free counter with statistics Inilah 10 Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Bali Selain Pantai
T11/11/2019

Inilah 10 Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Bali Selain Pantai

Iklan
Iklan

Bali tidak hanya mendapat julukan “The Island of Thousand Temples” karena di pulau ini terdapat banyak sekali tempat suci umat Hindu, tetapi juga mendapat julukan “The Morning of The World atau paginya dunia karena keindahan suasana pagi hari dengan indahnya sang mentari terbit. Mentari pagi di Pulau Bali memang sangat indah, tidak mengherankan jika keindahan matahari terbitnya menjadi incaran para pelancong, baik pelancong mancanegara maupun nusantara. 
Inilah 10 Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Bali Selain Pantai
Pesona sunrise di Bali

Salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Bali adalah dari pantai. Bali memiliki banyak sekali pantai yang mampu menyuguhkan pesona matahari terbit yang sangat indah seperti pantai Sanur, Pantai Nusa Dua, Pantai Candidasa, dan Pantai Serangan. Tempat untuk menikmati indahnya matahari terbit di Bali tidak hanya di pantai doang lho. Berikut admin bagikan 10 tempat melihat sunrise terbaik di Bali selain pantai.

1. Bukit Asah
Tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali yang berada di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem. Bukit Asah atau dikenal juga dengan nama Taman Harmoni Bali ini merupakan tempat wisata baru di Karangasem. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam perbukitan yang sangat sedap dipandang mata, Bukit Asah merupakan tempat melihat sunrise terbaik di Bali. Untuk bisa melihat keindahan matahari terbit di sini pengunjung bisa mendirikan tenda atau kemping. Di sini ada dua tempat untuk mendirikan tenda, yakni di atas tebing dan di dekat pulau paus. Jika tidak membawa perlengkapan kemah, di sini ada jasa penyewaan tenda dengan harga yang terjangkau plus kayu bakar untuk membuat api unggun.

2. Gunung Abang
Gunung Abang memiliki ketinggian 2.152 meter dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi ketiga di Bali. Gunung Abang atau ada yang menyebut dengan nama Bukit Abang merupakan bukit yang berupa hutan basah dan didominasi oleh cemara. Untuk bisa melihat indahnya matahari terbit dari puncak gunung Abang pendakian sebaiknya dilakukan pada pukul 02.00 dini hari. Agar tidak repot-repot melakukan pendakian di pagi-pagi buta, akan lebih baik jika melakukan kemah di puncak Gunung Abang. Di sini tersedia tanah yang lapang untuk mendirikan tenda. Pagi hari pengunjung akan disuguhkan dengan panorama sekitar gunung Abang yang sangat keren dengan kabut-kabut tipis plus pancaran sinar matahari yang lembut.

3. Gunung Batur
Tidak hanya di Gunung Abang, tempat melihat sunrise terbaik di Bali selain pantai adai di puncak Gunung Batur. Gunung Batur memiliki ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut, sehingga cocok didaki oleh orang yang belum pernah mendaki gunung. Keindahan matahari terbit dari puncak gunung batur banyak diburu oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk bisa menikmati keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Batur, para pendaki harus melakukan pendakian pukul 04.00 dini hari. Dari puncak Gunung Batur, para pendaki akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa pemandangan Gunung Agung, Gunung Abang bahkan Gunung Rinjani di pagi hari yang sangat ciamik. Danau Batur juga akan terlihat dari atas dengan indahnya.

4. Bukit Cinta Pinggan
Tempat wisata Bukit Cinta Pinggan berada di Kintamani tepatnya di Desa Pinggan. Tempat ini kini sedang viral di sosial media karena tempatnya sangat Instagramable banget. Banyak pengguna Instagram yang mengunggah hasil jepretan tentang bukit cinta pinggan ini. Selain memiliki pesona alam yang sangat ciamik, Bukit Cinta Pinggan merupakan spot melihat sunrise terbaik di Bali. Pagi hari kita akan disuguhkan keindahan matahari terbit dengan siloet tiga gunungnya yakni Gunung Agung, Gunung Abang, dan Gunung Batur.

