free counter with statistics Inilah 3 Pantai Di Denpasar Timur Yang Wajib Dikunjungi
T10/08/2019

Inilah 3 Pantai Di Denpasar Timur Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Denpasar Timur merupakan kecamatan yang berada di Kota Madya Denpasar, Bali. Kecamatan yang memiliki luas wilayah sekitar 22,32 km² atau 2.232 Ha ini terdiri dari 7 Desa dan 4 Kelurahan yakni Desa Dangin Puri Klod, Desa Penatih Dangin Puri, Desa Sumerta Kaja, Desa Sumerta Kauh, Desa Kesiman Kertalangu, Desa Sumerta Klod, Desa Kesiman Petilan, Kelurahan Dangin Puri, Kelurahan Kesiman, Kelurahan Penatih, dan Kelurahan Sumerta.

Kecamatan Denpasar Timur terletak di bagian timur Kota Denpasar dengan batas-batas wilayah sebagai berikut.
Utara     : Denpasar Utara dan Abiansemal.
Timur    : Desa Batubulan
Selatan : Selat Bali dan Denpasar Selatan.
Barat     : Denpasar Barat.

Ditinjau dari segi topografi keadaan geografis kecamatan Denpasar Timur secara umum miring ke arah selatan dengan ketinggian berkisar antara 0 – 75 meter dari permukaan laut. Dengan kemiringan seperti itu dan berbatasan dengan laut tentunya kecamatan Denpasar Timur memiliki potensi wisata alam pantai yang mampu menarik kunjungan wisatawan. Bagi yang ingin mencari tempat wisata pantai di Denpasar Timur, berikut admin bagikan dan rekomendasikan 3 pantai di Denpasar Timur yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Biaung
Pantai Biaung merupakan pantai pasir hitam yang berada di ujung timur kota Denpasar dan merupakan pembatas antara kabupaten Gianyar dengan kota Denpasar, di mana sebelah timurnya terdapat pantai Lembeng yang merupakan milik dari kabupaten Gianyar. Pantai yang berlokasi di Banjar Biaung, Desa Kesiman Kertalangu ini sangat cocok untuk aktivitas bermain surfing karena memiliki ombak yang cukup bagus. 
Inilah 3 Pantai Di Denpasar Timur Yang Wajib Dikunjungi
Pantai Biaung

Pantai ini juga memiliki area pantai yang cukup luas sehingga cocok untuk kegiatan bermain layang-layang. Di dukung oleh arus angin yang cukup kencang maka di tempat ini sering diadakan kegiatan lomba layang-layang yang diadakan tiap tahunnya. Pesona pantai pasir hitamnya juga sangat menawan dan tentunya masih alami.

2. Pantai Tangtu
Nama pantai Tangtu kurang begitu populer bagi para traveler, namun sangat terkenal bagi pemancing mania, karena di sini terdapat banyak spot memancing. Pantai ini merupakan tempat bermuara sungai Ayung, sehingga sangat cocok untuk kegiatan memancing sambil menikmati indahnya panorama pantai yang sungguh menawan dengan latar belakang Pura Campuhan Segara Windu. Hampir setiap hari kawasan ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pemancing mania yang mencoba keberuntungannya melempar kail. 
Inilah 3 Pantai Di Denpasar Timur Yang Wajib Dikunjungi
Pantai Tangtu

Di area ini juga terdapat pertemuan antara laut dengan hilir sungai Ayung yang namanya “campuhan”, sehingga banyak warga yang bedatangan ke lokasi ini untuk “membersihkan diri” dari segala kesialan maupun penyakit. Lokasi pantai Tangtu berada di Jalan Pucuk Bang, Banjar Tangtu, Desa Kesiman Kertalangu.

3. Pantai Padang Galak
Pantai Padang Galak memiliki pasir yang berwarna hitam nan mempesona. Untuk menghindari dampak abrasi yang kian meluas, maka pemerintah setempat membeton pantai tersebut dipingirnya. Walaupun dibeton, pantai Padang Galak tidak hilang keindahannya. Beton-benton penahan abarsi sepanjang pantai Padang Galak diberi paving sehingga bisa dijadikan sebagai tempat jogging track untuk memeras keringat di pagi dan sore hari. Sekitar bulan Juli-September tiap tahunnya, pantai ini digunakan untuk mengadakan Festival Layang-Layang Bali. 
Inilah 3 Pantai Di Denpasar Timur Yang Wajib Dikunjungi
Pantai Padang Galak

Selain itu, bagi pecinta surfing, pantai ini sangat cocok digunakan sebagai tempat surfing karena ombaknya cukup “galak” bagi pecinta surfing. Hampir tiap hari kita melihat wisatawan melakukan aktivitas surfing di pantai ini. Selain surfing, pantai ini sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit tiap pagi dan sekedar duduk-duduk pada sore hari. Tidak jauh dari pantai, ada tempat wisata unik dan menyeramkan yang bernama Taman Festival Bali. Taman ini ini tidak terurus sehingga tampak terbengkalai dan menyeramkan namun sangat bagus sebagai lokasi untuk berfoto-foto untuk mendapatkan hasil foto yang unik. Pantai Padang Galak beralamat di Jalan Pantai Padang Galak, Padang Galak, Desa Kesiman.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan bagi yang mencari tempat wisata pantai di Denpasar Timur. Selain memiliki pantai sebagai daya tarik wisata, kecamatan ini juga memiliki tempat wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti Bali Orchid Garden, Taman Gong Perdamaian, Desa Budaya Kertalangu, Big Garden Corner, Patung Titi Banda dan Pertunjukan Tari Baring di Waribang.

Refrensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Denpasar_Timur,_Denpasar
https://denpasarkota.go.id

Iklan