T8/07/2017

Inilah 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Buleleng Bali

Jika anda berlibur ke Pulau Bali jangan hanya menikmati indahnya kawasan Bali Selatan saja. Cobalah untuk mengeksplor Bali Utara (kabupaten Buleleng) yang memiliki segudang objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Kabupaten Buleleng merupakan kabupaten terluas di Bali, tentunya kabupaten ini banyak memiliki objek wisata, khususnya objek wisata alamnya.

Kunjungan wisatawan ke Bali Utara memang tidak seramai kunjungan ke Bali Selatan, hal ini disebabkan karena letak bandara Ngurah Rai cukup jauh untuk menjangkau kawasan Bali Utara. Jika berkendara, kita akan memerlukan waktu sekitar tiga jam perjalanan. Akan tetapi, jika sudah sampai di tempat wisata di Bali Utara, waktu yang terbuang selama diperjalanan akan terbayar dengan keunikan dan kenyamanan yang ditawarkannya. Berikut 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi jika anda ingin menikmati liburan di kabupaten Buleleng Bali.

1. Air Panas Banjar
Di pemandian air panas Banjar terdapat tiga kolam dengan ukuran yang berbeda-benda. Kolam pertama lokasinya paling atas yang memiliki air yang cukup hangat. Kolam kedua paling luas dengan kedalaman kolam bertingkat, di sini kita bisa berenang dengan bebas. Akan tetapi kolam kedua ini airnya lebih dingin dari kolam yang pertama dan sumber airnya berasal dari kolam yang pertama. Jika anda ingin menikmati pijatan air dari pancuran maka pilihlah kolam yang ketiga karena tinggi pancurannya lebih tinggi dari pancuran pada kolam pertama dan kedua. Pemandian air panas Banjar sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik turis lokal maupun turis mancanegara, sehingga pada hari-hari libur pengunjungnya bisa membludak. Lokasi pemandian ini dekat dengan pantai Lovina, jadi jika anda sempat berkunjung ke pantai lovina maka sempatkan diri Anda untuk mengunjungi pemandian ini.

2. Pantai Lovina
Tempat wisata pantai Lovina merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan atraksi lumba-lumba. Anda bisa melihat lumba-lumba tersebut dari dekat di alam bebas yang menari-nari dan melompat-lompat, akan tetapi Anda harus ke tengah laut sebelum matahari terbit dengan menyewa sebuah perahu nelayan milik warga setempat. Selain menyaksikan atraksi lumba-lumba, kita bisa menyelam (dengan menyewa alat selam yang tersedia di sekitar kawasan pantai Lovina) untuk melihat pemandangan biota bawah lautnya. Di pantai ini juga kita bisa menyaksikan matahari tenggelam (sunset) yang indah sama seperti pantai kuta. 
Inilah 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Buleleng Bali
Pantai Lovina Bali
3. Air Sanih
Tempat wisata Air Sanih atau Yeh Sanih merupakan tempat rekreasi berupa kolam renang dengan air jernih yang menyegarkan dan alami. Kolam renang Air Sanih hampir setiap hari ramai dikunjungi terutama dari warga setempat. Ada juga beberapa wisatawan domestik dan mancanegara yang kebetulan berlibur ke bali utara yang ikut berendam di kolam pemandian ini. Di pemandian air sanih terdapat dua kolam, yakni kolam untuk dewasa yang sangat luas dan kolam untuk anak–anak. Wisata air sanih ini mempunyai suasana alam yang sangat asri. Lokasi air sanih yang jauh dari keramaian akan membuat anda merasa sangat nyaman dan sangat rileks saat berada di pemandian ini.

4. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat memiliki ekosistem yang unik yang merupakan perpaduan antara ekosistem darat dan ekosistem laut. Di sini wisatawan dapat melihat langsung aneka jenis flora dan fauna yang hidup bebas di taman nasional ini. Ada banyak sekali fauna yang hidup dan dilindungi di Taman Nasional Bali Barat ini seperti menjangan, burung jalak ali, kera abu-abu, kera hitam, kijang, kancil, kucing liar, banteng, dan banyak lagi burung-burung dan reptilnya. Untuk jenis flora antara lain bayur, sono kelin, sawo kecik, dan cendana. Selain menikmati flora dan faunanya, wisatawan juga dapat menjelajahi Pulau Menjangan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau Menjangan merupakan salah satu pulau favorit yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Pulau dengan luas sekitar 175 hektar ini merupakan habitat menjangan atau rusa. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menyelam di perairan di sekitar Pulau Menjangan untuk melihat biota bawah lautnya berupa gugusan karang yang indah.

