free counter with statistics Inilah 11 Desa Wisata Di Badung Wajib Dikunjungi
T4/15/2019

Inilah 11 Desa Wisata Di Badung Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Pulau yang berada di timur Pulau Jawa ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di dunia lho. Ini terbukti dari situs perjalanan TripAdvisor yang merilis daftar Top 25 Destinations Asia atau 25 Destinasi Terbaik di Asia, ternyata Bali masuk dalam peringkat pertama Destinasi Terbaik di Asia 2019. Keren bukan?

Bali sebagai destinasi wisata dunia saat ini sedang mengembangkan wisata desa sebagai tujuan wisata yang unik. Selain untuk menciptakan wisata kerakyatan, juga dipercaya sebagai bentuk komunikasi kebudayaan dari pariwisata Bali yang berbasis pariwisata budaya. Keindahan alam yang dipadukan dengan kakayaan budayanya, tentu dapat memikat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengisi liburannya ke Pulau Dewata. 
Inilah 11 Desa Wisata Di Badung Wajib Dikunjungi
Desa wisata di Badung Bali

Kabupaten Badung merupakan salah satu kabupaten dari 9 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bali yang mengembangkan desa wisata untuk menarik kunjungan turis. Pariwisata di Kabupaten Badung sangat terkenal di mancanegara karena pertanian, perikanan, dan kelautan yang bersinergi dengan budaya Bali yang unik. Sesuai Peraturan Bupati Badung Nomor 47 Tahun 2010 tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung terdapat 11 Desa Wisata yang semuanya terletak di kawasan Badung Utara (Kecamatan Petang) dan Badung Tengah (Kecamatan Mengwi dan Abiansemal). Berikut admin bagikan 11 desa wisata yang ada di Kabupaten Badung Bali.

1. Desa Pangsan
Desa Wisata Pangsan menawarkan keunikan tradisinya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi turis. Di desa wisata ini wisatawan dapat melihat, mempelajari, ikut merasakan bagaimana masyarakat melaksanakan beberapa upacara adat seperti Upacara Lampad (sebuah nasi yang berisikan bahan-bahan vegetarian yang dipersembahkan pada saat hari purnama di Pura Penataran Agung), Upacara Ngenar (upacara menanak bubur oleh anak-anak yang masih berusia 9 sampai 10 tahun di Pura Puseh Pingit), Upacara Dahe Teruna (upacara bagi anak yang akan mulai beranjak dewasa), dan Tradisi Nyerahane Saye (upacara serah terima petugas pembantu kelihan). Selain menawarkan keunikan tradisinya, desa wisata Pangsan juga memiliki tempat wisata alam yang sangat keren. Di sini wisatawan bisa bermain arung jeram, trekking dan cycling yang sangat menarik.

2. Desa Petang
Desa Petang memiliki pemandangan alam yang indah, arung jeram, kawasan luar Pura Pucak Tedung, dan air terjun Nungnung. Desa Petang juga terkenal dengan wisata agronya, serta atraksi trakking yang sangat asri di tengah perkebunan yang melewati jalur – jalur wisata sejarah hingga ke pura puncak Tedung.

3. Desa Pelaga
Desa Wisata Pelaga terkenal dengan agrowisatanya yang sering disebut sebagai Bagus Agro Pelaga. Di sini wisatawan bisa beriteraksi langsung dengan para petani dalam mengolah perkebunannya, mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pemetikan. Berbagai macam tanaman ada disini, mulai dari aneka bunga, sayur-sayuran dan buah buahan. Kawasan ini juga mempunyai pemandangan yang indah dan alami dengan udara pegunungan yang menyegarkan. Selain perkebunan yang menjadi daya tarik, kawasan pucak Mangu juga sebagai jalur trakking yang sangat populer dikalangan wisatawan, karena keindahan alamnya yang masih hijau. Di desa ini juga terdapat sebuah jembatan Tukad Bangkung, yang digadang-gadang sebagai jembatan tertinggi di Asia Tengara.

