T11/14/2015

Tempat Wisata Pantai Melasti Ungasan Badung Bali

Bali Selatan sekarang sedang gencar-gencarnya membangun tempat wisata baru atau tempat wisata yang sudah ada dikelola sehingga tampak seperti tempat wisata baru. Sebut saja tempat wisata Pantai Pandawa, siapa yang menyangka pantai yang dulunya bernama Pantai Penyekjekan ini sangat sulit diakses karena dikelilingi oleh tebing karang yang sangat tinggi dan terjal. Semenjak tebing karang tersebut dibelah dan dibuat jalan beraspal yang sangat baik sehingga kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa menjangkau lokasi pantai ini. Ini akan berdampak jumlah kunjungan ke pantai tersebut. Ini terbukti dengan adanya jalan tersebut jumlah kunjungan ke pantai ini mencapai ribuan orang apalagi hari-hari libur pantai ini menjadi serbuan para pelancong baik wisatawan mancanegara maupun nusantara.
Tempat Wisata Pantai Melasti Ungasan Badung Bali
Pantai Melasti Ungasan

Selain menyulap Pantai Penyekjekan menjadi Pantai Pandawa yang mampu menyedot ribuan pengunjung tiap harinya, pemerintah setempat juga akan menyulap Pantai Melasti menjadi icon baru di Bali selatan. Karakteristik pantai Melasti hampir sama seperti pantai Pandawa, di mana tebing yang tinggi dibelah untuk dibuat jalan beraspal sehingga memudahkan pengunjung mengakses pantai tersebut. Bahkan ada yang mengatakan kalau pantai Melasti ini merupakan kembaran dari pantai Pandawa atau pantai Pandawa yang kedua.
Pantai Melasti Ungasan Badung Bali
Pantai Melasti dengan pasir putihnya
Tidak seperti pantai Pandawa yang selalu diserbu oleh ribuan pengunjung tiap harinya, justru pantai melasti masih sepi dari pengunjung karena pantai ini baru dibuka. Ini dapat dilihat belum tersedianya fasilitas di pantai ini dan ada beberapa fasilitas dalam tahap pembuatan. Walaupun pantai ini “belum jadi” namun menawarkan keindahan yang luar biasa. Nantinya pantai ini akan mampu mengalahkan keindahan pantai Pandawa. Jalan yang berkelok-kelok menambah keindahan pantai ini. Apalagi alamnya masih alami dengan air laut masih membiru. Pemandangan tebing-tebingnya yang keren, pemandangan pesisir pantai dengan pasir putih dan tentu pemandangan lautnya begitu biru menjadi daya tarik tersediri.
Tempat Wisata Pantai Melasti
Tebing kapur di Pantai Melasti
Pantai ini bernama Pantai Melasti karena pantai ini sering digunakan untuk kegiatan upacara melasti oleh warga sekitar yang biasanya dilakukan menjelang perayaan Nyepi di bali. Pantai ini akan dikembangkan menjadi pusat olah raga air (watersport) seperti yang ada di Pantai Tanjung Benoa seperti parasailing, jetsky, banana boat dan lain sebagainya. Pantai ini nantinya dapat dijadikan tempat wisata alternatif bagi pecinta olahraga air jika berliburan ke bali.
Wisata Pantai Melasti
Tebing yang dibelah di pantai Melasti
Peminat pantai Melasti kebanyakan dari warga setempat atau wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara hanyalah pengunjung yang kebetulan menginap di vila sekitar pantai Melasti. Tempat ini akan menjadi tempat favorit oleh kaum muda-mudi pada hari-hari libur atau menjelang akhir pekan seperti sabtu dan minggu. Selain berenang, piknik, memancing, dan berjemur wisatawan juga dapat menikmati indahknya suasana matahari terbenam di pantai ini sambil duduk santai di atas butiran pasir putih.

Letak dan Cara Mengakses Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasti berada di Jalan Melasti, Banjar Kelod, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung , Bali. Dari kota Denpasar menempuh jarak 26 km atau kira-kira memerlukan waktu 50 menit. Dari pantai Pandawa hanya menempuh jarak 8,6 km atau 18 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pantai ini bersebalahan dengan pantai Bali Clift atau Pantai Green Bowl atau Pantai Batu Pageh yang berjarak 5,3 km atau 9 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan jarak tempuh 18 km atau 34 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan melalui jalan By Pass Ngurah Rai, kemudian di perempatan Jimbaran (KFC Jimbaran) belok ke kanan menuju Jalan Uluwatu. Dengan melewati Cultur Park (GWK) akan menemukan sebuah perempatan yang terdapat sebuah patung ditenganya kemudian belok ke kiri menuju Jalan Pura Batu Pageh lalu dilanjutkan menuju Balai Banjar Kelod Desa Ungasan yang merupakan jalan menuju Jalan Melasti. Dari jalan Melasti lurus terus sampai ketemu Bayan Tree Hotel and Resort. Sesampai di pertigaan di depan hotel beloklah ke kiri. Lanjutkan perjalanan Anda sampai menemukan pantai di ujung tebing.

Adapun tempat wisata di Bali yang dekat dengan pantai Melasti yakni Pantai Batu Pageh (Green Bowl Beach), Pantai Pandawa, Pantai Gunung Payung, GWK, Pantai Nyang-Nyang, pantai Uluwatu, Pantai Suluban (Blue Point beach), Pantai Padang-Padang (labuan Sait), Pantai Bingin, Pantai Cemongkak, dan Pura Uluwatu. 

1 Response to "Tempat Wisata Pantai Melasti Ungasan Badung Bali"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif