free counter with statistics Perbedaan Tempat Wisata Bali Selatan dan Bali Utara
T9/06/2017

Perbedaan Tempat Wisata Bali Selatan dan Bali Utara

Iklan
Iklan
Pulau Bali merupakan salah satu pulau yang berada di sebelah timur pulau Jawa. Pulau ini memiliki panjang sekitar 153 km dan lebar 112 km. Secara astronomis, Pulau Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur. Pulau Bali terletak antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok yang dipisahkan oleh selat Bali bagian Barat dan selat Lombok bagian timur.

Di Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan berada di tengah pulau bali, sehingga pulau bali terbagi menjadi dua bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dan Bali Selatan. Bali utara merupakan daerah dataran rendah yang sempit dan kurang landai, sedangkan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai.
Pulau Bali (img: wikipedia)
Dari keadaan geografis pulau bali tersebut tersebut maka tempat wisata yang ada di Bali Utara dan Bali Selatan memiliki perbedaan karakteristik yang sangat signifikan. Apa saja perbedaan yang mencolok?

Wisata Pantai
Jika anda ingin menikmati pantai pasir putih yang eksotis dan memukau mata, di Bali Selatan tempatnya. Bahkan di Bali Selatan merupakan surganya pantai pasir putih dengan keunikannya masing-masing, misalnya pantai Kuta, pantai Dreamland, pantai Pandawa, dan pantai Melasti Unggasan. Di sini setidaknya ada 40 lebih titik pantai yang berpasir putih. Selain itu, pantai-pantai yang berada di Bali Selatan berhadapan langsung dengan samudra Hindia, sehingga memiliki ombak yang sangat besar dan bagus untuk aktivitas berselancar. Sedangkan Bali Utara hampir sebagian besar pantainya berpasir hitam yang berkilauan, namun ada beberapa pantai dengan pasir putihnya, misalnya pantai Batu Ampar Pejarakan, pantai Pemuteran, dan pantai Banyu Wedang. Pantai-pantai bagian bali utara memiliki ombak yang relatif tenang, sehingga tidak cocok untuk kegiatan surfing, tetapi bagus untuk aktivitas bermain kano.

Wisata Air Terjun
Jika kamu ingin mencari destinasi wisata air terjun maka bali utara tempatnya. Di bali utara terdapat banyak sekali air terjun, bahkan Bali Utara dikatakan sebagai surganya air terjun di Pulau Bali. Di bali Utara setidaknya terdapat 30 lebih titik air terjun, baik yang tersembunyi maupun yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Sedangkan di bali bagian Selatan kebalikannya, di sini sulit ditemukan air terjun. Walaupun sulit, namun bukan berati tidak ada. Di bali selatan ada air terjun, tetapi tidak sebanyak di bali utara, dan tinggi air terjunnya pun tidak setinggi yang di bali utara, salah satunya yakni air terjun tegenungan.

Nah itu perbedaan tempat wisata di bali selatan dengan bali utara. Selain perbedaan tempat wisata, bali selatan dan bali utara juga memiliki perbedaan yang mencolok dari segi sosial budaya. Apa berbedaan sosial budaya bali selatan dan bali utara? Akan dibahas pada postingan berikutnya. Silahkan baca juga tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam longtriper.
Iklan