free counter with statistics Tempat Wisata Taman Werdhi Budaya (Art Center) Denpasar Bali
T7/28/2017

Tempat Wisata Taman Werdhi Budaya (Art Center) Denpasar Bali

Iklan
Iklan
Menikmati liburan ke pulau Bali, merupakan pilihan yang sangat tepat, karena selain memiliki bentang alam yang sangat menawan sudah terkenal hingga ke luar negeri, juga memiliki seni dan budaya yang unik dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Taman Werdhi Budaya merupakan salah satu tempat wisata yang bisa menawarkan berbagai seni dan budaya Bali. Taman Werdhi Budaya ini lebih terkenal dengan sebutan Art Centre.

Pembangunan tempat wisata Taman Werdhi Budaya bertujuan sebagai tempat pementasan seni seperti seni music dan seni tari, dan sebagai tempat memamerkan hasil-hasil seni yang lainnya seperti seni lukis, seni ukir, seni patung, dan seni-seni yang lainnya yang dimiliki oleh masyarakat bali. Di sini juga sebagai tempat untuk mengembangkan bakat–bakat seni yang dimiliki masyarakat Bali.

Objek wisata yang digagas oleh almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ini digunakan sebagai pusat penyelengaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap tahunnya, biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni-Juli (pada liburan sekolah). Silahkan baca juga Pesta Kesenian Bali, Ajang Pesta Seni Tahunan.

Adapun bangunan yang ada di Taman Werdhi Budaya Denpasar dibagi menjadi beberapa kelompok yakni kompleks suci, kompleks tenang, kompleks setengah ramai, dan kompleks ramai. Untuk kompleks suci meliputi bangunan Pura Taman Beji, Bale Selonding, dan Bale Pepaosan. Untuk kompleks tenang meliputi perpustakaan Widya Kusuma. Di perpustakaan ini kita akan menemukan banyak buku-buku tentang sejarah Bali. Untuk kompleks setengah ramai meliputi Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan. Di tempat-tempat ini diadakan pameran seni Bali setiap kegiatan pesta kesenian Bali seperti seni patung, seni lukis, dan kerajinan yang bernuansa Bali.





Sedangkan untuk kompleks ramai meliputi Panggung Terbuka Ardha Candra, Kalangan Ayodhya, Kalangan Angsoka, kalangan Ratna Kanda dan Panggung tertutup Ksirarnawa. Panggung terbuka Ardha Candra merupakan icon dari Taman Werdhi Budaya Denpasar bahkan dijadikan icon dari Kota Madya Denpasar. Di bangunan-bangunan ini sering diadakan kegiatan seperti pementasan gong kebyar, lomba-lomba lagu, pementasan seni tari, dan lain-lain. Biasanya panggung ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyaksikan pementasan kesenian. Jika anda ingin menyaksikan pementasan kesenian atau kegiatan yang lainnya, pastikan anda sudah mengetahui jadwalnya.
Tempat Wisata Taman Werdhi Budaya (Art Center) Denpasar Bali
Panggung Terbuka Ardha Candra Art Centre
Taman Werdhi Budaya (Art Center) Denpasar Bali
Pementasan tari Janger di kalangan Ayodhya

Lokasi Taman Werdhi Budaya (Art Centre) Denpasar
Lokasi dari Taman Werdhi Budaya (Art Centre) di Bali berada di tengah kota Denpasar tepatnya di Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali. Jarak tempuh dari Bandara Ngurah Rai sekitar 18 kilometer, kurang lebih 30 menit perjalaan dengan kendaraan bermotor. Adapun objek wisata yang dekat dengan Art Centre Denpasar yakni Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan, Pantai Sanur, dan Taman Inspirasi Mertasari.
Iklan