free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Kecamatan Mengwi Bali
T1/18/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Kecamatan Mengwi Bali

Iklan
Iklan

Mengwi merupakan nama sebuah kecamatan sekaligus nama desa di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Kecamatan yang memiliki luas wilayah sekitar 82 km² ini terbagi menjadi menjadi 15 Desa dan 5 Kelurahan yakni Abianbase, Baha, Buduk, Cemagi, Gulingan, Kapal, Kekeran, Kuwum, Lukluk, Mengwi, Mengwitani, Munggu, Penarungan, Pererenan, Sading, Sembung, Sempidi, Sobangan, Tumbak Bayuh, dan Werdi Bhuwana. Dari semua desa yang ada di Kecamatan Mengwi hanya Desa Pererenan, Desa Munggu, dan Desa Cemagi yang berbatasan dengan laut atau memiliki objek wisata pantai.

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Kecamatan Mengwi Bali
Tempat wisata di kecamatan Mengwi


Mengwi sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Bali menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dimasukan ke dalam agenda tour saat berlibur ke pulau yang mendapat julukan “pulau seribu pura” ini. Beberapa tempat wisata di Mengwi ada yang searah dengan tempat wisata di Bedugul dan ada juga yang searah dengan tempat wisata Tanah Lot. Bagi yang ingin mencari tempat wisata di Mengwi Badung, berikut admin rekomendasikan beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Pantai Seseh
Pantai Seseh sangat populer bagi pecinta surfing karena memiliki ombak yang sangat ideal untuk olahraga selancar. Pantai Seseh memiliki pantai yang berpasir hitam dengan panorama yang ditawarkan berupa suguhan pemandangan sunset yang sangat memukau mata pengunjung. Selain aktivitas selancar, pantai ini juga sangat cocok untuk kegiatan kitesurf karena pantai ini mempunyai gelombang besar dan berangin kencang. Pantai yang berjarak sekitar 9,2 km dari objek tanah lot ini berlokasi di Jalan Pantai Seseh, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Bagi yang akan berlibur ke Tanah Lot tidak salahnya mencoba untuk mengeksplor keindahan pantai yang satu ini.

2. Pantai Munggu
Karakteristik Pantai Munggu hampir sama seperti Pantai Seseh yang berpasir hitam. Pantai yang berada di berada di sebelah timur pantai Seseh ini juga menjadi incaran para surfer karena memiliki ombak yang sangat mendukung untuk “menarikan” papan surfing di tengah lautan. Selain itu, pesona yang ditawarkan sangat memukau mata ketika sang surya akan tenggelam dibalik barat cakrawala dunia.

3. Pantai Mengening
Pantai Mengening berada di sebelah barat dari Pantai Seseh, tepatnya berada di  Jalan Pantai Mengening, Banjar Adat Tempek Mengening, desa Cemagi, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung, Bali. Pantai Mengening menyuguhkan view dengan panorama pantai yang sangat unik dan suasananya mirip seperti pantai Tanah Lot, di mana juga terdapat sebuah pura yang berada ditengah batu karang seperti Purat Tanah Lot. Pemandangan di pantai ini sangat indah, apalagi pada saat terjadi sunset. Pantai ini relatif sepi dari kunjungan para turis, jadi bagi yang ingin mencari susasana pantai yang sepi dan tenang, pantai ini dapat dijadikan salah satu tujuan wisata alternatif di Bali.

4. Pantai Pererenan
Pantai berikutnya yang ada di Kecamatan Mengwi yakni Pantai Pererenan yang berlokasi di Jalan Pantai Pererenan, Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali. Bagi yang ingin mencari wisata pantai yang searah dengan Tanah Lot, bisa mengeksplor keindahan pantai Pereran. Apalagi kini pantai ini menjadi daerah pengembangan wisata untuk Kecamatan Mengwi. Untuk mempercantik kawasan ini, kini sudah berdiri patung megah yang menjulang tinggi di pinggir pantai, bernama Patung Gajah Mina yang menjadi ikon dari pantai ini. Pantai yang berpasir hitam ini memiliki area pantai yang luas dan landai sehingga sangat cocok untuk atraksi wisata naik kuda. Selain itu, pantai ini menyuguhkan keindahan alam pantai yang tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Di sekitar pantai juga terdapat jasa penyewaan kuda lho. Jadi, sambil menunggangi kuda, para wisatawan akan diajak menyusuri pantai pasir hitam yang eksotis dan melihat kapal-kapal milik para nelayan setempat yang dijajarkan dengan rapi. Deburan ombak yang silih berganti akan menambah indahnya pesona pantai ini. Pantai ini sangat mudah diakses dan berada berdekatan dengan objek wisata Tanah Lot.

5. Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun merupakan salah satu tempat wisata terkenal dan populer di Bali yang lokasinya berada di Jalan Ayodya No.10, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Pura Taman Ayun merupakan salah satu warisan dari kerajaan mengwi. Tempat wisata ini menjadi terkenal dan populer di kalangan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara karena lokasinya yang searah dengan perjalanan menuju tempat wisata Bedugul. Biasanya para wsiatawan yang akan berlibur ke Bedugul akan menyempatkan diri untuk mampir ke tempat wisata Taman Ayun Bali. Yang paling keren, UNESCO sebagai organisasi dunia di bidang pendidikan, pengetahuan, dan kebudayaan mengakui Pura Taman Ayun sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia. Bahkan tim penilai dari UNESCO mengagumi keasrian Pura Taman Ayun ini. Keunikan dari tempat suci umat Hindu ini adalah terdapat sebuah kolam ikan yang mengelilingi pura ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

6. Pura Puru Sada Kapal
Pura Puru Sada Kapal diakui sebagai situs cagar budaya dan peninggalan arkeologi. Keunikan tempat suci umat Hindu ini terletak pada candi bentar yang mirip dengan bangunan candi di Jawa Timur sehingga pura ini dikatakan ada keterkaitan pada masa kejayaan Majapahit. Biasanya para turis mancanegara sebelum mengunjungi Pura Taman Ayun akan mengunjungi Pura Pura Sada Kapal ini yang berlokasi di Jalan Soka, Banjar Pemebetan, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Jarak Pura Puru Sada Kapal dengan Pura Taman Ayun sekitar 4,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 9 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

7. Kolam Pancing D’dangin
Selain sebagai tempat untuk menyalurkan hobi memancing, kolam pancing D’dangin dapat digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga sekaligus rumah makan lho. Tempatnya sangat nyaman, asri, rindang dan bersih sehingga sangat cocok untuk santai bersama keluarga. Ada gazebo di dekat kolam untuk tempat nongkrong. Hasil pancingan yang pengunjung peroleh bisa dimasak di sini lho. Kolam pancing ini berada di Jalan Raya Abianbase No. 1, Desa Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Di kolam pancing ini tersedia jenis ikan lele, gurame, dan jenis ikan lainnya.

8. Desa Wisata Kapal
Desa Wisata Kapal merupakan salah satu desa wisata populer di Badung Bali. Yang menjadi keunikan dari desa wisata kapal ini adalah terdapat tradisi siat tipat (perang ketupat) dan tradisi Tradisi Mendak Paluh. Selain itu, Desa Kapal merupakan sentra pemasaran produk gerabah di Bali lho. Produk gerabah yang dipasarkan di Desa Kapal seperti kap lampu, pot bunga, asbak, dan benda yang berfungsi sebagai hiasan rumah seperti hiasan dinding dan patung.

9. Desa Wisata Baha
Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan asri yang menjadi daya tarik wisata desa ini, ada juga sekeha cak pria dan wanita sebagai wisata seni, pertunjukan Tari Legong dan tempat rekreasi memancing. Desa Baha juga kaya dengan aktivitas kerajinan seperti ukir-ukiran, anyam-anyaman, sarana upacara agama Hindu dan industri rumah tangga lainnya.

10. Desa Wisata Munggu
Desa Wisata Munggu mempunyai potensi wisata alam yaitu Pantai Munggu dan Pantai Seseh. Tradisi makotek adalah potensi wisata budaya yang terdapat di Desa Wisata Munggu ini. Makotek adalah tradisi bertolak bambu yang dilaksanakan setiap hari raya Kuningan. Acara ini semakin semarak, disaksikan banyak pengunjung baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Itu beberapa tempat wisata yang ada di Kecamatan Mengwi dan semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Kecamatan Mengwi Bali. Selain itu, sekitar kecamatan Mengwi juga terdapat tempat wisata populer dan terkenal lainnya di Bali seperti Pantai Batu Bolong, Alas Kedaton, Tanah Lot, Bali Swing Bongkasa, Sangeh Monkey Forest, Taman Mumbul, Tanah Wuk, dan Air Terjun Pengempu.
Iklan