free counter with statistics 10 Objek Wisata Favorit Di Denpasar
T11/07/2014

10 Objek Wisata Favorit Di Denpasar

Iklan
Iklan
Daftar 10 objek wisata favorit di denpasar ini diambil berdasarkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2013 di beberapa objek wisata yang ada di Kota Denpasar dengan data yang diambil dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Bali. Berikut daftar peringkat kunjungan objek wisata di Denpasar, yakni:

10. Mangrove Center Bali
Objek wisata Mangrove Center Bali yang terletak di kawasan Suwung Kauh, Denpasar Bali (JL. Bypass Ngurah Rai). Di kawasan ini Anda akan disuguhkan pemandangan hutan bakau yang sungguh indah dan asri. Jumlah pengujung ke hutan mangrove ini pada tahun 2013 mencapai 3.877 orang yang didominasi oleh wisatawan lokal.

9. Musem Le Mayuer
Museum ini didirikan untuk menghargai hasil karya dari pelukis asal Belgia yang bernama Adrien-Jean Le Mayeur de Merpres. Objek wisata ini terletak di kawasan wisata Pantai Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Jumlah pengujung di museum ini mencapai 4.882 orang pada tahun 2013 dengan proporsi 37,5% adalah pengujung wisatawan mancanegara dan 62,5% pengujung nusantara.

8. Taman Werdhi Budaya Art Center
Art Center atau Taman Werdhi Budaya adalah bangunan yang didirikan dengan tujuan untuk pementasan seni serta pengembangan seni Bali khusunya. Taman yang didirikan oleh Gubernur Bali yang pertama yaitu Ida Bagus Mantra ini terletak  di tengah tengah kota Denpasar, tepatnya di jalan Nusa Indah. Di taman ini diadakan pentas kesenian Bali setiap tahunnya selama satu bulan penuh pada bulan Juni – Juli. Menurut data BPS Bali jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Budaya tahun 2013 mencapai 7.599 orang.

7. Prasasti Blanjong
Prasasti Blanjong merupakan tugu batu bertulis yang merupakan peninggalan dari Raja Kasari Warmadewa. Prasasti Blanjong terletak Banjar Blanjong, desa Sanur Kauh, Kota Denpasar. Lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan sehingga pada tahun 2013 jumlah pengunjung ke lokasi ini mencapai 7.851 orang.

6. Pasar Kumbasari
Pasar Kumbasari terletak di jalan Gajah Mada sebelah barat kota Denpasar. Pasar Kumbasari ini buka 24 jam, pada pagi hari pasar ini menjadi pasar tradisonal yang menjual kebutuhan pokok, siang hari menjadi pasar seni yang menjual berbagai hasil kesenian bali (kerajinan perak, batik bali, lukisan, tenun ikat bali, dll), dan malam hari menjadi pasar malam atau pasar senggol yang menawarkan beraneka jajan pasar yang murah dan meriah. Menurut data BPS Bali jumlah pengunjung ke Pasar Kumbasari mencapai 13.279 orang pada tahun 2013.

5. Pasar Badung
Sama seperti pasar Kumbasari, pasar badung juga menjual bahan makanan dan kerajinan tangan khas Bali. Lokasinya juga berdekatan dengan pasar badung. Jumlah pengujung wisatawan mancanegara ke pasar Badung pada tahun 2013 lebih banyak dibandingan dengan pasar kumbasari yang mencapai 18.395 orang.

4. Museum Bali
Museum bali adalah museum penyimpanan peningggalan masa lampau manusia dan etnografi. Koleksi museum terdiri dari benda-benda etnografi antara lain peralatan dan prlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan dan lain-lainnya yang mencerminkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan bali. Museum Bali terletak di jalan Mayor Wisnu, Denpasar. Jumlah pengunjung ke museum Bali mencapai 26.215 orang dengan persentase pengunjung nusantara mencapai 62% dan sisanya pengunjung mancanegara.

3. Desa Budaya Kertalangu
Desa Budaya Kertalangu atau Bali Cultural Park berada di lahan seluas 80 hektar terdiri dari bangunan yang dikelilingi sawah-sawah dan kebun yang subur hijau alami, desa ini memiliki pesona alam yang tersembunyi dimana didalamya terdapat Tugu Perdamaian Dunia yang dikelilingi patung toko-toko dunia. Negara-negara independen yang mendukung perdamaian serta symbol-simbol agama dari 9 dunia. Objek wisata alam ini terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai No.88 X, Tohpati, Denpasar, Bali. Hampir setiap harinya lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Pada tahun 2013 kunjungan wisatawan ke Desa Budaya Kertalangu mencapai 62.814 orang dengan rata-rata kunjungan mencapai 172 orang perharinya.

2. Monumen Perjuangan Rakyat Bali
Monumen Perjuangan Rakyat Bali atau dikenal dengan nama Bajra Sandhi terletak di di tengah-tengah lapangan puputan Niti Mandala Renon, Kota Denpasar. Museum ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Monumen ini menyimpan kenangan dari kegigihan pejuang kemerdekaan Bali sejak masa kerajaan hingga saat memperjuangkan dan menjaga kemerdekaan di era modern. Monumen ini mampu menarik banyak wisatawan, sehingga pada tahun 2013 jumlah pengunjung ke museum ini mencapai 130.255 orang dengan pengunjung wisatawan mancanegara mencapai 15% dari total pengujung.

1. Serangan
Serangan merupakan objek wisata terbaik di kota Denspasar, sehingga jumlah pengunjungnya terbanyak diantara objek wisata lainnya di Kota Denpasar. Ini berdasarkan data BPS Bali pada tahun 2013 dengan jumlah mencapai 167.795 orang. Serangan merupakan nama sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Denpasar Selatan. Di pulau ini merupakan surganya penyu karena di Pulau Serangan ada pengangkaran penyu hijau. Pada saat-saat tertentu wisatawan dapat menyaksikan pelepasan anak penyu ke laut. Selain itu di Serangan juga terdapat pantai masih sangat asri dan tenang. Pasir pantainya berwarna putih dengan gelombang yang besar membuat pantai ini menjadi salah satu tempat favorit di Bali untuk surfing.
10 Objek Wisata Favorit Di Denpasar
Pengujung bisa berinteraksi langsung dengan penyu

Nah, itulah  daftar 10 tempat wisata di Kota Denpasar yang paling banyak dikunjungi wisatawan berdasarkan data BPS Bali pada tahun 2013.
Iklan