free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Kintamani Yang Wajib Dikunjungi
T8/14/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Kintamani Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Kintamani kini menjadi objek wisata populer di Bali. Apalagi setelah munculnya beberapa objek wisata yang kekinian dan ngehits seperti bukit cinta Pinggan, grembeng culali, bukit sari songan, bukit trunyan, dan dibangunnya patung dewi danu. Dengan adanya beberapa spot wisata yang baru tersebut membuat kintamani kini menjadi incaran para traveler, baik traveler domestik maupun dari mancanegara.


Selain itu, objek wisata kintamani juga didukung juga dengan adanya objek wisata sekitarnya yang membuat para pelancong tertarik untuk mengunjungi Kintamani untuk mengisi liburannya. Tentu ini akan membuat perjalanan liburan ke kintamani tidak akan membosankan. Apa saja tempat wisata sekitar kintamani yang menarik untuk dikunjungi?

1. Desa Wisata Pengotan
Bagi yang ingin menikmati suasana pedesaan yang masih tradisional nan unik, coba mampir Desa Wisata Pengotan yang berjarak sekitar 4,5 km dari objek wisata penelokan Kintamani. Di desa ini terdapat sebuah komplek rumah asli masyarakat Bali Aga yang berjejer di kiri dan kanan jalan. Selain itu, di desa ini terdapat sebuah tradisi unik yang merupakan tradisi turun temurun dari leluhur terdahulu yaitu nikah massal. Nikah masal biasanya digelar pada sasih kapat (sekitar bulan Oktober) dan sasih kadasa (sekitar bulan April). Selain berwisata budaya, panorama di desa ini juga sangat menarik yang menyuguhkan pemandangan yang asri.

2. Bali Woso
Bagi yang suka dengan kegiatan berkemah yang lokasinya dekat dengan Kintamani, coba rasakan sensasinya berkemah di Bali Woso. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Dusun Delod Umah, Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali yang berjarak sekitar 6,1 km dari objek wisata Penelokan Kintamani. Apa yang menarik tempat ini? Bali Woso merupakan sebuah kamp petualangan agro dan budaya yang sangat asik. Di sini para pelancong mania didorong untuk menghormati dan menyesuaikan diri dengan alam dan masyarakat setempat, dan karenanya harus bersikap bertanggung jawab namun tetap dapat bersenang-senang saat menginap di Tenda Serengeti yang dirancang khusus dan unik. Sehingga dapat dikatakan bahwa tempat wisata Bali Woso merupakan tempat kemah yang sangat asik di Bali.

3. Pura Besakih
Biasanya turis mancanegara setelah menikmati pesona Kintamani akan melanjutkan touring-nya menuju Pura Besakih atau sebaliknya. Tempat suci umat Hindu terbesar di Bali ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali dan bagi wisatawan asing tempat wisata ini dikenal dengan julukan The Mother of Temple. Hanya menempuh jarak sekitar 18,3 km dari tempat wisata Penelokan Kintamani, para wisatawan sudah bisa menikmati pesona keunikan tempat suci ini. Lokasi Pura Besakih tepat berada di berada dilereng barat daya Gunung Agung sehingga hawa udara di sini sangat sejuk.

Di media sosial Instagram, tempat wisata Pura Besakih sangat populer jika kita cari dengan #besakihtemple akan terdapat sekitar 16,4k kiriman lho. Apalagi tempat wisata ini lokasinya dekat dengan Taman Edelwies Besakih yang terkenal dengan panorama hamparan Bunga Edelwies dan Bunga Marigold yang sangat indah dan Taman Jinja Bali yang kental dengan nuansa negeri Sakura (Jepang), tentu tempat ini selalu menjadi incaran para traveler, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

4. Munduk Asri Payangan
Jika kamu menuju kintamani dari kawasan Kuta atau Denpasar dan melalui jalur raya Payangan, cobalah mampir ke Munduk Asri Payangan yang searah dengan perjalanan menuju Kintamani. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata baru di Gianyar dan sedang viral di sosial media. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan cantik berupa lembah dengan pepohonan tropis serta alamnya berhawa sejuk. Uniknya, di sini terdapat sebuah akar pohon rakasasa yang menjalar di dinding tebing tampil unik dan berbeda yang menjadi ikon dari tempat wisata yang berlokasi di Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat wisata ini pengunjungnya didominasi oleh wisatawan lokal, terutama mereka para kawula muda yang suka hunting foto. Bagi yang ingin mencari tempat wisata baru yang Instagramable di Bali dan dekat dengan Kintamani, admin merekomendasikan untuk mengunjungi tempat wisata Munduk Asri Payangan.