5. Bukit Cemara
Tempat wisata bukit Cemara berada di Desa Yeh Kori, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Pagi hari, para wisatawan yang mengunjungi tempat ini akan melihat panorama matahari terbit yang sangat spektakuler. Untuk bisa menikmati fenomena sunrise, terlebih dahulu harus mendirikan tenda untuk berkemah di bukit ini.

6. Sukawana Sunrise Spot
Sesuai dengan namanya, Sukawana Sunrise Spot merupakan tempat melihat indahnya sunrise. Untuk bisa melihat indahnya sunrise di tempat ini, pengunjung bisa berkemah di sini. Selain suguhan matahari terbitnya, kemah di Sukawana Sunrise Spot juga akan melihat melihat perkebunan jeruk dan aneka bunga yang sangat indah. Tidak hanya untuk kemah, tempat ini cocok untuk tempat swafoto dengan latar belakang Gunung Batur karena sudah disediakan anjungan dan gazebo. Tempat wisata ini berlokasi di Banjar Paketan, Desa Sukawana, Kintamani.

7. Bukit Sari Songan
Sesuai dengan namanya, tempat melihat sunrise di Bali yang satu ini berada di Banjar Bukit Sari, Desa Songan, Kintamani. Bukit Sari berada di antara Gunung Batur dan Danau Batur berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan di sekitar kawasan Pura Ulun Danu Batur. Jika cuaca sangat mendukung, pada pagi hari kombinasi pemandangan yang memukau di Bukit Sari akan tersaji. Tempat ini sangat bagus untuk berkemah, karena sudah tersedia tanah lapang untuk mendirikan tenda dengan panorama Danau Batur dan Gunung Batur.

8. Bukit Surga Nampo
Spot melihat sunrise berikutnya ada di Bukit Surga Nampo yang berlokasi di Banjar Tanahampo, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem. Tempat ini sekarang lagi viral di sosial media karena pesonanya bak surga lho. Para traveler yang mengunjungi Bukit Surga Nampo ini akan ditawarkan panorama alam perbukitan yang indah dan masih alami. Dengan view persawahan yang luas dan perkebunan yang mengijau, lautan luas membentang di sebelah tenggara. Pagi hari pengunjung akan disajikan pemandangan matahari terbit yang sangat spektauler. Bagi yang ingin menikmati suasana sunrise yang sangat indah, bisa dilakukan dengan cara mendirikan tenda atau berkemah di sini. Di sini ada jasa penyewaan tenda dengan harga yang terjangkau.

9. Bukit Mencol
Nama bukit yang berada di Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem ini sangat unik. Bukit ini memiliki hamparan rumput hijau dan alamnya masih sangat alami dengan hawa udara yang sangat segar. Selain memiliki bentang alam yang sangat indah, Bukit Mencol merupakan tempat melihat sunrise yang sangat elok.

10. Bukit Cinta Karangasem
Dari atas perbukitan yang dihiasi dengan hijaunya ilalang yang tumbuh subur kita bisa memandang indahnya gunung Agung yang menjulang tinggi. Perpaduan antara gunung tertinggi di Bali dengan sawah berundak-undak sungguh pemandangan bak lukisan. Tempatnya sangat keren banget, tentunya pengguna Instagram wajib ke sini karena tempatnya sangat instragramable banget lho. Pagi hari pengunjung akan disuguhkan dengan pesona matahari terbit yang sangat indah yang berpadu dengan pesona gunung Agung yang menjulang tinggi. Lokasi tempat wisata ini berada di Lingkungan Pangi, Kelurahan Karangasem dan dekat dengan Taman Tirta Gangga.

Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mencari tempat melihat sunrise terbaik di Bali selain pantai. Perlu diperhatikan, untuk bisa melihat pesona matahari terbit dengan sempurna, datanglah pada musim-musim kemarau.
Iklan