5. Air Terjun Gitgit
Bali Utara terkenal dengan destinasi wisata air terjunnya, salah satunya air terjun gitgit. Air terjun ini merupakan tempat wisata favorit bagi kalangan wisatawan. Tidak hanya dikunjungi wistawan domestik, air terjun ini juga dikunjungi oleh wisatawan asing. Aliran air terjun Gitgit sangatlah jernih dan masih alami. Selama perjalanan menuju lokasi air terjun Gitgit, anda akan melewati jalan setapak yang sedikit berkelok-kelok. Rasa lelah yang dirasakan setelah berjalan kaki akan terbayar setelah anda melihat air terjun yang jatuh dari atas tebing. Ada empat air terjun yang dapat anda lihat yang lokasi yang tidak begitu jauh yakni Air Terjun Kembar/Campuhan, Air Terjun Bertingkat, Air Terjun Colek Pamor, dan Air Terjun Mekalongan.

6. Air Terjun Les
Air terjun Les merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Bali yang memiliki nama lain air terjun yeh mampeh (yang artinya air terbang). Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30-35 meter. Airnya jatuh dari tebing tinggi dan curam dengan suasana sekitarnya yang tenang, nyaman dan masih asri. Air terjun Yeh Mampeh ini terletak di desa Les, kecamatan Tejakula, sekitar 38 km ke arah Timur kota Singaraja. Di sini kita dapat berendam jika ingin merasakan sensasi kesegaran air yang sangat jernih dan bebas dari polusi. Keindahan air terjun Les, memang cukup populer di kalangan wisatawan yang ingin merasakan sensasi petualangan trekking, yang masih di dominasi oleh kalangan wisatawan asing.

7. Air Terjun Munduk
Air terjun Munduk berada di Desa Munduk, Kecamatan Sukasada. Terletak di daerah pegunungan yang berhawa sejuk dan menyenangkan, dipenuhi rimbunnya pohon cengkeh, coklat dan kopi. Ada dua buah air terjun di Air Terjun Munduk ini, yaitu Air Terjun Munduk dan Air Terjun Melanting. Namun, orang biasa menyebut keduanya Air Terjun Munduk. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan sejauh sekitar 250 meter untuk mencapai air terjun ini. Deburan air dan kicauan burung yang banyak terdapat di sekitar air terjun menciptakan suasana tenang dan damai, membuat kita betah bermain air di Air Terjun Munduk ini.

8. Pelabuhan Buleleng
Pelabuhan Buleleng merupakan kawasan wisata bersejarah dengan panorama indah. Di pelabuhan inilah juga menjadi saksi perjuangan rakyat Bali melawan tentara NICA dari Belanda. Untuk mengenang peristiwa tersebut maka di pelabuhan ini didirikanlah monumen bernama Yudha Mandala Tama. Monumen dengan tinggi 12 meter tersebut, berupa seorang pemuda kekar menunjuk ke arah lautan sambil memegang bambu runcing dengan sang merah putih pada ujungnya. Selain itu berwisata sejarah, wisatawan juga bisa menikmati panorama sunset yang sangat menakjubkan tak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Di objek wisata Pelabuhan Buleleng juga terdapat sebuah klenteng dengan arsitektur bergaya oriental, tepatnya di dekat pintu masuk sebelah timur yang bernama Ling Gwan Kiong. Untuk melihat isi klenteng, wisatawan akan membolehkan masuk dan juga akan dipandu dengan senang hati.

9. Danau Tamblingan
Lokasi danau ini termasuk dalam dataran tinggi, oleh karena itu danau ini kerap diselimuti kabut kala pagi hari. Meski demikian danau ini memilik pemandangan yang tak kalah indahnya dan masih alami. Keindahan matahari pagi kala baru terbit semakin menambah pesona danau ini. Saat sinar sang surya menembus kabut tipis akan terasa lebih spesial dan mengesankan. Dengan menggunakan pedahu (berbentuk sampan) anda bisa mengelilingi danau dan melihat seluruh keindahannya. Kita bisa merasakan indahnya alam danau yang dikelilingi oleh hutan lebat, suasana alamnya segar dan masih alami.

10. Air Panas Banyuwedang
Air panas Banyuwedang merupakan tempat wisata berupa kolam pemandian sama seprti air panas banjar. Selain bisa berendam di dalam air panas tersebut, juga bisa menikmati pantainya karena air panas Banyuwedang merupakan mata air panas yang muncul di pantai. Air panas Banyuwedang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit karena kandungan belerangnya. Air panas Banyuwedang yang terletak di tengah-tengah hutan bakau di tepi pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang menginginkan kesembuhan penyakitnya dan sekalian juga berwisata. Silahkan baca juga tempat wisata air panas yang ada di Bali.



Nah itulah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berliburan ke Bali Utara (kabupaten Buleleng). Selain yang disebutkan di atas, masih ada tempat wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi karena keunikannya seperti Pura Madue Karang, Makam Jaya Prana, Wihara Banjar, Pura Pulaki, Pura Beji, Gedong Kertya, dan Museum Buleleng. Semoga ini menjadi refrensi wisata anda yang ingin mengisi liburannya ke bali utara. Silahkan baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam lontriper

0 Response to "Inilah 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Buleleng Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif