T8/31/2017

Tempat Wisata Pantai Karma Kandara Bali Selatan

Satu lagi pantai tersembunyi (hiden beach) yang admin jelajahi di kawasan bali selatan, yakni pantai Karma Kandara. Pantai ini memang benar-benar tersembunyi, betapa tidak, pantai ini berada di balik tebing dan untuk menuju lokasi pantai ini kita harus menuruni anak tangga yang menurut warga sekitar yang mengatakan banyaknya anak tangga ada sekitar 400 anak tangga.
Tempat Wisata Pantai Karma Kandara Bali Selatan
Pantai Karma Kandara

Pantai ini bernama Pantai Karma Kandara karena tidak jauh dari lokasi pantai ini terdapat hotel yang bernama Hotel Karma Kandara. Untuk memudahkan mengingat nama pantai ini, pelancong memberi nama pantai ini sesuai dengan nama hotel yang dekat dengan pantai tersebut. Ada juga yang menyebut pantai ini dengan pantai Karma (Karma Beach), sedangkan nama asli pantai ini adalah Pantai Segara Gau. 
Tempat Wisata Pantai Karma Kandara Bali Selatan
Pantai Karma dengan pasir putihnya


Sebenarnya pantai ini merupakan pantai private yang dikhususkan untuk para tamu yang menginap di hotel ini. Walaupun pantai private, masyarakat umum bisa mengunjungi kawasan pantai ini dengan cara berjalan kaki menuruni tebing karang yang menghijau dengan anak tangga dengan pegangan terbuat dari tali besar (seperti tali kapal untuk bersandar).

Begitu anda menuruni anak tangga satu persatu maka akan disuguhkan keindahan pantai ini dari atas tebing karang yang kokoh. Dari anak tangga yang kita turuni, kita sudah disambut lautan yang luas membiru. Dekat dengan bibir pantai, air lautnya jernih dan menghijau yang membuat kamu terpukau akan keindahannya.

Di tangga terakhir, pengunjung akan disambut dengan deburan ombak yang tenang silih berganti menyapu pasir putih yang eskotis ini. Beberapa batu karang yang kokoh berdiri “bengong” di atas pasir putih yang menambah keindahan pantai ini. Batu karang ini dapat dijadikan spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto. Terlihat banyak wisatawan yang mengabadikan momen liburan di pantai ini dengan berfoto selfi di pantai ini. 
Tempat Wisata Pantai Karma Kandara


Ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga cocok untuk mandi di kawasan ini. Tetapi di tengah laut ombaknya cukup tinggi dan panjang, so pasti cocok untuk bermain surfing. Walaupun d tengah laut ombaknya cukup besar tetapi begitu sampai di bibir pantai ombaknya jadi tenang. Tapi saat admin ke sini, tidak terlihat wisatawan yang bermain selancar di pantai ini. Kebanyakan wisatawan yang menikmati eksotisnya pantai pasir putih ini dengan cara berbaring di bawah terik matahari.

Sepertinya pantai ini bukan pantai nelayan, karena tidak ditemukan kapal-kapal atau jukung-jukung nelayan yang menghiasi pantai ini pada siang hari. Berdasarkan tulisan yang terdapat di sebuah bangunan di pinggir pantai, bahwa pantai ini merupakan pantai tempat petani rumput laut. Walaupun admin sendiri belum melihat aktivitas para petani rumput laut yang memanen hasil rumput lautnya atau sedang menanam rumput laut.

Pengunjung di pantai ini didomniasi wisatawan asing yang kebetulan berlibur ke pulau bali dan menginginkan pantai yang tidak ramai pengunjung. Wisatawan domestik sedikit sekali terlihat di pantai Karma Kandara ini. Mungkin disebabkan karena akses menuju pantai ini begitu menguras tenaga, makanya wisatawan domestik enggan menikmati indahnya pantai ini.

