free counter with statistics Menikmati Indahnya Pantai Sanur Sambil Bersepeda Ria (Gowes)
T12/02/2015

Menikmati Indahnya Pantai Sanur Sambil Bersepeda Ria (Gowes)

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Sanur Bali yang sudah melegenda sampai ke mancanegara. Pantai yang berpasir putih ini terkenal akan fenomena matahari terbitnya (sunset). Karena begitu terkenal akan keindahan matahari terbitnya, maka di salah satu titik di bagian utara pantai ini diberi nama Pantai Matahari Terbit.
Pantai Sanur Bali
Pantai Sanur
Tidak hanya tempat menyaksikan matahari terbit, Pantai Sanur juga sangat cocok untuk bersepeda ria, karena memiliki area jogging track yang sangat bagus yang panjangnya kurang lebih 4,2 km. Bersepeda ria atau yang lebih dikenal dengan istilah Gowes, merupakan ativitas yang sangat menyenangkan apalagi bersama teman atau orang yang Anda sayangi. Selain bisa berolahraga kita juga bisa menyaksikan keindahan pantai di kawasan Sanur secara keseluruhan. Pantai di kawasan Sanur sendiri terdapat banyak spot pantai yakni sebelah utara pantai Matahari terbit kemudian pantai Bali Beach, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, Pantai Karang, Pantai Semawang, pantai Mertasari dan paling ujung selatan pantai Pengembak.
Gowes Di Pantai Sanur Bali
Gowes di pantai sanur 
Area jogging track ini dapat kita jajal dengan menggunakan sepeda gayung dengan memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Untuk menggunakan fasilitas bersepeda ria ini, Anda bisa membawa sepeda dari rumah. Jika tidak ingin ribet membawa sepeda gayung apalagi anda menuju kawasan pantai sanur menggunakan sepeda motor, cukup dengan menyewa sepeda anda sudah bisa gowes di pantai sanur. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5000 per jam Anda sudah menikmati fasilitas ini.

Biasanya gowes di mulai dari pantai matahari terbit atau pantai bali beach pada pagi hari maupun sore hari. Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan aktivitas wisatawan lalu lalang di kawasan ini. Adapun rute perjalanan yang kita akan lalui jika gowes sepanjang Pantai Sanur adalah sebagai berikut. Spot awal, pantai Matahari terbit, di sini kita dapat melihat indahnya kawasan pantai walaupun pantai ini tidak berpasir karena sudah dibeton untuk menghindari abrasi. Di kawasan ini terdapat titik penyeberangan ke Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan. Jika gowes pada pagi hari kita akan melihat indahnya sang surya terbit dari ufuk timur.

Spot kedua, pantai Bali Beach Sanur, di sini kita akan menyaksikan aktivitas wisatawan yang berenang di laut atau sekedar duduk-duduk di pantai. Terlihat sebuah hotel tertinggi yang ada di pulau bali dan merupakan satu-satunya hotel yang memiliki ketinggian melebihi “ketinggian pohon kelapa”. Spot ketiga, melewati hotel tertinggi akan menuju pantai Segara Ayu, para gowes akan disambut dengan patung nelayan yang menghadap laut. Spot keempat, Pantai Sindhu, karakterisitik pantai ini hampir sama seperti pantai bali beach dan segara ayu yang menyajikan keindahan pantainya.

Spot kelima, Pantai Karang, di sini para gowes akan disambut dengan gazebo kembar yang berada ditengah laut. Jika air laut sedang surut kita bisa duduk di gazebo tersebut dengan berjalan kaki, jadi tidak mungkin bisa bersepeda ke sana. Sedangkan jika air laut sedang pasang maka gazebo ini akan terpisah dengan daratan sehingga untuk ke gazebo tersebut anda harus basah-basahan.
Pantai Karang Sanur Bali
Pantai Karang
Spot keenam, Pantai Semawang, pantai ini tidak begitu ramai. Tidak seperti pantai pantai lainnya di kawasan sanur, pantai semawang ini di penuhi dengan kapal boat ukuran sedang, sepertinya kapal kapal ini disewakan ke turis untuk menyelam alias diving. Spot ketujuh, Pantai Mertasari, ini merupakan spot akhir para gowes menjajal track di sini. Di sini kita akan disambut dengan sebuah papan catur raksasa lengkap dengan bidak-bidaknya yang seukuran anak-anak berusia 3 tahun. Sore hari kita akan melihat fenomena matahari tenggelam dari kawasan pantai ini. Sambil duduk-duduk di gazebo yang tersedia, kita bisa melepaskan lelah sejenak sambil menghilangkan rasa haus.
 
Pantai Mertasari
Catur Raksasa di Pantai Mertasari

Sunset di Pantai Mertasari
Sunset di Pantai Mertasari

Sepanjang jogging track ini terdapat restoran atau bar yang menawarkan berbagai macam menu dengan ciri khasnya tersendiri. Jadi, sambil gowes kita bisa menikmati kuliner di Pantai Sanur. Silahkan baca juga pantai tempat menyaksikan matahari terbit di Bali.