free counter with statistics Bajra Sandhi, Tempat Wisata Paling Populer Di Denpasar
T4/28/2019

Bajra Sandhi, Tempat Wisata Paling Populer Di Denpasar

Iklan
Iklan

Denpasar sebagai Ibu Kota provinsi Bali tidak hanya sebagai pusat bisnis dan pemerintahan, tetapi juga sebagai tujuan wisata. Betapa tidak, di kota yang mendapat julukan Paris Van Bali ini  terdapat banyak destinasi wisata yang mampu menarik jutaan pelancong dari belahan dunia setiap tahunnya. Jadi kota denpasar tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan nusantara saja lho, turis mancanegara juga banyak yang mencoba menikmati indahnya kota Denpasar.

Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang ada di kota Denpasar adalah Museum Bajra Sandhi atau dikenal dengan nama “Monumen Perjuangan Rakyat Bali”. Jadi selain sebagai museum, tempat wisata ini merupakan sebuah monumen.
Bajra Sandhi, Tempat Wisata Paling Populer Di Denpasar
Screenshot Instagram

Tempat wisata yang berjarak sekitar 3,3 km dari pantai sanur ini memang benar-benar keren dan unik dengan bentuk atau arsitektur bangunan yang sangat ikonik. Begitu kita naik ke atas monumen ini melalui tangga yang berulir ini  pengunjung akan melihat kota denpasar dari atas yang penuh dengan bangunan plus pepohonan yang hijau di sela-sela bangunan. Di dalam museum ini pengunjung akan melihat sejarah Pulau Bali dari zaman prasejarah, zaman penajajah, hingga masa sekarang, yang tertuang ke dalam bentuk diorama-diorama. Juga terdapat koleksi foto-foto pendaratan tentara Belanda di Pulau Bali dan foto-foto perjuangan laskar Puputan yang dipimpin I Gusti Ngurah Rai. Selain itu, tepat di lantai paling bawah monumen ini terdapat museum I AM Bali. I AM Bali atau Interactive Art Museum Bali merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama kerabat dan keluarga.

Wisatawan asing yang berkunjung ke Monumen ini didominasi oleh wisatawan dari Negeri Tirai Bambu. Pada tahun 2017 monumen ini dikunjungi oleh wisatawan tiongkok mencapai rata-rata 300 orang perhari dan menurun pada tahun 2018 karena dampak dari erupsi Gunung Agung. Selain wisatawan dari Negeri Panda, tempat wisata Bajra Sandhi ini juga dikunjungi oleh pelajar dari berbagai sekolah di Nusantara karena monumen ini telah menjadi salah satu tujuan wisata pendidikan atau wisata edukasi di Bali.

Tiket masuk ke Museum Bajra Sandhi Renon harganya bervariasi. Untuk wisatawan mancanegara dikenakan tiket masuk Rp 50 ribu untuk orang dewasa dan untuk anak-anak sebesar Rp 25 ribu per orang. Sedangkan untuk wisatawan domestik dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25 ribu untuk orang dewasa, dan untuk anak-anak dikenakan tiket sebesar Rp 10 ribu per orang. Untuk tiket pelajar harganya jauh sangat murah, untuk mahasiswa tiket masuknya sebesar Rp 5 ribu dan pelajar sebesar Rp 2 ribu.

Bagi yang tidak ingin masuk ke dalam museum yang berada di Jalan Raya Puputan, pengunjung bisa juga menikmati pesona keunikan arsitektur musuem ini dari luar atau dari Lapangan Puputan Nitimandala Renon. Menikmati keindahan museum yang instagramable ini dari dari Lapangan Puputan Renon tidak dikenai biaya alias gratis, cukup bayar parkir kendaraan saja.

Di sosial media, khususnya pengguna Instargram, tempat wisata Bajra Sandhi Renon ini sangat populer. Bahkan pada akhir bulan April tempat wisata ini mendapat lebih dari 8,9 ribu kiriman dengan #bajrasandhi dan lebih dari 4 ribu kiriman dengan #bajrasandi di sosial media Instagram. Tempatnya sangat Instagramable membuat tempat wisata ini banyak digandrungi oleh kaula muda yang gemar hunting foto yang ingin selalu eksis di sosial media. Bahkan tempat wisata ini kerap kali diguanakan sebagai lokasi foto praweding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Tidak hanya diburu oleh anak muda lho, tempat ini sangat cocok untuk segala usia, karena sekitar tempat wisata ini tersedia area untuk bermain anak-anak dan bahkan untuk orang tua yang ingin rekreasi menghirup udara segar di tengah perkotaan yang super sibuk.

Selain di Lapangan Puputan Renon, ada lagi tempat wisata yang arsitekturnya mirip seperti museum Bajra Sandhi yakni Monumen Bajra Sandhi Mumbul yang berada di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, Banjar Mumbul, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Lokasinya dekat dengan objek wisata populer di Bali seperti objek wisata Nusa Dua dan pantai Jimbaran yang terkenal dengan kuliner khas lautnya.

Iklan