Pantai yang berpasir putih ini terletak di balik tebing yang menghijau, membuat pantai ini selalu terjaga kebersihannya dan bebas polusi. Lautnya yang jernih dan kaya akan biota laut membuat wisatawan betah bermain snorkeling di tempat ini. Pada saat admin berkunjung terlihat wisatawan asing yang sedang melakukan aktivitas snorkeling di pantai karma kandara ini.
Tempat Wisata Pantai Karma Kandara
Wisatawan bermain snorekling di Pantai Karma

Lokasi dan Cara Akses Pantai Karma Kandara Bali

Lokasi Pantai Karma Kandara Bali terletak di Jalan Pura Masuka atau Jalan Karma kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Desa Unggasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai berjarak kurang lebih 16 km atau dengan waktu tempuh sekitar 47 menit. Jika dari tempat wisata GWK berjarak sekitar 6 km atau dengan waktu tempuh 17 menit, tentunya dengan kendaraan bermotor (versi google map). Bagaimana cara mengakses pantai Karma Kandara ini?

Untuk mengakses pantai karma kandara sangat mudah sekali karena jalan menuju tempat parkir sudah diaspal dengan baik sekali. Berikut akses ke Pantai Karma Kandara dari Bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari Bandara Ngurah Rai, arahkan kendaraan ke jalan by Pass Ngurah Rai-Nusa Dua lalu ke jalan kampus Udayana hingga menemukan plang tempat wisata GWK. Lurus di kiri jalan raya, lurus di jalan tersebut maka kamu akan menemukan perempatan ke Pantai Balangan. Di perempatan itu ambil jalan lurus, kira-kira lagi 1,6 km akan menemukan pertigaan dengan jalan yang menikung. Ambil jalan lurus (ada plang tulisan Jalan Pura Masuka), jalannya lebih kecil dari jalan utama. Ikuti jalan tersebut, tepat di depan balai Banjar Wijaya Kusuma akan menemukan pertigaan, ambil yang ke kanan (sudah ada plang Karma Beach), nanti akan bertemu pertigaan lagi, ambil jalan ke kiri (ada plang di Mare Restaurant) ikuti jalan tersebut maka kamu akan sampai di parkir depan Pura Masuka (jika bingung, jangan segan-segan bertanya kepada warga sekitar). Silahkan lihat lokasinya di Google Map di bawah ini.
Lokasi dan Cara Akses Pantai Karma Kandara Bali
Ambil jalan ke kiri ya guys

Lokasi dan Cara Akses Pantai Karma Kandara Bali
Petunjuk arah menuju di Mare Restaurant

Nah dari depan Pura Masuka petulangan kamu menuju pantai Karma Kandara akan dimulai dengan menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan. Perlu diperhatikan, di Pantai Karma kandara tidak ada penjual makanan dan minuman, jadi agar tidak kelaparan dan kehausan, siapkan perbekalan yang pasti kamu akan perlukan begitu sampai di pantai yang berada di bawah tebing ini. Maka bawalah setidaknya air mineral. Kalau tidak sempat membawa dari rumah, bisa membelinya di warung yang ada di depan Pura Masuka. Jika menemuka tangga dengan dua cabang, ambil yang ke arah ke kanan ya. Begitu juga ketika balik ke tempat parkir, jangan cari jalan lain, biar tidak menyasar.
Pantai Karma Kandara Bali Selatan
Di tangga ambil jalan ke kanan ya guys

Sebenarnya untuk menuju pantai ini ada tiga alternatif lho. Alternatif pertama, dari Pura Masuka yang menuruni ratusan anak tangga, tentunya ini pertualangan yang greget sekali karena kita akan dipaksa mengeluarkan keringat untuk kembali ke tempat parkir kendaraan. Alternative kedua, melalui hotel karma kandara, tentu ini harus mengeluarkan duit karena untuk menuju pantai kamu akan dimanjakan dengan lift hingga ke dasar tebing pantai dan tentunya harus bayar. Alternative ketiga, bisa melalui Pantai Melasti yang merupakan jalan baru untuk menuju pantai ini. Hanya saja untuk menuju pantai Karma Kandara kamu harus melewati bibir pantai yang dibatasi dengan batu karang yang kasar dan terkadang kamu harus berhadapan dengan ombak yang siap membasahi pakaian kamu.

Adapun tempat wisata yang dekat dengan pantai karma kandara bali yakni pantai melasti, pantai batu pageh, pantai pandawa, pantai dreamland, dan taman budaya garuda wisnu kencana. Silahkan baca juga tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini untuk informasi yang lebih lengkap. Salam Longtriper.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Karma Kandara Bali Selatan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif