T4/28/2014

Pura Basukihan Merupakan Pura Puseh Jagat


Tahukah Anda ada berapa pura yang ada di Besakih? Banyak orang beranggapan bahwa di Besakih hanya ada satu pura yaitu Pura Besakih. Itu merupakan anggapan yang keliru, karena di Besakih tidak hanya ada satu pura melainkan puluhan pura. Orang menyebutnya Pura Besakih agar memudahkan untuk mengingat atau menyebutkannya karena kompleks pura tersebut ada di Desa Besakih.

Pada tanggal 26 April 2014 tim Long Trip Mania melakukan wisata religi ke pura yang ada di kawasan Besakih, yaitu:
11. Pura Basukihan

Untuk pura no 1 sampai no 10 tidak akan dijelaskan di sini karena sudah dijelaskan pada postingan-postingan sebelumnya. Jika ingin membacanya tentang pura tersebut silahkan klik linknya. Nah, pada postingan kali ini Tim Long Trip Mania akan memposting secara singkat tentang pura yang no 11 yang Tim Long Trip Mania kunjungi, yaitu Pura Basukihan.


Letak Pura Basukihan tidak jauh dari Pura Ulun Kulkul kira-kira 100 meter ke arah timur dan tidak jauh dari area parkir kendaraan. Di depan pura Basukihan terdapat sebuah lapangan luas yang selalu ramai setiap harinya. Jika Anda ingin sembahyang ke pura penataran Agung maka pura basukihan yang pertama kali Anda temui sebelum Anda menaiki tangga pura penataran Agung.

Di pura Basukihan ada sebuah pelinggih induk berupa meru tumpang pitu (tingkat tujuh). Menurut perkiraan para sulinggih, pura ini merupakan tempat Danghyang Markandeya menanam Pedagingan Pancadatu (lima jenis logam dengan kelengkapan upakaranya).

Di Bali kita mengenal istilah Kahyangan tiga yaitu pura puseh, pura desa (bale agung) dan pura dalem. Pura Basukihan merupakan Pura Puseh Jagat, Pura Penataran Agung merupakan Pura Desa (Bale Agung) Jagat dan Pura Dalem Puri merupakan Pura Dalem Jagat.

Dengan demikian Pura Basukihan, Pura Penataran Agung dan Pura Dalem Puri adalah pusat dari semua pura Puseh, pura Desa dan pura Dalem yang terletak di manapun. Adapun yang distanakan di pura Basukihan ialah Hyang Naga Basuki. Hari Piodalannya jatuh pada hari Buda Wage Kelawu atau Budha Cemeng Kelawu.

Demikian sekilah tentang pura Basukihan yang Tim Long Trip Mania kunjungi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang Pura Basukihan yang ada di Desa Besakih.

0 Response to "Pura Basukihan Merupakan Pura Puseh Jagat"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif