free counter with statistics Inilah Cara Ke Nusa Penida dari Pulau Bali
T10/28/2017

Inilah Cara Ke Nusa Penida dari Pulau Bali

Iklan
Iklan
Nusa Penida merupakan nama sebuah kepulauan sekaligus sebuah kecamatan yang terletak di tenggara pulau bali. Kepulauan Nusa Penida terdiri dari tidag buah pulau yakni pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Ceningan. Di masing-masing ketiga pulau tersebut memiliki beberapa objek wisata yang sedang populer dan ngehits. Satu-satunya akses menuju ke kepulauan nusa penida ialah melalui jalur laut karena belum ada jembatan yang menghubungkan antara pulau Bali dengan Pulau Nusa Penida. Berikut admin bagikan beberapa cara untuk mengakses ke kepulauan nusa penida dari pulau bali.

1. Dengan Kapal Roro (Roll Of Roll On) Nusa Jaya Abadi
Jika ingin menggunakan jasa kapal Roro Nusa Jaya Abadi ini, traveler harus menuju pelabuhan padang bai terlebih dahulu. Pelabuhan ini berada di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Untuk menuju Pelabuhan Padang Bai dari Bandara Ngurah Rai atau Kawasan kuta akan menempuh jarak sekitar 56,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 29 menit, sedangkan jika dari pusat kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 41,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 8 menit dengan kendaraan bermotor versi google map. Walaupun waktu tempuh yang lumayan lama ini, banyak para traveler yang menggunakan pelabuhan ini sebagai titik penyeberangan ke nusa penida, karena para pelancong bisa membawa barang dalam jumlah yang banyak, bahkan bisa membawa mobil dan sepeda motor lho. 
Cara Ke Nusa Penida dari Pulau Bali
Kapal Roro Nusa Jaya Abadi
IMG by Instagram via Dylan
Jadwal Keberangkatan kapal Roro:
Perlu diketahui bahwa kapal Roro Nusa Nusa Jaya Abadi yang memiliki kapasitas kapasitas 180 penumpang ini hanya berlayar 2 kali dalam sehari dari pelabuhan padang bai menuju nusa penida, yaitu untuk pagi hari mulai pukul 08.30 Wita-09.30 Wita dan sore hari mulai pukul 17.30 Wita-18.30 Wita. Jadi pastikan anda datang sebelum jam-jam tersebut agar tidak ketinggalan kapal.

Tarif Tiket kapal Roro:
Untuk tarif angkutan Kapal Roro untuk kelas VIP dewasa Rp 35.000/orang, anak-anak Rp 25.000/orang. Kelas ekonomi dewasa Rp 25.000/orang dan anak-anak Rp 20.000/orang. Sepeda gayung Rp 10.000/unit, sepeda motor Rp 30.000/unit, mobil penumpang Rp 250.000 /unit, mobil barang Rp 175.000/unit dan sebagainya.

Yang menjadi keunggulan dari kapal Roro ini ialah baik sepi maupun ramai, Kapal Roro tetap bergerak sesuai jadwal. Penyeberangan dari pelabuhan padang bai hingga ke pelabuhan nusa penida memerlukan waktu sekitar 1 jam. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemadangan laut bali yang sangat keren dengan laut yang biru dan sekitar pelabuhan juga memiliki pemadangan alam yang sangat bagus.

2. Dengan Kapal Tradisional (Sampan/Jukung)
Jukung yang akan menyeberang ke Nusa Penida
Jukung yang akan menyeberang ke Nusa Penida
Pilihan alternatif kedua untuk menyeberang ke nusa penida bisa menggunakan sampan atau jukung. Alat transportasi tradisional ini akan memerlukan 1 jam perjalanan untuk sampai di pulau nusa penida. Ada banyak titik penyeberangan yang bisa digunakan untuk menyeberang ke nusa penida dengan kapal tradisional yakni melalui pelabuhan kusamba yang akan mendarat di pelabuhan toya pakeh, melalui pelabuhan banjar bias akan mendarat di pelabuhan dekat kantor camat Nusa Penida, melalui pelabuhan Tri Buana akan akan mendarat di pelabuhan Tambak, dan melalui pelabuhan kampung Kusamba akan mendarat di pelabuhan Tambak juga. Tarif untuk menyeberang dari pelabuhan kusamba menuju nusa penida sebesar Rp 55.000 per orang.

3. Dengan Fast Boat
Inilah Cara Ke Nusa Penida dari Pulau Bali
Fast Boat menuju Nusa Penida
Jika anda menginap sekitar kawasan Kuta untuk menuju padang bai atau pelabuhan kusamba akan memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit, tentu ini merupakan hal yang sangat membosankan karena lama duduk di dalam mobil atau sepeda motor, belum lagi perjalanan mengarungi lautan dari pelabuhan padang bai ke nusa penida yang memerlukan waktu sekitar 1 jam, tentu ini benar-benar membosankan sekali. Nah buat yang tinggal di sekitaran kuta atau kota denpasar, alternatif lain untuk menuju ke nusa penida bisa menggunakan jasa fast boat melalui dermaga di pantai matahari terbit di sanur. Waktu yang diperlukan dengan menggunakan fast boat hingga sampai di nusa penida sekitar 30 – 45 menit, tentunya ini akan menempuh perjalanan yang relatif lebih singkat.

Jika menggunakan fast boat dari dermaga pantai matahari terbit akan mendarat di pelabuhan Banjar Nyuh dan pelabuhan Buyuk. Jam operasional di pelabuhan pantai matahari terbit ini dimulai dari pukul 08.00 wita - 16.00 wita yang juga menyesuaikan dengan kondisi di laut. Harga yang ditawarkan pun masih terbilang wajar kisaran Rp 70 ribu sampai Rp 200 ribu. Setiap fast boat memiliki kapasitas yang berbeda mulai dari yang berkapasitas 15 orang sampai 30 orang. Fast Boat juga memiliki fasilitas lebih lengkap dan mungkin lebih nyaman serta cepat.

4. Dengan Cruise (Kapal Cepat)
Ke Nusa Penida dari Pulau Bali
Cruise
IMG by Instagram via Bali Tour Service
Selain yang disebutkan di atas, ada lagi pilihan alternatif untuk menyeberang ke nusa penida yakni dengan menggunakan cruise, tetapi biaya yang dikeluarkan cukup membuat “kantong kering”. Perjalanan menggunakan cruise di mulai dari Pelabuhan Benoa dan mendarat di pelabuhan Toya Pakeh dengan menggunakan jasa Quicksilver cruise.


Nah beberapa pilihan untuk menyeberang ke nusa penida dari pulau bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari jasa trasnportasi yang bisa disesuaikan dengan kondisi bugdet anda. Semoga liburan anda ke nusa penida jadi menyenangkan dan berkesan. Salam lontriper.
Iklan