free counter with statistics Pesta Kesenian Bali, Ajang Pesta Seni Tahunan
T7/26/2017

Pesta Kesenian Bali, Ajang Pesta Seni Tahunan

Iklan
Iklan
Daya tarik pulau Bali tidak hanya tentang keindahan objek wisatanya, tetapi juga berbagai suguhan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Untuk melestarikan dan mengembangkan kreatifitas seni dan budaya maka pemerintah Provinsi Bali mengadakan kegiatan tahunan yang bernama Pesta Kesenian Bali (PKB). Kegiatan ini dilakukan setiap setahun sekali selama satu bulan penuh, sekitar pertengahan bulan Juni-Juli (biasanya pada hari liburan sekolah). Di PKB ini kita bisa melihat para seniman dalam menampilkan dan mengembangkan berbagai kreatifitas seninya.

Jika anda ingin menikmati suasana yang berbeda di ajang tahunan ini, cobalah datang pada saat pembukaan PKB ini. Pembukaan PKB biasanya dilakukan di depan tempat wisata monumen Bajra Sandhi Renon. Dalam pembukaan festival seni ini, akan diadakan pawai kesenian dari masing-masing delapan kabupaten dan satu kota madya yang ada di Bali. Tiap-tiap kabupaten dan kota madya yang ada di Bali akan memparadekan busana khas daerah, serta pertunjukan tari dan gambelan khas kabupaten masing-masing. Di sini kita bisa melihat perbedaaan, keunikan dan ciri khas seni dan budaya masing-masing daerah di Bali. Tidak hanya dimeriahkan oleh kabupaten dan kodya masing-masing di Bali, bahkan dari daerah lain di indonesia juga ikut meramaikan acara ini dengan menampilkan busana dan keseniannya yang khas. Bahkan kesenian dari Negara lain juga ikut diparadekan pada kesempatan ini.

Untuk kegiatan pementasan kesenian selama sebulan penuh akan diadakan di taman werdhi budaya denpasar atau sering disebut dengan istilah art center. Di sini kita bisa menikmati sejumlah pergelaran seni tradisional Bali secara gratis seperti berbagai tari-tarian, gong kebyar, dan pementasan wayang kulit. Bahkan pementasan seni dari luar pulau Bali bahkan duta seni dari negara lain. Tapi sebelum itu anda harus terlebih dahulu tahu tentang jadwal pementasannya. Karena setiap harinya akan dipentaskan kesenian yang berbeda-beda. Pada PKB tahun 2017 dengan teman Ulun Danu ini, admin sempat menyaksikan pementasan Tari Janger yang diadakan di panggung Ayodhya.

Pesta Kesenian Bali, Ajang Pesta Seni Tahunan
Pementasan tari Janger di kalangan Ayodhya

Berkunjung ke PKB dijamin tidak akan membosankan, karena selain bisa menyaksikan pementasan seni tari, Anda juga bisa menyaksikan berbagai suguhan seni musik tradisional, seni lukis, seni ukir, dan seni patung. Tidak hanya itu, berbagai jenis hasil kerajinan lokal seperti kain endek, songket Bali, batik, pakaian ke pura, alat persembahyangan, kerajinan perak, emas, perunggu dan banyak lagi lainnya ikut dipamerkan pada ajang tahunan ini. Jadi jika anda butuh oleh-oleh Khas Bali, dapat membelinya di sini dengan mudah dan harga tidak terlalu mahal. Bagi yang suka berburu makanan dan minuman khas bali, juga bisa kita dapatkan di sini, misalnya ayam betutu dan ikan mujair nyat-nyat khas kintamani maupun loloh cemcem.

Setelah berkeliling menikmati stand pameran seni, kita bisa bisa bersantai sejenak. Di sini banyak tempat-tempat bersantai disediakan termasuk juga taman-taman tertata rapi. Bagi yang mengajak anak-anak, di tempat ini juga tersedia area bermain untuk anak-anak.
Iklan