free counter with statistics Tempat Wisata Dari Bandara Ngurah Rai Menuju Kintamani (Bagian 2)
T10/13/2018

Tempat Wisata Dari Bandara Ngurah Rai Menuju Kintamani (Bagian 2)

Iklan
Iklan

Pada postingan sebelumnya Admin sudah mengulas tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Bandara Ngurah Rai hingga ke Kintamani melalui jalur Tegallalang (silahkan baca: Tempat Wisata Dari Bandara Ngurah Rai Menuju Kintamani Melalui Tegallalang). Nah pada postingan kali ini akan membahas hal yang sama yakni tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Bandara Ngurah Rai menuju Kintamani jika melalui jalur Tampaksiring.

Tempat Wisata Dari Bandara Ngurah Rai Menuju Kintamani (Bagian 2)
Tempat wisata di Kintamani Bali


Perlu diketahui jarak tempuh ke Kintamani dari Bandara Ngurai melalui jalur Tampaksiring sekitar 73 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan (versi Google Map). Selama 2 jam berada di dalam kendaraan tentu sangat membosan sekali. Untuk menghilangkan kejenuhan alangkah baiknya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang searah dengan perjalanan Anda. Berikut beberapa tempat wisata yang mungkin bisa anda kunjungi yang searah dengan perjalanan Anda ke Kintamani melalui jalur Tampaksiring.

1. Patung Satrya Gatotkaca
Taman Satrya Gatotkaca yang berada di Jalan Raya Tuban No. 1, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali ini dikenal dengan nama “Patung Kuda Tuban” karena di taman ini terdapat patung enam ekor kuda menarik kereta perang. Setelah melewati taman ini para pelancong akan melewati Taman Ngurah Rai yang tepat berada di tengah-tengah bundaran Tuban (persimpangan menuju Dewa Ruci, Jalan Tol Bali Mandara, dan Nusa Dua). Tidak jauh dari Taman Ngurah Rai terdapat sebuah hutan mangrove yang terkenal dengan kuliner kepitingnya. Di sini para pelancong akan disuguhkan dengan pesona hutan mangrove yang sudah disediakan jalan yang terbuat dari kayu untuk mengelilingi hutan ini.

2. Jalan Tol Bali Mandara
Jalan Tol Bali Mandara bukanlah sebuah objek wisata, tetapi pesona yang disuguhkan di sekitar jalan tol ini sangat mengagumkan sekali. Jalan yang menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai dan Denpasar ini menjadi jalur alternatif berlibur ke kawasan Kintamani yang mampu mempersingkat jarak tempuh perjalanan Anda. Sekitar jalan tol ini terdapat hutan mangrove yang menghijau. Pagi hari kita akan disuguhkan dengan pesona sunrise di timur yang sangat keren, begitu juga pada sore hari akan disajikan keindahan sunsetnya.

3. Pantai Sanur
Sebelum menikmati hawa pegunungan yang sejuk di Kintamani, akan lebih baik mampir dulu ke pantai Sanur yang memiliki pasir putih dan kawasan pantainya sangat bersih karena kebersihan selalu terjaga. Pantai ini memiliki area jongging track yang sangat panjang yang membentang dari pantai Matahari Terbit hingga ke pantai Mertasari. Di sini terdapat beberapa gazebo untuk nongkrong menikamti pesona pantai dengan deburan ombaknya yang tidak terlalu besar. Pantai Sanur terkenal akan keindahan matahari terbitnya. Uniknya, kawasan pantai sanur terbagi menjadi beberapa titik pantai dengan nama yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri.


4. Big Garden Corner
Tempat wisata berikutnya yang searah dengan perjalanan Anda ke kintamani yakni Big Garden Corner. Banyak kaula muda memamerkan hasil jepretannya di sosial media dengan latar belakang tempat wisata ini, tentu semakin menambah populer keberadaan tempat ini. Tempat wisata Big Garden Corner merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan ratusan patung klasik. Dapat dikatakan tempat wisata ini merupakan sebuah galeri seni patung tetapi dengan nuansa yang berbeda dengan galeri patung yang lainnya. Tidak hanya menawarkan keindahan seni patung, tempat wisata ini juga menawarkan miniatur candi borobudur seperti yang ada di Taman Nusa Bali. Selain itu masih banyak keunikan lain yang ditawarkan di tempat ini, seperti rumah pohon, batu besar, pohon kamboja yang berbaris dengan rapi, kolam teratai, dan lain sebagainya. Lokasinya sangat strategis yakni berada di sebelah barat lampu lalu lintas Padang Galak – Waribang, jalan By Pass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Timur.

