam (sunset).

9. Pantai Sanur
Siapa yang tidak kenal dengan pantai Sanur? Pantai yang terletak di wilayah kota madya Denpasar ini merupakan salah satu pantai paling terkenal di Bali. Tidak hanya menyuguhkan panorama pantai yang berpasir putih dan pesona sunrise yang sangat memukau mata, pantai Sanur juga dikatakan sebagai surganya para surfer, baik itu yang sudah berpengalaman maupun yang baru belajar bermain surfing.

Salah satu spot surfing yang sangat bagus di kawasan pantai Sanur berada di Pantai Cemara Alit. Hanya saja untuk bisa memainkan papan surfing, para surfer harus ke tengah laut terlebi dahulu yang jaraknya lumayan jauh dari bibir pantai. Untuk menjangkaunya, bisa juga menggunakan jasa perahu nelayan milik warga setempat.

10. Pantai Keramas
Kabupaten Gianyar juga memiliki spot surfing untuk pemula yang berada di pantai Keramas. Tidak hanya menjadi buruan para surfer yang akan belajar surfing, pantai Keramas juga menjadi incaran para peselancar profesional dan berpengalaman lho. Potensinya yang sangat bagus sekali untuk bermain surfing, maka pengelola pantai ini menyediakan lampu penerang, jadi para surfer bisa bermain surfing hingga tengah malam.

Yang paling membanggakan, pantai Keramas sempat menjadi tuan rumah seri ke-5 kejuaraan dunia selancar dari Liga Selancar Dunia 2018 yang diikuti oleh 33 peselancar putra dan 18 surfer putri yang berada di daftar top dunia.

Bagi yang akan belajar bermain surfing bisa mencobanya di pantai Keramas. Apalagi akses ke pantai Keramas sangat mudah sekali karena sudah jalan yang beraspal hingga ke bibir pantai. Selain sebagai spot surfing yang sangat bagus, pantai ini juga menyuguhkan panorama yang sangat indah terutama ketika sang surya akan terbit di pagi hari.
Iklan