T6/19/2014

Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali

Tahukah Anda serial Mahabharata? Serial ini sudah ditayangkan di salah satu TV swasta di Indoenesia. Dalam cerita Mahabharata mengisahkan perang saudara yang sangat besar antara keluarga Pandawa dengan keluarga Kurawa dengan keluarga Pandawa sebagai pemenangnya. Tidak hanya di cerita Mahabharata saja ada nama Pandawa. Di Bali ada sebuah pantai yang juga namanya Pandawa. Apa uniknya pantai Pandawa ini?

Sebelum bernama pantai Pandawa, warga lokal (desa Kutuh) menyebut pantai ini dengan nama pantai Penyekjekan. Kemudian orang-orang di sekitarnya menyebut pantai ini dengan nama pantai Kutuh, karena berada di wilayah desa adat Kutuh. Sedangkan,wisatawan mancanegara menyebut pantai ini dengan nama Kutuh Secret Beach.
Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali
View di pantai Pandawa dengan pasir putihnya pada sore hari
Di pantai ini terdapat patung dari keluarga Pandawa yang terletak di tebing-tebing perbukitan batu kapur. Untuk saat ini (tanggal 19 Juni 2014), di pantai ini terdapat patung keluarga Pandawa yakni Dewi Kunti, Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sahadewa. Mungkin karena adanya patung-patung keluarga Pandawa makanya pantai ini namanya pantai Pandawa. 
Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali
Salah satu patung yang ada di pantai Pandawa
Pantai ini terletak di balik perbukitan karang dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Jika Anda menuju pantai kesannya seperti membelah perbuktian batu kapur yang menjulang tinggi. Oleh karena itu sebelum Anda menuju ke bibir pantai, coba sempatkan diri Anda melihat pantainya dari atas tebing maka Anda akan berdecak kagum dan sungguh mempesona. Jika Anda hobi jepret-jepret, di lokasi inilah tempatnya. Untuk saat ini Anda harus berhati-hati untuk menuju atas tebing karena jalur aksesnya belum selesai dan mungkin nunggu beberapa tahun lagi baru rampung semuanya.

Yang memiliki hobi surfing, silahkan jajal ombaknya karena di pantai ini ombaknya cukup mendukung untuk bermain selancar dan yang ingin “mengosongkan kulit” silahkan berjemur karena di lokasi ini ada penyewaan payung plus kursinya pantainya. Selain itu di tempat ini juga ada jasa penyewakan kano. Pantai ini merupakan pantai sunset, di mana pada sore hari kita bisa menyaksikan indahnya sang surya tenggelam di balik cakrawala. Momen-momen ini diburu oleh para fotografer dan pengunjung pantai yang hanya sekedar berselfi ria. Untuk menikmati indahnya pantai Pandawa kita di kenakan retribusi Rp. 2.000/orang yg di kelola oleh warga setempat. 
 Pantai Pandawa Bali
Sunset di Pantai Pandawa

Lokasi dan Cara Akses Pantai Pandawa

Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari kota denpasar hanya berjarak 27 km dan dari bandara Ngurah Rai hanya berjarak 18 km atau dengan waktu tempuh 36 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berikut rute perjalanan yang bisa Anda tempuh jika datang dari kawasan bandara Ngurah Rai. Setelah keluar dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju jalan by pass Ngurah Rai ke kawasan Jimbaran. Tepat di perempatan McDonald Jimbaran arahkan kendaraan Anda menuju jalan Raya Kampus Unud, setelah menemukan pertigaan belok kiri untuk menuju jalan Goa Gong hingga menemukan pertigaan.

Pantai Pandawa Bali
Petunjuk arah menuju Pantai Pandawa
Dari Jalan Goa Gong cari jalan Darma Wangsa, di sini nanti akan menemukan plang petunjuk arah menuju Pantai Pandawa. Ikuti jalan yang ditunjuk plang tersebut maka akan sampai di jalan Melasti II yang tembus hingga perempatan jalan pantai Pandawa. Dari perempatan ini kira-kira lagi 2 km untuk sampai di pantai pandawa.

Akan sangat mudah mencapai pantai ini jika datang dari kawasan Nusa Dua yakni dengan melalui jalan Kurusetra kemudian jalan Darma Wangsa (melewati kampus STP) nanti sebelah kiri jalan akan menemukan plang petunjuk arah lalu belok ke kiri ke jalan jalan Melasti II yang tembus hingga perempatan jalan pantai Pandawa.


Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai pandawa yakni Pantai Gunung Payung yang berada 3,6 km di sebelah timur pantai pandawa, Pantai Batu Pageh (green bowl beach) yang berada 4,7 km di sebelah barat, Pantai Melasti, GWK, dan pantai di kawasan Nusa Dua.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif