free counter with statistics Inilah Fakta Unik Tentang Kabupaten Karangasem Bali
T7/27/2018

Inilah Fakta Unik Tentang Kabupaten Karangasem Bali

Iklan
Iklan

Karangasem merupakan nama sebuah kabupaten yang terletak di Bali bagian timur. Kabupaten yang beribu kota Amlapura ini memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi misalnya Pura Besakih, Taman Ujung, Taman Tirta Gangga, Pantai Virgin, Bukit Asah dan lain sebagainya. Tidak hanya memiliki destinasi wisata andalan, kabupaten ini juga memiliki fakta unik yang belum banyak orang ketahui. Berikut admin bagikan beberapa fakta mengenai kabupaten karangasem.

1. Tradisi Megibung
Megibung merupakan tradisi unik yang dimiliki oleh warga Karangasem, yakni suatu kegiatan makan bersama-sama dalam satu wadah (disebut gibungan) yang terdiri dari 5 – 8 orang dengan posisi duduk dibentuk melingkar dengan gibungan berada di tengah-tengah. Tradisi ini masih tetap dipertahankan hingga sekarang. Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat ada upacara adat dan Agama Hindu seperti upacara potong gigi, otonan anak, pawiwahan, ngaben, dan lain sebagainya. Uniknya dalam kegiatan megibung ada aba-aba dari pemilik acara kapan saatnya mulai menyantap makanan. Jadi tidak boleh menyantap secara sembarangan, harus dimulai secara bersama-sama dan diakhiri secara bersama-sama. Nah, jika ada anggota megibung yang sudah kenyang, tidak boleh meninggalkan tempat duduknya, harus menghabiskan nasi dalam gibungan secara bersama-sama atau setidaknya ikut duduk menemani yang lain agar menghabiskan makananannya.

2. Gunung Tertinggi Di Bali
Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3.031 m merupakan gunung aktif tertinggi di Bali ini terletak di kabupaten Karangasem. Gunung ini sangat disucikan oleh warga Hindu di Bali, sehingga para wisatawan yang ingin menggapai puncaknya harus mematuhi beberapa aturan dan tidak boleh dilanggar jika ingin perjalanan anda tidak terhambat. Uniknya, jika ada sebuah desa mengadakan acara ngenteg linggih (serangkaian upacara besar di Bali) maka desa tersebut akan melarung hasil bumi (dalam bahasa bali diistilahkan dengan “mulang pakelem”) ke dalam kawah Gunung Agung. Walaupun Gunung Agung mencapai ketinggian ribuan meter namun semangat warga untuk membawa pekelem (terkadang bisa seekor kerbau) ke puncak gunung tersebut tidak pernah surut.

3. Bumi Lahar
Fakta lainnya tentang kabupaten yang berada di Bali Timur ini yakni mendapat julukan “Bumi Lahar” karena hampir sebagian besar wilayah karangasem pernah terkena aliran lahar pada saat gunung Agung meletus dengan hebatnya pada tahun 1963. Pada tahun tersebut gunung agung memuntahkan jutaan kubik pasir, sehingga tidak mengherankan jika kabupaten ini sekarang mensuplai pasir terbesar untuk pembangunan di daerah seluruh Bali.

4. Perang Pandan
Fakta unik berikutnya yang ada di kabupaten Karangasem yakni terdapat tradisi perang pandan. Perang pandan atau sering disebut dengan istilah makare-kare merupakan salah satu tradisi unik yang ada di Kabupaten Karangasem tepatnya berada di Desa Tenganan. Sesuai dengan namanya, perang pandan ini menggunakan sarana daun pandan berduri yang sudah diikat sehingga berbentuk seperti gada sebagai senjata untuk berperang yang tujuannya untuk menghormati dewa Indra atau Dewa perang. Selain membawa pandan berduri, peserta juga membawa sebuah tameng yang terbuat dari rotan yang dianyam. Upacara perang pandan menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Tidak mengherankan jika desa ini kini menjadi desa wisata yang populer dikalangan wisatawan khususnya turis asing.

5. Gebug Seraya
Tidak hanya perang Pandan, ada juga Perang Rotan yang dikenal dengan nama Gebug Seraya atau Gebug Ende. Tradisi ini hingga kini masih dipertahankan dan dilestarikan di Desa Seraya. Tradisi ini diadakan pada musim kemarau (sekitar bulan Oktober) dengan tujuan untuk memohon turun hujan. Kini tradisi ini tidak hanya dilakukan pada musim kemarau lho, tetapi juga diadakan pada saat ada even-even tertentu, misalnya setiap penyambutan HUT RI, HUT kota Amlapura, atau ada kunjungan wisatawan asing ke “bumi seraya”.

6. Genjek
Genjek merupakan salah satu kesenian Bali yang ada di kabupaten Karangasem juga dikenal dengan nama Cakepung. Kesenian genjek ini dilakukan secara masal oleh laki - laki yang duduk bersila dan melingkar yang awali dengan sebuah nyanyian kemudian diikuti dengan suara mulut “cak – cak” dengan gerakan tangan yang menari - nari.

7. Pura Terbesar Di Bali
Besakih merupakan tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Bali berada di Kabupaten Karangasem tepatnya berada di kecamatan Rendang. Pura terbesar ini benar-benar megah dan sangat indah, tidak mengherankan jika tiap hari banyak wisatawan asing yang mencoba mengeksplor keindahan kawasan suci umat Hindu ini. Sekitar tempat suci ini juga terdapat tempat wisata pendukung lainnya seperti Taman Edelwis, Arung Jeram, air terjun, dan wisata Bukit Jambul yang sangat mempesona.
Inilah Fakta Unik Tentang Kabupaten Karangasem Bali
Pesona Pura Besakih


8. Lawar Don Belimbing
Tanaman Belimbing tidak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja, bahkan daunnya bisa digunakan sebagai sayur lho. Fakta ini dapat kita lihat dengan adanya kuliner yang bernama “Lawar Don Belimbing” khas Karangasem. Lawar Don Belimbing biasanya digunakan sebagai pelengkap tradisi Magibung. Rasanya pun sangat unik, ada rasa pedas, manis dan sedikit agak pahit. Karena Lawar Don Belimbing digunakan untuk tradisi Magibung maka kuliner ini akan dibuat pada saat ada upacara adat dan keagamaan.

9. Kain Songket Sidemen
Bagi yang suka mengkoleksi kain, coba datang ke kabupaten Karangasem tepatnya di Kecamatan Sidemen. Di sini terdapat kain khas Bali yang dikenal dengan nama Kain Songket Sidemen. Dulu kain ini dipergunakan untuk upacara-upacara sakral tertentu di Bali. Namun faktanya seiring dengan perkembangan zaman maka kain songket Sidemen sekarang sudah digunakan untuk acara-acara kebesaran seperti wisuda, pernikahan, dan lain-lain. Selain itu, untuk menambah nilai jual dari kain songket tersebut maka masyarakat setempat mencoba membuat dompet dan tas dari kain songket Sidemen.

10. Desa Tua Tenganan
Tenganan merupakan salah satu desa tua yang ada di Bali yang memiliki keunikan dimana sekitar bulan maret warga Bali pada umumnya akan merayakan Hari Raya Nyepi dengan melakukan catur brata penyepian yakni tidak berpergian, tidak menyalakan api (termasuk listrik), tidak mengadakan hiburan, dan tidak berpergian, akan tetapi Catur Brata Penyepian ini tidak berlaku bagi masyarakat Desa Tenganan, mereka masih bisa melakukan aktivitas pada saat perayaan Nyepi tetapi hanya saja sebatas di wilayah mereka.

11. Arung Jeram Terpanjang Di Bali
Fakta unik lainnya yang di miliki oleh kabupaten yang berada di Bali Timur ini yakni memiliki rute arung jeram air tawar terpanjang di Bali yang berada di Sungai (Tukad) Telaga Waja. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan lembah sungai yang spektakuler. View yang disajikan tidak monoton itu-itu saja, kita akan melihat sawah yang berundak-undak, air terjun, pepohonan yang rindang, pohon kelapa yang berjejer, dan lain sebagainya.

12. Salak Bali
Bagi pecinta buah lokal khususnya salak Bali atau dikenal dengan nama Salak Gula Pasir coba datang ke Desa Sibetan. Di desa ini terdapat sentra pembudidayaan salak Bali yang sudah dijadikan tempat wisata (agrowisata). Uniknya, wisatawan sambil berwisata menikmati alam desa sibetan bisa juga memetik buah salak langsung dari pohonnya. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang unik dan langka. Kita bisa berbincang-bincang dengan pemilik kebun ataupun bertanya-tanya seputar tanaman salak.

13. Perang Api
Selain memiliki tradisi Perang Pandan dan Perang Rotan, kabupaten Karangasem juga memiliki tradisi unik lainnya yakni Perang Api. Perang Api atau dikenal dengan sebutan Terteran ini berada di Desa Jasri. Tradisi ini dilakukan 2 tahun sekali (pada saat tahun genap) bertepatan di hari Pengrupukan (sehari sebelum Nyepi). Ritual ini melibatkan banyak orang yang terbagi dalam dua kelompok, kemudian saling serang atau saling melempar menggunakan obor dari daun kelapa kering yang sudah dibakar.

Nah itu beberapa fakta mengenai kabupaten karangasem, semoga ini bisa menambah sedikit pengetahuan anda tentang kabupaten ini. Masih banyak fakta-fakta lainnya yang belum admin bagikan. Semoga dengan fakta-fakta ini membuat anda semakin tertarik untuk berkunjung ke Karangasem. Salam longtriper.
Iklan