free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Ayung (Bidadari) di Badung Bali
T10/23/2017

Tempat Wisata Air Terjun Ayung (Bidadari) di Badung Bali

Iklan
Iklan
Jika bosen menjelajah pantai di Bali, coba sesekali jelajah alam yang lainnya, sehingga liburan anda ke Bali tidak membosankan. Pariwisata Bali memang mampu menyajikan liburan alternatif untuk mencegah kebosanan para pelancongnya. Salah satu objek wisata di bali selain pantai yang mungkin bisa menambah pengalaman wisata ke bali ialah objek wisata air terjunnya.

Bali menyajikan puluhan titik air terjun yang mampu membuat mata berdecak kagum melihat pesonanya. Tidak hanya suara gemuruhnya air yang jatuh yang menyejukan hati, tetapi alam sekitarnya juga mampu mendamaikan suasana hati yang lagi sedang galau atau bermasalah. Salah satu titik air terjun yang mungkin bisa wisatawan eksplor pesonanya yakni air terjun ayung di petang. Ayung merupakan nama sebuah sungai di bali yang lebih dikenal dengan nama Tukad Ayung. Tukad ayung merupakan spot untuk bermain arung jeram yang sangat populer di bali selain tukad telaga waja. Nah di tukad ayung ini terdapat sebuah air terjun, untuk memudahkan mengingatnya maka pelancong menyebutnya dengan nama air terjun ayung.
Ayung Waterfall
IMG by IG via tri_ramartha

Nama lain dari air terjun ayung ini adalah air terjun bidadari. Mengingat nama air terjun ini, admin jadi ingat air terjun dedari yang ada di bali utara. Di mana dedari dalam bahasa bali yang artinya bidadari. Apa perbedaan kedua air terjun ini? air terjun dedari yang ada di Bali utara, air yang jatuh tidak langsung jatuh ke sungai melainkan melalui kemiringan tertentu. Sedangkan air terjun bidadari ayung, air yang jatuh langsung jatuh ke permukaan sungai, atau dapat dikatakan bahwa air pada air terjun ini jatuhnya secara tegak lurus. Akan tetapi kedua air terjun ini memang mempesona sesuai dengan nama yang disandangnya.


Air terjun ini tidak sepopuler air terjun tegenungan yang ada di gianyar dan masih relatif sepi dari kunjungan para pelancong mania. Biasanya yang berkunjung ke air terjun ini wisatawan yang akan bermain rafting di sungai ayung, hal ini disebabkan karena ini merupakan jalur rafting ayung. Jadi admin sarankan kalau ingin menikmati pesona air terjun ini, sebaiknya sekalian nikmati serunya bermain rafting di sungai ayung. Sesuai bukan dengan pepatah “sekali medayung dua pulau terlampaui”. Mengikuti arus sungai ayung dengan bermain arung jeram sungguh pengalaman yang berkesan selama berlibur ke bali, apalagi plus menikmati pesona air terjun bidadari yang tentunya akan menambah khazanah wisata anda.

Untuk menikmati pesona air terjun bidadari ayung ini, pelancong akan menempuh perjalanan yang boleh dikatakan cukup jauh dan juga akan melewati beberapa ratus anak tangga dalam kondisi yang masih bagus serta menuruni jurang. Sepanjang perjalanan pelancong mania akan disuguhkan dengan keadaan alam yang masih asri dan alami. Uniknya, pelancong juga akan melalui tangga yang mengulir (memutar) agar bisa sampai di dasar jurang untuk melihat air terjun dari jarak dekat.


Nah itu sekilas tentang air terjun Ayung atau air terjun bidadari. Jika ingin mengunjungi lokasi air terjun tersebut, silahkan mengunjunginya yang lokasinya berada di Desa Petang, kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Untuk memudahkan mencari lokasi air terjun ini, cari atau tanyakan “Fantasy Ayung Rafting”. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata anda, bagi yang ingin mencari air terjun yang sepi dan alami. Salam longtriper
Iklan