free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Reklamasi Serangan Bali
T10/18/2017

Tempat Wisata Pantai Reklamasi Serangan Bali

Iklan
Iklan
Anda ingin mencari tempat wisata pantai yang unik dan lain dari yang lain di pulau dewata? Bali memang surganya wisata pantai yang eksotis. Tahukah kamu bahwa pulau bali memliki objek wisata pantai buatan atau pantai dari hasil reklamasi sebuah pulau. Pantai tersebut berada di pulau serangan sehingga sering disebut dengan nama pantai reklamasi serangan. 
Tempat Wisata Pantai Reklamasi Serangan Bali
Pantai Reklamasi Serangan


Pulau serangan merupakan sebuah pulau yang berada di selatan kota madya denpasar, bahkan pulau ini masuk ke dalam wilayah denpasar. Dulu, sebelum pulau ini direklamasi memiliki luas sekitar 101 hektar. Setelah dilakukan reklamasi pada tahun 1996 dan terhenti pada tahun 1998 karena kesulitan dana akibat krisis moneter, luas pulau serangan menjadi 481 hektar atau dapat dikatakan luasnya bertambah hampir 4 kali lipat.

Ternyata proyek yang terbengkalai itu menghasilkan sebuah pantai yang layak untuk dikunjungi karena menawarkan keindahan alam yang indah. Tidak seperti pantai di sebelahnya (pantai tanjung benoa) yang berpasir putih. Pantai hasil reklamasi pulau serangan ini tidak memiliki pasir seperti pantai yang lainnya di pulau bali, hampir sepanjang pantai berupa batu yang disusun dengan rapi agar tidak terjadi abrasi.

Siang hari tempat ini kerap digunakan untuk aktivitas olahraga air (watersport) seperti parasailing. Para wisatawan terlihat dengan senangnya terbang dengan parasiling yang ditarik dengan speed boat. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga digunakan untuk memancing. Bagi yang memiliki hobi memancing, tidak salahnya menyalurkan hobi anda di tempat ini. Para mancing mania dapat memilih tempat di sepanjang pantai reklamasi sambil duduk santai di atas batu.

Sore hari di pantai reklamasi serangan kita akan disuguhkan dengan keindahan matahari yang akan terbenam, cahayanya benar-benar keren dilihat dari kawasan pantai ini. Jika kita sedang beruntung kita akan melihat kapal raksasa (kapal pesiar) bersandar di pelabuhan benoa. Lalu lalang aktivitas kapal di pelabuhan benoa menambah indahnya kawasan ini. Uniknya, di kawasan reklamasi ini terdapat sebuah kolam raksasa, tentu ini akan menambah cantiknya pulau serangan. Wisatawan dapat berkeliling di pinggir kolam ini dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Pokoknya pengunjung tidak akan menyesal setelah mengunjungi lokasi ini, karena banyak hal yang akan ditawarkan dipantai reklamasi serangan ini.
Tempat Wisata Pantai Reklamasi Serangan Bali
Pantai Reklamasi Serangan

Tidak jauh dari lokasi (masih di pulau serangan), terdapat sebuah tempat konservasi penyu langka. Pulau serangan merupakan salah tempat di Indonesia yang ditetapkan sebagai objek tempat penangkaran penyu yang dikelola oleh Turtle Conservation and Education Centre (TCEC). Di sini kita akan menemukan penyu sebanyak 6 sepsies penyu langka yakni penyu belimbing, lekang, hijau, penyu sisik, penyu tempayan dan penyu pipih. Jadi selain bisa menikmati indahnya kawasan pantai reklamasi pulau serangan, kita juga bisa mengenal kehidupan penyu di pulau ini.

Tidak hanya terdapat pantai reklamasi, di pulau serangan juga terdapat pantai alami yang berpasir putih. Pantai alami itu ada yang menyebut dengan nama pantai serangan dan ada juga yang menyebutnya dengan pantai penyu. Hal ini disebabkan karena pantai serangan sering diadakan event pelepasan anak penyu (tukik) ke laut lepas. Dengan adanya kawasan pusat penangkaran penyu, maka cocok banget nama pantai itu dengan nama pantai penyu.

Lokasi dan Cara Akses Ke Pantai Reklamasi Serangan
Pantai Reklamasi Serangan berada di Pulau Serangan, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan, kota Denpasar. Dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak sekitar 14,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 29 menit melalui jalan tol bali mandara dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari pusat kota denpasar hanya berjarak sekitar 13,7 km, dan dari tempat wisata pantai mertasari hanya berjarak sekitar 12,2 km.

Jika anda ingin menikmati pesona kawasan ini dengan cara mengunjunginya, berikut rute perjalanan yang bisa ditempuh dari bandara ngurah rai. Begitu keluar dari kawasan bandara, arahkan kendaraan anda menuju jalan tol Bali Mandara, kemudian jalan by pass I Gusti Ngurah Rai. Tepat di perempatan jalan Pemelisan (setelah SPBU akan menemukan perempatan) memutar arah kemudian menuju Jalan Pulau Serangan, ikuti jalan tersebut hingga melewati sebuah jembatan penghubung antara pulau bali dan pulau serangan. Nanti akan disambut oleh petugas untuk membayar biaya retribusi untuk masuk ke kawasan objek wisata tersebut. setelah melewati pos penjagaan ambil ke arah kanan. Dengan melewati jalan yang tidak beraspal kita akan diarahkan menuju kawasan pantai reklamasi serangan. Sepanjang jalan akan disuguhkan dengan pepohonan yang menghijau.

Nah itu sekilas tentang tempat wisata pantai reklamasi serangan bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari spot pantai yang unik dan lain-dari yang lain di bali. Salam longtiper.
Iklan