free counter with statistics Puja Mandala - Wisata 5 Tempat Ibadah Di Bali
T11/21/2017

Puja Mandala - Wisata 5 Tempat Ibadah Di Bali

Iklan
Iklan
Pulau Bali terkenal dengan julukan sebagai Pulau Dewata (The Island of Gods) karena kentalnya budaya Hindu, Pulau Surga (The Island of Paradise) karena memiliki pesona alam yang sangat indah seperti layaknya sebuah surga dunia, dan Pulau Seribu Pura (The Island of Thousand Temples) karena di pulau ini berdiri banyak tempat peribadatan umat Hindu. Walaupun di Bali mayoritas penduduknya menganut agama Hindu, tetapi kerukunan antar umat beragama di pulau ini sangat terjaga. Ini terbukti dengan berdirinya 5 tempat ibadah dalam satu kompleks yang disebut dengan nama Puja Mandala.
Wisata 5 Tempat Ibadah Di Bali
Puja Mandala
Imgae by Wikipedia

Tempat wisata 5 tempat ibadah di bali ini berdiri di atas tanah seluas 2 hektar dan mampu menarik kunjungan wisatawan. Setiap hari, ratusan pengunjung domestik dan mancanegara datang ke sini tidak hanya untuk beribadah, tetapi juga melihat bagaimana toleransi diterapkan di tempat ini. Tempat ini benar-benar  menerapkan konsep Bhineka Tunggal Ika yang selama ini terus digaungkan oleh bangsa Inonesia karena sudah mulai terkikis karena isu-isu rasial.

Di kawasan Puja Mandala berdiri 5 Rumah ibadah dari 5 agama yakni dimulai dari yang kiri ke kanan, adalah Masjid Agung Ibnu Battutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua serta Pura Jagatnatha. Mungkin bagi yang belum mengenal kawasan ini, akan terheran-heran bagaimana bisa lima tempat ibadah ini dapat berdiri dengan begitu megahnya di satu kompleks. Hanya kurang kelenteng yang merupakan tempat ibadah umat Konghucu saja, maka lengkaplah semua tempat ibadah dari enam agama yang diakui di Indonesia. Mungkin kedepannya akan ditambahkan dengan tempat ibadah umat Konghucu. Kita lihat nanti saja.

Tempat wisata 5 tempat ibadah di dalam komplek Puja Mandala ini berdiri atas bantuan PT. BTDC (Bali Tourism Development Centre) sekarang berubah menjadi ITDC (Indonesia Tourism Development Centre) dengan memberikan bantuan tanah untuk membangun 5 tempat ibadat tersebut. Meski berdampingan dengan tempat suci umat lain, selama ini tidak pernah ada konflik yang disebabkan ketidakharmonisan antar sesama umat beragama. Bahkan, jika ada aktivitas keagamaan dalam waktu yang bersamaan, penduduk setempat saling berinteraksi satu sama lain untuk mempererat kerukunan antar umat beragama.

Kelima rumah ibadah yang berdiri di Nusa Dua ini merupakan salah satu bukti keunikan serta mempunyai nilai tinggi sebagai penunjang kepariwisataan di Pulau Bali yang sempat meredup akibat peristiwa Bom Bali I dan II. Selain sebagai wisata rohani, tempat suci 5 agama ini bertujuan untuk memfasilitasi penduduk sekitar serta para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan ibadah. Inilah cerminan kerukunan dan toleransi beragama sesuai sila I dalam Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Tidak jauh dari lokasi puja mandala terdapat objek wisata yang terkenal seperti kawasan wisata nusa dua yang meliputi pantai nusa dua, pantai segara samuh, pantai mengiat, pantai geger, water blow, pulau peninsula, dan pulau nusa dharma. Selain itu bagi yang suka dengan wisata tantangan tidak jauh dari lokasi tempat wisata 5 tempat ibadah terdapat wahana watersport di tanjung benoa dan penangkaran penyu deluang sari atau lebih dikenal dengan nama pulau penyu tanjung benoa. Objek wisata terkenal lainnya yang dekat dengan kawasan puja mandala yakni pantai pandawa yang sedang populer dan ngehits di Pulau Bali.

Jadi jika kamu sedang berlibur di kawasan nusa dua dan bingung mencari tempat ibadah, datang saja ke tempat wisata puja mandala. Selain bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, kita bisa juga berwisata karena kompleks tempat ibadah ini sangat mempesona dengan bentuk bangunan yang sangat unik. Lokasi kompleks Puja Mandala berada di Jalan Kurusetra, Nusa Dua, Bali. 
Iklan