5. Pantai Di Desa Ketewel
Pantai yang ada di Desa Ketewel bisa dijadikan tujuan wisata anda berikutnya jika ingin menuju Kintamani melalui rute Tampaksiring. Hanya saja karakteristik pantai ini sangat berbeda dengan pantai di Kawasan Sanur. Pantai di Desa Ketewel semuanya berpasir hitam dengan ombak yang besar sehingga menjadi incaran para surfer kelas dunia. Pagi hari, di pantai ini menyuguhkan panorama sunrise yang sangat keren. Perlu diketahui bahwa di desa ketewel terdapat banyak spot pantai dengan nama yang berbeda-beda lho sesuai nama banjar/dusun dimana pantai itu berada, seperti pantai Lembeng, Pantai Gumicik, Pantai Kubur, Pantai Manyar, Pantai Pabean, dan Pantai Rangkan.

6. Guwang Hidden Canyon
Bagi yang suka wisata ekstrem atau tantangan, sebelum ke kintamani bisa mampir ke tempat wisata baru di Gianyar yang bernama Guwang Hidden Canyon. Tempat ini memang keren sepanjang menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 700 meter, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau. Pengunjung akan ditantang untuk melewati bebatuan, “merayap” ditebing, melewati genangan air sungai, dan melompati bebatuan. Air sungai yang jernih dengan ikan yang berenang dengan bebas, membuat kamu enjoy menikmati perjalanan. Terdapat spot untuk foto-foto dengan latar bebatuan dengan ketinggian mencapai 20-30 meter. Lokasi: Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.
7. Guwang Art Market
Tidak jauh dari Guwang Hidden Canyon terdapat pasar yang menjual oleh-oleh khas Bali yakni di Pasar Seni Guwang atau Guwang Art Market. Pasar Seni Guwang merupakan tempat membeli oleh-oleh khas bali dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi harus pintar-pintar menawar, karena barang-barang di sini tidak ada tarif. Di sini dijual berbagai pernak-pernik khas Bali, lukisan, kerajinan perak, baju barong, topeng, dan kerajinan khas Bali yang lainnya. Lokasi: Jalan Raya Guwang No 5, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Sukawati Art Market
Alternatif lain membeli oleh-oleh khas Bali sambil menuju kintamani yakni Pasar Seni Sukawati atau Sukawati Art Market. Barang seni yang dijual di sini hampir sama seperti yang dijual di Pasar Seni Guwang. Jika kamu berlibur ke Kintamani melalui rute tegallalang pasti akan melewati pasar seni sukawati karena lokasinya sangat strategis, berada di pinggir jalan raya tepatnya di Jalan Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali.

9. Batuan Temple
Batuan Temple merupakan Pura Puseh (tempat memuja dewa wisnu) tertua di Bali. Di pura ini juga tersimpan sejumlah peninggalan purbakala yang berasal dari jaman prasejarah, seperti sejumlah arca, lingga dan juga peripih. Tidak jauh dari areal pura terdapat pertunjukan tari barong tiap harinya. Jika mau berlibur ke Kintamani coba sempatkan mampir ke Batuan Temple yang berlokasi di Jalan Raya Batuan, Dusun Tengah, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.
10. Goa Gajah
Goa Gajah merupakan goa buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Tempat ini merupakan tempat wisata populer di Bali, bahkan menjadi tujuan tour di Bali. Banyak paket tour yang memasukan tempat ini ke dalam list-nya. Wisatawan yang berkunjung ke Goa Gajah didominasi wisatawan luar negeri. Lokasi: Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

11. Candi Tebing Gunung Kawi
Tempat wisata Candi Tebing Gunung Kawi merupakan objek wisata cagar budaya yaitu berupa candi yang menempel di sebuah tebing yang berada dipingir sungai Petanu. Candi ini benar-benar unik karena berada di tebing batu cadas yang dipahat. Tidak hanya pesona candi di tebing yang ditawarkan, pemandangan sekitar candi juga sangat mempesona. Biasanya para wisatawan asing yang berlibur ke Kintamani akan menyempatkan diri untuk mampir di tempat wisata candi tebing Gunung Kawi ini. Lokasi: Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

12. Pura Tirta Empul
Di sini kita akan disajikan uniknya kawasan pura dengan aktivitas warga yang memersihkan diri (melukat) di area pemadian dengan air yang disucikan. Wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus menggunakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Lokasi: Jalan Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.


Nah itu tempat wisata yang mungkin bisa Anda pilih untuk dikunjungi ketika akan berlibur ke Kintamani melalui jalur Tampaksiring. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang searah dengan perjalanan Anda ke Kintamani melalui rute Tampaksiring. Untuk melalui jalur Kota Bangli, silahkan baca postingan admin berikutnya. Salam longtriper.
Iklan