4. Desa Belok
Desa Belok mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona, perkebunan kopi dan bunga. Masyarakat menjadikan sawah mereka kebun bunga gumitir yang tak hanya untuk dipanen dan dijual hasilnya untuk kebutuhan sesajen dan hiasan tetapi juga menjadi daya tarik wisata. Kopi dari Banjar Lawak, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, ternyata memiliki kualitas yang tak kalah dengan hasil produksi dari daerah lain. Terbukti hasil produksi petani setempat telah merambah pasar dunia.

5. Desa Carangsari
Di Desa Carangsari terdapat monumen pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang menjadi destinasi wisata. Monumen ini dibuat untuk mengenang jasa kepahlawanan beliau dalam membela tanah air ini dalam mengusir penjajah. Selain monumen, di desa ini juga terdapat atraksi berwisata naik gajah sumatra dengan melewati hutan, sawah, dan alam yang asri. Di sini pengunjung juga bisa melihat gajah mandi pada pagi dan sore hari yang ditemani oleh pawang gajah. Bagi yang suka dengan wisata arung jeram, di desa ini juga menyediakan jasa rafting di Sungai Ayung. Lokasi: Desa Carangsari, Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Bali.

6. Desa Bongkasa Pertiwi
Desa Bongkasa Pertiwi merupakan desa yang berbukit dan sejuk dengan alam asri dan juga memiliki hamparan sawah yang luas dan berterasering. Untuk mendukung sebagai desa wisata yang menarik maka dibuatkan jalan untuk ATV rider dengan panorama persawahan, perkebunan, dan tebing sungai Ayung. Uniknya, di desa ini juga menawarkan destinasi wisata ayunan dengan ketinggian mencapai 35 meter. Di sini juga ada atraksi wisata lainnya seperti paint ball, rafting di sungai ayung, dan kerajinan perak.

7. Desa Sangeh
Desa Wisata Sangeh terkenal akan desatinasi wisata yang bernama Monkey Forest Sanur yakni berupa wisata alam berupa hutan pala yang dihuni oleh kera serta jalur trekking. Seni tari, seni tabuh, seni ukir, seni anyaman, Pura Bukit Sari merupakan atraksi wisata budaya, sedangkan atraksi wisata buatan di desa Wisata Sangeh ini adalah wisata kuliner dan memancing. Selain hutan palanya, desa ini juga menyajikan wisata lembah yang benawan hati di Tanah Wuk dan sebuah taman yang ada tempat sucinya di tengah kolam yang bermana Taman Mumbul.

8. Desa Baha
Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan asri, desa Baha terdapat kesenian cak pria dan wanita, pertunjukan tari legong dan tempat rekreasi memancing. Desa Baha juga kaya dengan aktivitas kerajinan seperti ukir-ukiran, anyam-anyaman, sarana upacara agama Hindu dan industri rumah tangga lainnya.

9. Desa Kapal
Yang menjadi keunikan dari desa kapal ini adalah terdapat tradisi siat tipat (perang ketupat) dan tradisi Tradisi Mendak Paluh. Sedangkan tempat wisata yang terkenal di desa ini adalah Pura Puru Sada Kapal serta Pasar Seni Kapal.

10. Desa Mengwi
Desa Mengwi terkenal dengan destinasi wisata Pura Taman Ayun, di mana tempat suci umat Hindu ini memiliki sebuah kolam air yang dihuni ikan yang sangat indah. Di tempat wisata Taman Ayun terdapat botanical garden, kebun buah dan bunga yang bermanfaat untuk sarana upacara. Di desa ini juga terdapat hamparan sawah yang masih menerapkan sistem subaknya. Selain itu, kawasan luar Pura Taman Ayun yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

11. Desa Munggu
Desa Wisata Munggu mempunyai potensi wisata alam yaitu Pantai Munggu dan Pantai Seseh. Tradisi makotek adalah potensi wisata budaya yang terdapat di Desa Wisata Munggu ini. Makotek adalah tradisi bertolak bambu yang dilaksanakan setiap hari raya Kuningan. Acara ini semakin semarak, disaksikan banyak pengunjung.

Nah itu desa wisata yang ada di Kabupaten Badung yang mungkin bisa dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata unik dan menarik di Bali khususnya di Kabupaten Badung. Semoga liburan di Bali menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.
Iklan