free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Pura Paling Indah Di Bali
T11/11/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Pura Paling Indah Di Bali

Iklan
Iklan

Pulau Bali dikenal dengan julukan sebagai “The Island of Gods” karena kentalnya budaya Hindu, seperti banyaknya sesaji yang dipersembahkan untuk dewata penjaga di berbagai tempat di Bali. Tidak mengherankan jika hampir setiap hari kita akan jumpai penganut Hindu di Bali melakukan persembahan kepada para dewa untuk menjaga kedamaian pulau Bali. Selain itu, Pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa ini juga dikenal dengan julukan “The Island of Thousand Temples”. 
Inilah 10 Tempat Wisata Pura Paling Indah Di Bali
Pura di Bali

Pulau Bali mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Pura karena hampir tiap pekarangan rumah penduduk yang beragama Hindu di Bali terdapat sebuah pura. Ketika kita pergi ke suatu tempat di Bali pasti terlihat bangunan pura juga. Bahkan beberapa pura yang ada di Bali sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pura menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Bali. Bagi yang ingin mencari tempat wisata pura paling indah di Bali, admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat suci umat Hindu berikut ini.

1. Pura Taman Saraswati
Pura Taman Saraswati berlokasi di Ubud tepatnya di Jalan Kajeng. Sesuai dengan namanya, tempat suci ini khusus untuk memuja Dewi Saraswati atau dewi ilmu pengetahuan. Keunikan tempat suci ini adalah terdapat kolam dengan hamparan bunga teratai yang menghiasainya. Kolam ini kerap kali digunakan sebagai lokasi berfoto dengan latar belakang candi atau gapura pura sehingga hasil jepretan sangat ciamik dan instagenik. Pura ini juga memiliki panggung pemantasan Tari Kecak yang dikelilingi oleh kolam teratai. Bagi yang ingin menonton Tari Kecak, jadwal pementasannya setiap hari selasa dan kamis, yang dimulai pada pukul 19.30 waktu setempat.

2. Pura Uluwatu
Keunikan dari Pura Uluwatu ini adalah lokasinya berdiri di atas batu karang terjal dan tinggi, posisi karang ini menjorok ke samudra Indonesia yang biru. Kawasan wisata ini sangat populer di sosial media, khususnya pengguna Instagram. Momen-momen paling indah adalah ketika matahari akan terbenam, di mana pura ini akan terlihat elok dengan latar belakang sang surya akan tenggelam di balik cakrawala dunia, bahkan kawasan ini dikatakan sebagai tempat melihat sunset terbaik di Bali.

3. Pura Luhur Lempuyang
Belakangan ini Pura Luhur Lempuyang sedang viral di sosial media, karena banyak para traveler yang menggunggah foto tentang tempat suci ini. Pura yang berlokasi di Desa Adat Purwa Ayung, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem ini memang unik, di mana pengunjung akan disajikan keunikan arsitektur sebuah tempat suci Umat Hindu dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang menjulang tinggi nan memukau mata.

4. Pura Besakih
Pura Besakih merupakan tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Bali, bahkan tempat suci ini mendapat julukan The Mother of Temple. Tempat suci ini tepat berada di lereng barat daya Gunung Agung tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Di sini banyak terdapat tempat suci peribadatan umat Hindu yang unik dan menarik untuk dikunjungi yang bisa digunakan sebagai lokasi untuk pengambilan foto yang instagramable banget.

5. Pura Ulun Danu Beratan
Tempat wisata pura yang satu ini memang sangat indah dengan keunikannya yang berdiri di tengah-tengah danau terbesar kedua di Bali yakni Danau Beratan. Pura yang berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ini memang menawarkan keindahan yang luar biasa ditambah lagi dengan panorama danaunya yang indah.

6. Pura Jati Batur
Tempat suci umat Hindu ini sekilas mirip seperti Pura Ulun Danu Beratan di bedugul Bali. Lokasinya yang berada di tepian barat daya Danau Batur ini terlihat begitu cantik dan penuh pesona. Keberadaan Pura Jati Batur ini memang belum begitu populer sebagai tujuan wisata, namun akhir-akhir ini banyaknya warganet yang posting di sosial media akan panorama alam yang ditawarkan, baik itu warga yang berkunjung karena upacara persembahyangan ataupun mereka yang sengaja wisata ke tempat ini.

7. Pura Tanah Lot
Siapa yang tidak kenal dengan Pura Tanah Lot yang berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali ini. Kawasan wisata ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik wistawan domestik maupun mancanegara. Tempat suci ini memang unik karena berdiri di pingir pantai agak ke tengah laut, jika air laut sedang pasang, pura ini seakan-akan terpisah dengan lautan. Sedangkan jika air laut sudah mulai surut, daratan yang menghubungkan pura ini akan terlihat. Ketika sore hari menjelang sang surya akan terbenam, tempat suci ini akan terlihat indah dengan latar belakang matahari yang memancarkan sinarnya yang kemerah-merahan. Lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai objek fotografi maupun praweding.

8. Pura Taman Ayun
Tempat suci ini sangat terkenal karena lokasinya yang searah dengan perjalanan ke objek wisata Bedugul. Pura yang berada di Jalan Ayodya No.10, Kecamatan Mengwi ini merupakan salah satu pura warisan dari Kerajaan Mengwi. Keunikan yang dimiliki dari pura ini adalah terdapat sebuah kolam ikan yang mengelilingi pura ini. Tempat suci ini sangat bagus sebagai lokasi untuk berfoto, karena sangat Instagramable banget.

9. Pura Tirta Empul
Di sini pengunjung akan disajikan uniknya kawasan pura dengan aktivitas warga yang memersihkan diri (melukat) di area pemadian dengan air yang disucikan. Wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus menggunakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Pura yang berada di Jalan Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring ini memiliki banyak spot untuk berfoto-foto dengan hasil jepretan yang sangat ciamik.

10. Pura Taman Kelenting Sari
Pura Taman Kelenting Sari berada di Pulau Menjangan yang masih satu kawasan dengan Taman Nasional Bali Barat. Pura yang lokasinya berada di ujung pulau ini menghadap ke arah Pulau Jawa berlatar belakang Gunung Ijen. Patung Ganesha setinggi 15 meter berdiri kokoh di ujung pulau ini yang menambah daya tarik tempat wisata ini.
Iklan