free counter with statistics Pilih mana? Liburan Ke Nusa Penida atau ke Nusa Lembongan
T10/18/2018

Pilih mana? Liburan Ke Nusa Penida atau ke Nusa Lembongan

Iklan
Iklan

Bali memang menawarkan banyak sekali tempat yang asik untuk sekedar liburan dan bersantai. Titik terdekat objek wisata di Bali dengan Bandara Ngurah Rai adalah kawasan Bali Selatan yang menawarkan berbagai tempat wisata pantai pasir putih dengan akses yang sangat bagus dan fasilitas yang sangat memadai. Apalagi di Desa Ungasan (kawasan Bali Selatan) berdiri sebuah patung tembaga terbesar di dunia yang menjadikan kawasan ini tambah populer di Bali. Barangkali yang sering berlibur ke Bali Selatan menganggap tempat ini sudah biasa dikunjungi.

Bosen berlibur di Bali Selatan terus? atau mungkin jenuh dengan hiruk piruk ramainya para pelancong di tempat tersebut? Liburan ke Bali tidak harus ke Bali Selatan melulu lho, masih banyak tempat menarik di sekitar Bali yang bisa dijelajahi. Kalau Anda ingin mencari tempat yang sepi dan tenang tentunya jauh dari keramaian perkotaan, mengapa tidak coba mampir ke Nusa Penida atau ke Nusa Lembongan? 
Pilih mana? Liburan Ke Nusa Penida atau ke Nusa Lembongan
Pulau Lemongan dan Pulau Penida

Nusa Penida dan Nusa Lembongan merupakan nama pulau yang berada di tenggara Pulau Bali dan masuk wilayah Kabupaten Klungkung. Pulau Nusa Penida memiliki luas wilayah sekitar 191,5 km2, sedangkan luas Pulau Nusa Lembongan sekitar 8,7 km2. Kedua pulau ini memiliki tempat wisata yang tidak kalah cantiknya dengan tempat wisata di Bali Selatan lho, hanya saja, pengunjung wisatawan ke pulau ini tidak banyak, walaupun akses menuju pulau itu sangatlah mudah sekali. Satu-satunya akses menuju kedua pulau itu hanya bisa melalui jalur laut dengan menggunakan kapal, jukung, fast boat atau cruise. Anda mau memilih yang mana? Belibur ke Nusa Penida atau ke Nusa Lembongan? Berikut admin bagikan ulasannya.

Tempat Wisata Di Nusa Penida
Pulau Nusa Penida memiliki luas wilayah lebih besar dibadingakan dengan pulau Lembongan, tentu pulau ini lebih banyak memiliki tempat wisata yang layak untuk Anda eksplor keindahannya. Setidaknya di pulau ini terdapat 24 titik tempat wisata yang sudah bisa diakses oleh wisatawan. Tempat-tempat tersebut sudah populer di media sosial khususnya Instagram, yang pastinya tempat-tempat tersebut Instagramable banget lho.

Untuk mengakses ke pulau ini bisa melalui beberapa titik penyeberangan jalur laut yakni bisa melalui pelabuhan Padang Bai, pelabuhan Pesinggahan (Goa Lawah), pelabuhan Tribuana, pelabuhan Banjar Bias, pelabuhan Kampung Kusamba, pelabuhan Pantai Matahari Terbit, atau pelabuhan Benoa.

Baca:

Ada banyak tempat wisata alam memukau mata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Nusa Penida ini, yakni tempat wisata pantai dan tempat wisata non pantai. Menemukan pantai di Pulau Nusa Penida tidaklah sulit karena begitu Anda sampai di dermaga Toya Pakeh, Dermaga Buyuk atau Dermaga Banjar Nyuh, Anda akan disambut dengan pantai pasir putih yang indah. Di Pulau Nusa Penida setidaknya terdapat 24 titik pantai yang bisa kamu pilih untuk mengisi liburan. Pantai yang paling populer di Nusa Penida adalah pantai Kelingking, Pasih Uug, Pantai Atuh dan Crystal Bay.

Tidak hanya pesona pantainya yang sangat eksotis dan menawan, pesona bawah lautnya juga tidak kalah cantiknya dengan tempat lain di Bali. Spot untuk menyelam yang populer dan terbaik di Pulau Nusa Penida berada di Manta Point, Temple Point, Gamat Bay, Malibu Point, dan Sekolah Dasar (SD) Point. Tempat-tempat tersebut banyak diburu para penyelam profesional dari luar negeri yang penasaran akan keindahan bawah lautnya.

Baca:

Sedangkan bagi yang ingin menikmati keindahan alam selain pantai di Pulau Nusa Penida bisa mengunjungi beberapa tempat populer lho, seperti Bukit Teletubbies, mata air Tembeling, bahkan di sini juga terdapat air terjun Seganing, rumah pohon Batu Molenteng, Atuh Clift (Bukit Atuh), dan Pura Gua Giri Putri.

Baca:

Untuk menikamti pesona alam di Pulau Nusa penida tidak akan cukup dengan waktu sehari lho, belum lagi waktu di perjalanan menyeberang laut. Jadi perlu persiapan yang matang jika ingin berlibur ke pulau ini. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah penginapan, karena di Pulau Nusa Penida banyak terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau.

Tempat Wisata Di Nusa Lembongan
Nusa Lembongan banyak mempunyai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pantai berpasir putih yang sangat eksotis, goa alam dan buatan yang unik tentunya jarang ditemukan di tempat lain, tebing laut yang menantang yang siap anda eksplor keindahannya, rawa-rawa yang penuh dengan pohon bakau, dan banyak lagi tempat yang menarik di Nusa Lembongan.

Untuk nama-nama tempat wisata yang menarik dan terkenal di Pulau Lembongan antara lain: Pantai Jungut Batu, Tebing Devil’s Tear, Mushroom Bay (teluk Jamur), Dream Beach (pantai Mimpi), Hutan Mangrove, Sunset Beach (Sandy Bay), Panorama Point, Pantai Scooby Doo Lembongan, Tamarind Beach Nusa Lembongan, Menikmati panorama alam dari ketinggian di Pura Puncak Sari, Rumah Bawah Tanah di Goa Gala gala, Paradise Beach, dan Jembatan Kuning yang menghubungkan pulau lembongan dan Pulau ceningan.

Tidak hanya menawarkan tempat yang indah nan menawan untuk dikunjungi, di Pulau Lembongan juga terdapat tempat untuk bermain selancar yang sangat bagus karena memiliki ombak yang sangat mendukung untuk bermain selancar. Sedangkan, bagi yang ingin menikmati keindahan bawah laut, Pulau Lembongan merupakan salah satu spot menyelam terbaik di Bali, di sini anda bisa melakukan diving ataupun snorkeling dengan pesona bawah laut yang memukau. Tidak cukup hanya itu saja, bagi yang suka watersport seperti yang ada di Tanjung benoa, di Pulau Lembongan juga tersedia fasilitas untuk bermain watersport, seperti speed boat, banana boat dan kegiatan water sport lainnya.

Baca:

Bagaimana? Anda pilih mau liburan ke mana? Ke Pulau Nusa Penida atau Ke Pulau Lembongan? Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari destinasi wisata yang relatif sepi dari kunjungan wisatawan di Bali. Salam longtriper.
Iklan