T6/28/2013

Tempat Wisata Air di Tanjung Benoa (Watersport)


Tanjung Benoa terletak di ujung selatan pulau Bali. Daratan yang menjorok ke laut ini terletak di Desa Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali dan sebelah utara Kawasan BTDC Nusa Dua, kira-kira menempuh sekitar 13 km dari Bandara Ngurah Rai.

Hampir setiap harinya kawasan tanjung Benoa ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena lokasi ini dikenal sebagai surganya wisata air (watersport). Untuk menuju kawasan ini Anda tidak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia. Di kawasan Tanjung Benoa tersedia areal parkir untuk kendaraan umum, sarana akomodasi, restoran, kios cindera mata serta tentunya berbagai fasilitas wisata air yang menjadi incaran para pelancong baik itu wisatawan asing maupun domestik.

Adapun pantai yang patut Anda kunjungi di Tanjung Benoa adalah Pantai Taman Sari dan Pantai Mekar Sari. Apa keunikan kedua pantai in?

Pantai Taman Sari
Pantai Taman Sari terletak di Jalan Segara Ening. Di pantai taman Sari ada pura yang namanya Pura Dalem ening dan Pura Taman Beji. Dari pantai ini Anda bisa melihat Pulau Serangan yang mempesona.

Di pantai ini sebagian pantainya sudah dibeton agar tidak terjadi pengikisan air laut (abrasi). Dari bibir pantai ini Anda bisa nongkrong-nongkrong menikmati indahnya suasana pantai sambil melihat orang yang sedang memancing. Dari pantai ini Anda tidak bisa memulai melakukan aktivitas olahraga air. Untuk melakukan kegiatan olahraga air maka anda harus mencari lokasi lain yaitu Pantai Mekar Sari.

Pantai Mekar Sari
Pantai Mekar Sari bersebelahan dengan Pantai Taman Sari. Untuk menuju pantai ini Anda harus melalui jalan Pratama, seteleh bertemu indomart anda berbelok ke kanan maka Anda sudah bertemu dengan pantai ini.

Sama seperti Pantai Taman Sari, Pantai Mekar Sari juga berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Hanya saja Pantai Mekar Sari tidak ada yang beton dipinggir pantainya. Jadi pantai ini benar-benar alami. Pantai ini cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan sering dipergunakan untuk berenang serta berbagai kegiatan wisata air seperti parasailing, jet ski, wake board, banana boat, water ski, fly fish, dolphin watching, diving, glass bottom boat, snorkling, fishing & turtle island tour. Banyak orang mengatakan, pantai tanjung benoa (Pantai Mekar Sari) merupakan surga olahraga air bagi yang menyukai olahraga extrem.

Kegiatan olah raga air ini biasanya dimulai sekitar jam 8 pagi sampai dengan jam 12-an, setelah jam 12 siang itu air akan surut dan boatnya tidak bisa lagi dipergunakan untuk permainan-permainan atau sebaliknya pagi air laut surut dan siang hari air pasang maka aktivitas dilakukan siang sampai sore hari.

Adapun olahraga air yang bisa anda nikmati di kawasan ini adalah sebagai berikut.

Snorkeling
Snorkeling merupakan olahraga berenang di permukaan laut sekaligus bisa melihat langsung kehidupan alam bawah seperti ikan dan terumbu karang. Jadi, bagi yang ingin merasakan kehidupan bawah laut secara langsung silahkan coba berwisata dengan snorkeling.

Sea Walker
Berbeda dengan snorkeling yang hanya bisa melihat flora dan fauna bawah laut dengan berenang, pada olahraga sea walker penikmat bawah laut bisa jalan-jalan di bawah (dasar) laut dengan menggunakan helm yang kedap air dengan tujuan melihat secara langsung kehidupan alam bawah seperti ikan dan terumbu karang.

Banana Boat
Banana Boat merupakan kegiatan olahraga air yang menggunakan perahu karet tunggal (seperti pisang), ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu kurang lebih 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah maximal 4 orang plus 1 orang instruktur sebagai pendamping. Jadi, olahraga ini aman dilakukan karena ada instruktur yang memandu Anda.

Parasailing
Parasailing merupakan kegiatan olahraga dengan menggunakan payung parasut yang ditarik oleh speed boat mengeliling pantai. Waktu permainan ini satu putaran sekitar 4 menit di udara. Ini merupakan salah satu olahraga yang cukup extreem. Bahkan ada salah satu iklan rokok menggunakan media ini, untuk mengiklankan produknya.
Tempat Wisata Air di Tanjung Benoa (Watersport)
Parasiling di Tanjung Benoa Bali

Wakerboard
Wakerboard merupakan permainan di air yang di tarik dengan speedboad anda meluncur dengan board. Permainan ini sangat seru dan menantang.

Waterski
Waterski, yaitu olahraga yang hampir seperti main selancar, hanya saja papan ski anda speed boat.

Jetski
Jetski, yaitu olahraga seperti mengendari sepeda motor di laut. Lama waktunya kira-kira sekitar 20 menit.

Scuba Diving
Scuba Diving, yaitu olahraga menyelam dengan menggunakan perlengkapan menyelam yang lengkap dengan tujuan melihat secara langsung kehidupan alam bawah seperti ikan dan terumbu karang.

Rolling Donut
Rolling Donut yaitu salah permainan favorit di Tanjung Benoa. Anda akan duduk di sebuah pelambung berbentuk kue donut dan ditarik dengan speed boat. Permainan ini hampir sama seperti Banana Boat.

Flying fish
Flying fish adalah permainan untuk 2 orang dengan menggunakan boat khusus, lalu ditarik dengan speedboat kecepatan cukup tinggi, boat ditarik itu akan terbang seperti layang layang.

Glass Bottom Boat & Pulau Penyu
Glass Bottom Boat & Pulau Penyu,  menaiki perahu yang di bawahnya ada kaca bening dan terlihat berbagai kehidupan di bawah laut. Berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan menggunakan perahu/boat terdapat Pulau Penyu yang merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. Penangkaran ini sendiri bernama Pudut Sari, di Pulau ini juga terdapat galeri yang menjual berbagai macam cinderamata.

Untuk memudahkan mencari lokasi Pantai Tanjung Benoa sebagai tempat watersport, silahkan lihat di googlemap di bawah ini.
Bagi yang ingin mencari wisata tantangan, semoga ini menjadi refrensi liburan anda ke pulau dewata. Salam lontriper.

0 Response to "Tempat Wisata Air di Tanjung Benoa (Watersport)"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif