free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Lembah Jian Buleleng Bali
T10/18/2017

Tempat Wisata Air Terjun Lembah Jian Buleleng Bali

Bosan liburan ke bali hanya mengunjungi pantai terus? Memang pulau dewata terkenal akan keindahan pantai pasir putihnya, tetapi tidak hanya pantai lho yang ditawarkan oleh pulau yang mendapat julukan The Morning of The World ini, melainkan keindahan air terjunnya lho. Di Bali setidaknya ada 75 titik air terjun lho. jadi tidak perlu bingung-bingung memilih lokasi air terjun jika berliburan ke pulau dewata.

Bali utara merupakan surganya air terjun, bahkan air terjun terbanyak ditemukan di bali utara (kabupaten buleleng). Air terjun yang disajikan benar-benar indah dan unik, tentunya tiap air terjun memiliki keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas dari air terjun tersebut. Jika anda ingin mencari air terjun dengan suasana yang tenang, sunyi dan damai, coba eksplor air terjun lembah jian. Ada juga yang mengatakan air terjun ini dengan sebutan air terjun lembah jin. Nama lain air terjun tersebut adalah air terjun Ceburan, air terjun Santhipala (Santhipala Waterfall), atau air terjun Ceburan Santhipala.
Tempat Wisata Air Terjun Lembah Jian Buleleng Bali
Air Terjun Lembah Jian Buleleng
IMG by Instagram via Wildflowerutopia

Bagi yang tidak suka dengan aktivitas berpetualang, urungkan saja niatnya untuk mengunjungi air terjun ini karena untuk menuju lokasi air terjun ini kita akan dihadapkan dengan jalan yang panjangnya mencapai 600 meter untuk jalan kaki, di mana jalannya yang berkelok-kelok agak menurun diantara rerimbunan pohon cengkeh. Begitu anda sampai di lokasi air terjun, perjalanan lelah anda akan terobati dengan pesona air terjun ini, terlihat menjulang tinggi dan asri dengan pepohonan yang rindang.

Air terjun Lembah Jian memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan terdapat beberapa pancuran terbuat dari batang bambu yang digunakan oleh masyarakat lokal sebagai sumber mata air untuk minum. Airnya sangat jernih dan segar lho, sangat pas untuk mandi di pancuran ini. Dinding tebingnya sangat menawan yang kehijauan, banyak photografer datang kesini untuk mendapatkan spot photo terbaik dengan latar lembah yang sangat menawan hati.

Lokasi dan Cara Akses Ke Air Terjun Lembah Jian
Tempat wisata air terjun Lembah Jian berada di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 86,7 km melalui jalan Raya Pupuan Tabanan atau menempuh jarak sekitar 92,9 km melalui jalan raya Bedugul. Sedangkan dari pusat kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 80 km dan dari objek wisata danau beratan bedugul akan menempuh jarak sekitar 31,5 km melalui jalan raya Wanagiri.

Berikut cara akses ke air terjun lembah Jian, begitu keluar dari kawasan bandara arahkan kendaraan menuju objek wisata bedugul dengan danaunya yang mempesona. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan jalan agak menanjak, tepat di atas tanjakan di desa wanagiri akan menemuka pertigaan, ambil arah ke kiri menuju jalan Munduk-Wanagiri. Di sisi sebelah kiri jalan raya ini anda akan ditawarkan objek wisata baru, yakni objek wisata selfie dengan danau kembarnya yaitu danau buyan dan danau tamblingan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di desa Banyuatis, lalu cari jalan ke Desa Bengkel. Setelah sampai di Desa Bengkel coba tanyakan lokasi air terjun tersebut, maka penduduk setempat akan dengan ramahnya menunjukan lokasii air terjun tersebut.