free counter with statistics Tempat Wisata Alam Jatiluwih Tabanan Bali
T5/10/2013

Tempat Wisata Alam Jatiluwih Tabanan Bali

Iklan
Iklan
Anda bosan dengan suasana perkotaan dengan hiruk piruknya yang mebisingkan? Anda ingin menikmati alam pedesaan dengan sawah yang berundak-undak dan hutannya yang asri? Tempat yang harus anda tuju jika datang ke Bali adalah Desa Jati Luwih. Objek wisata Jati Luwih terletak di Desa Jati Luwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia. Jaraknya kira-kira 40 km dari kota Tabanan dan 60 km dari kota Denpasar. Kenapa harus Jati Luih?



Objek wisata alam di Jati Luwih menyajikan panorama keindahan alam yang sungguh mempesona. Kawasan ini memiliki hawa sejuk karena berada di ketinggian 7 km di atas permukaan laut. Jadi anda sudah dapat membayangkan bagaimana asrinya tempat ini dan adem hawa udaranya. Objek wisata alam Jati Luwih dengan latarnya pesawahan yang berundak-undak (terasering), sehingga anda akan merasa nyaman untuk beristirahat melepaskan kepenatan anda. Anda juga bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman-teman anda. Tapi ingat, selama melakukan kegiatan treking anda harus ditemani oleh seorang pemandu wisata agar nantinya tidak tersesat. Lokasi ini sangat cocok melakukan kegiatan treking sambil menikmati pemandangan sawah yang berundak-undak. Sejauh mata memandang hanya persawahan memukau yang bisa anda lihat, sehingga setiap harinya hampir ada saja wisatawan yang berkunjung ke Desa Jati Luwih untuk menikmati  keindahan dan keasriannya.
 
Selain menyajikan berbagai keindahan alam yang menarik dan sangat indah, di Jati Luwih juga menyimpan berbagai potensi budaya, misalnya peristiwa pembangunan sebuah pura yang ada kaitannya dengan kekuasaan Raja Dalem Waturenggong di Keraton Gelgel di Klungkung (1460-1551). Di pura tersebut, setiap 210 hari sekali atau tepatnya pada hari Rabu Kliwon Ungu selalu diperingati sebagai hari upacara Petoyan dengan menggelar tarian Wali Pendet yang bersifat sakral.
 
Jangan anda mengira kalau objek wisata ini baru saja terkenal di mancanegara, melainkan sudah terkenal sejak masa penjajahan Belanda. Objek wisata Jati Luwih sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mampu mendukung kenyamanan pengunjung, misalnya tempat parkir yang lumayan luas, bale bengong yang diperuntukkan secara khusus bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitar sambil bersantai, dan wantilan untuk sarana istirahat. Jika anda ingin menikmati kuliner bali maka di Jati Luwih sudah disiapkan beberapa retaurant yang siap memanjakan lidah pengunjung.
 
Untuk menuju ke Jati Luwih bisa masuk lewat pertigaan Pacung menuju Jati Luwih, demikian juga bisa dilalui dari barat lewat objek wisata Yeh Panes Penatahan kemudian ke Pura Batukaru lanjut ke Jati Luwih. Bagaimana? Anda Tertarik? Silahkan persiapkan diri Anda untuk berwisata ke Desa Jati Luwih. Demikian postingan Tim Long Trip Mania tentang objek wisata Jati Luwih. Semoga jadi bahan informasi bagi anda yang ingin berwisata ke daerah Kabupaten Tabanan, Bali.
Iklan