T10/05/2016

Tempat Wisata Dermaga Serangan Bali

Berkunjung ke Pulau Seranga Bali tidak hanya disuguhkan dengan keindahan pantai Serangan yang eksotis, tetapi juga keindahan dermaga Serangan. Dermaga Serangan merupakan tempat penyeberangan dari Bali ke Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Bagi yang ingin menikmati indahnya alam dan kultur di Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan bisa melalui dermaga ini. Selain itu, dermaga ini juga digunakan sebagai jalur penyeberangan menuju ke pulau Lombok seperti Gili Trawangan, Teluk Nara, dan Gili Air 
Tempat Wisata Dermaga Serangan Bali
Dermaga Serangan Bali

Tidak hanya digunakan untuk tempat menaikan dan menurunkan penumpang yang ingin menyeberang, tetapi digunakan sebagai tempat wisata. Di sini kita bisa berfoto-foto dengan latar dermaga. Di dermaga ini terdapat enam buah patung dengan mengambil bentuk seorang nelayan dan petani rumput laut. Patung ini mencirikan kondisi demografis dari pulau Serangan, di mana sebagian besar penduduknya sebagai nelayan dan petani rumput laut. 

Dermaga ini memiliki panjang kurang lebih 20 meter dan menjorok ke laut kira-kira 15 meter. Dermaga Serangan ini dapat dikatakan sebagai dermaga apung (dermaga ponton) karena sebagian dari dermaga ini mengapung dan terbuat dari ponton. Jika Anda ingin jalan-jalan ke dermaga ini, siapkan fisik anda karena dermaga ini bergoyang naik turun akibat dari gelombang laut. Pastikan diri Anda tidak mabuk saat menghadapi dermaga yang naik turun.
Dermaga Serangan Bali
Dermaga Seranga Bali

Dari dermaga ini kita juga bisa melihat tingginya gunung Agung di kabupaten Karangsem dan indahnya hutan mangrove di kawasan Suwung. Tidak jauh dari dermaga ini terdapat tempat konservasi dan pendidikan penyu. Di sini kita bisa melihat kehidupan para penyu dari bertelur hingga dewasa. Pada hari-hari tertentu kita juga bisa berinteraksi secara langsung dalam pelepasan anak-anak penyu (tukik) ke laut lepas.

Lokasi dan Cara Akses Ke Dermaga Serangan
Lokasi tempat wisata Dermaga Serangan terletak Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kotamadya Denpasar, Bali. Dari pusat kota Denpsar kira-kira berjarak 11 km untuk menuju pantai Serangan, sedangkan dari Bandara Ngurah Rai kira-kira berjarak 13 km atau dengan waktu tempuh 24 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor (Silahkan lihat map di bawah ini).
Untuk dapat mencapai dermaga Serangan ini Anda harus masuk wilayah BTID (Bali Turtle Island Development), melalui jalan beraspal di pinggir sungai yang sebelumnya harus membayar biaya karcis masuk sebesar Rp.2000,00 per orang.

0 Response to "Tempat Wisata Dermaga Serangan Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif