free counter with statistics Tempat Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK)
T10/23/2015

Tempat Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Iklan
Iklan
Bali tidak hanya terkenal akan wisata alamnya yang mempesona seperti alam pegunungan yang asri dan pantainya yang eksotis. Tetapi juga memiliki objek wisata buatan yang tidak kalah indahnya dengan objek wisata buatan lainnya. Bahkan ada salah satu objek buatan yang dijadikan ikon dari pariwisata provinsi Bali yakni Patung Garuda Wisnu Kencana atau disingkat dengan GWK.

Tempat Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK)


Patung Garuda Wisnu Kencana berada di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Untuk mengakses lokasi ini sangatlah mudah karena lokasinya sangat strategis dan satu jalur dengan objek wisata Uluwatu, pantai Pandawa, Pantai Balangan, Pantai Dreamland, dan Pantai Padang-padang. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan, Jimbaran, Badung, Bali.  Untuk menuju lokasi ini kira-kira menempuh jarak 40 kilometer dari Kota Denpasar.

Hampir setiap hari ada pengunjung yang mengunjungi lokasi ini. Rata-rata ada 2.000 sampai 3.000 wisatawan berkunjung ke GWK tiap harinya. Ada bebrapa tempat yang menarik di Taman Budaya Garuda Wisnu diantaranya:

Wisnu Plaza
Wisnu Plaza merupakan tempat paling tinggi dan berada di ketinggian 263 meter dari atas permukaan laut. Di Wisnu Plaza terdapat patung Wisnu yang belum rampung yang memiliki tinggi 18 meter. Dari Wisnu Plaza Anda dapat menyaksikan keindahan panorama sekitarnya. Patung Wisnu dikelilingi oleh air mancur. Di samping patung tersebut ada sebuah tempat suci yang bernama Parahyangan Somaka Giri dan air sumur yang konon katanya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Street Theater
Jika Anda ingin masuk ke kawasan Taman Budaya GWK terlebih dahulu harus membeli tiket masuk, untuk wisatawan domestik dewasa sebesar Rp50.000,00, sedangkan wisatawan asing Rp100.000,00. Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko yang menjual souvenir Bali dan merchandise GWK dan restoran.

Lotus Pond
Lotus Pond adalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar karena lokasinya yang santa luas dan mampu menampung ribuan pengunjung sehingga sangat cocok mengadakan kegiatan skala besar seperti konser musik, pertemuan internasional, maupun pertemuan partai besar.

Indraloka Garden
Taman ini diberi nama Taman Indraloka atau istana dari Dewa Indra karena memiliki view yang sangat indah. Kita bisa melihat pemandangan alam Bali dari atas Indraloka Garden

Amphitheatre
Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

Tirta Agung
Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Anda juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.


Jika patung GWK tersebut selesai dibangun maka akan berwujud Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung Garuda dengan tinggi mencapai 75 meter sehingga akan dapat kita lihat dari dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4 ribu ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty. 
Iklan