free counter with statistics Inilah Desa Wisata Di Kecamatan Mengwi Badung Bali
T11/11/2019

Inilah Desa Wisata Di Kecamatan Mengwi Badung Bali

Iklan
Iklan

Mengwi merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Badung yang terbagi menjadi 20 desa yakni Abianbase, Baha, Buduk, Cemagi, Gulingan, Kapal, Kekeran, Kuwum, Lukluk, Mengwi, Mengwitani, Munggu, Penarungan, Pererenan, Sading, Sembung, Sempidi, Sobangan, Tumbak Bayuh, dan Werdi Bhuwana. Dari 20 desa yang ada di kecamatan Mengwi, sudah ditetapkan sebanyak 4 desa sebagai desa wisata berdasarkan Peraturan Bupati Badung Nomor 47 Tahun 2010 tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung.

Dengan adanya desa wisata ini, diharapkan dapat meningkatkan junjungan wisatawan ke Bali khususnya ke Kabupaten Badung. Adapun desa yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata di kecamatan Mengwi yakni sebagai berikut.

1. Desa Baha
Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan asri berupa panorama persawahan yang luas menghijau, desa Baha memiliki kesenian cak pria dan wanita, pertunjukan tari Legong dan tempat rekreasi memancing. Desa Baha juga kaya dengan aktivitas kerajinan seperti ukir-ukiran, anyam-anyaman, sarana upacara agama Hindu dan industri rumah tangga lainnya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

2. Desa Kapal
Yang menjadi keunikan dari desa kapal ini adalah terdapat tradisi siat tipat (perang ketupat) dan tradisi Tradisi Mendak Paluh yang banyak diminati oleh wisatawan asing. Perang Ketupat ini digelar setiap satu tahun sekali bertepatan dengan Purnama Kapat. Sedangkan tempat wisata yang terkenal di desa ini adalah Pura Puru Sada Kapal serta Pasar Seni Kapal. Desa Kapal juga merupakan sentra pemasaran produk gerabah di Bali. Berbagai jenis gerabah dijual di desa ini.

3. Desa Mengwi
Desa Mengwi terkenal dengan destinasi wisata Pura Taman Ayun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Uniknya, Pura Taman Ayun ini memiliki sebuah kolam air yang sangat bagus sebgai latar belakang berfoto selfie. Di tempat wisata Taman Ayun juga terdapat botanical garden, kebun buah dan bunga yang bermanfaat untuk sarana upacara. Di desa ini juga terdapat hamparan sawah yang masih menerapkan sistem Subak untuk sistem irigasinya. Selain itu, kawasan luar Pura Taman Ayun yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.
Inilah Desa Wisata Di Kecamatan Mengwi Badung Bali
Pura Taman Ayun

4. Desa Munggu
Desa Wisata Munggu mempunyai potensi wisata alam yaitu Pantai Munggu dan Pantai Seseh yang sangat bagus untuk kegiatan surfing karena memiliki ombak yang cukup besar. Tradisi Makotek adalah potensi wisata budaya yang terdapat di Desa Wisata Munggu ini. Makotek adalah tradisi bertolak bambu yang dilaksanakan setiap hari raya Kuningan. Tradisi ini mampu menarik kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Acara ini semakin semarak dan disaksikan oleh banyak pengunjung.

Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mencari desa wisata di kabupaten Badung khsususnya di kecamatan Mengwi.
Iklan