5. Kebun Raya Gianyar
Tidak jauh dari objek wisata Munduk Asri Payangan yang berjarak sekitar 3,6 km terdapat tempat wisata baru yakni Kebun Raya Gianyar (Botanical Gardens Gianyar). Tempat wisata yang baru di Gianyar ini memanfaatkan hutan rakyat di tanah negara yang dikelola oleh warga banjar Pilan. Di kebun raya ini tumbuh berbagai jenis tanaman untuk ritual umat Hindu dan tanaman obat, sehingga kebun raya ini menyatu dengan kehidupan budaya masyarakat Bali. Selain itu, di sini terdapat taman anggrek yang berada di Rumah Anggrek dengan koleksi mencapai 100 buah lebih tanaman anggrek. Bagi pecinta anggrek, tempat wisata ini wajib untuk dikunjungi, tentunya sangat bagus untuk berfoto selfie dengan latar belakang bunga anggrek yang sedang bermekaran.

6. Air Tejun Yeh Mampeh
Air terjun Yeh Mampeh dikenal dengan nama air terjun Les karena berada di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. Dalam bahasa Bali, “Yeh Mampeh” diartikan sebagai air terbang. Ya memang air terjun ini menawarkan pesona air terjun dengan air yang berterbangan karena terkena hempasan angin. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini memiliki kolam kubangan sebagai tempat jatuhnya air. Kolam tersebut bisa digunakan untuk berenang karena memiliki air yang sangat jernih dan tentunya sangat segar. Tidak hanya air terjunnya yang memiliki pesona yang memukau, pemandangan sekitar air terjun juga sangat indah dengan pepohonan yang menghijau. Lokasi air terjun ini lumayan jauh dari Kintamani, sekitar 35,5 km dari objek wisata Penelokan Kintamani.

7. Anjungan Tukad Melangit
Tempat wisata sekitar Kintamani berikutnya yang wajib dikunjungi yakni Anjungan Tukad Melangit yang berjarak sekitar 27,4 km dari Penelokan Kintamani. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata baru dan populer di Bangli yang berlokasi di Banjar Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat keren. Terdapat anjungan yang digunakan untuk spot  berfoto dengan latar belakang hijaunya lembah tukad melangit. Anjungan ini terbuat dari bambu yang menghadap ke arah selatan persis di atas Tukad Melangit. Wisatawan yang berkunjung ke sini didominasi oleh wisatawan domestik, khususnya kawula muda yang gemar berburu foto yang akan dipajang di sosial media mereka.

8. Agrowisata Plaga
Desa Wisata Pelaga terkenal dengan agrowisatanya yang sering disebut sebagai Bagus Agro Pelaga. Di sini wisatawan bisa beriteraksi langsung dengan para petani dalam mengolah perkebunannya, mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pemetikan. Berbagai macam tanaman ada disini, mulai dari aneka bunga, sayur-sayuran dan buah buahan. Kawasan ini juga mempunyai pemandangan yang indah dan alami dengan udara pegunungan yang menyegarkan. Selain perkebunan yang menjadi daya tarik, kawasan pucak Mangu juga sebagai jalur trakking yang sangat populer dikalangan wisatawan, karena keindahan alamnya yang masih hijau.

9. Jembatan Tukad Bangkung
Tidak jauh dari Bagus Agro Pelaga (berjarak sekitar 2,3 km) terdapat sebuah jembatan menghubungkan kabupaten Badung, Bangli, dan Buleleng yang bernama Jembatan Tukad Bangkung. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai jembatan tertinggi di Asia. Agar wisatawan bisa menikmati pesona jembatan ini, pemerintah membuat rest area di kawasan ini. Selain sebagai tempat istirahat sejenak sehabis melakukan perjalanan jauh, juga bisa digunakan sebagai tempat wisata dengan latar belakang jembatan Tukad Bangkung.

10. Desa Wisata Penglipuran
Tempat wisata sekitar Kintamani yang wajib untuk dikunjungi adalah desa terbersih di dunia yakni Desa Wisata Penglipuran. Tempat wisata yang berjarak sekitar 16,7 km dari Penelokan Kintamani ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali. Tidak hanya diburu oleh traveler domestik saja, bahkan pelancong luar negeri banyak yang ingin menikmati pesona desa ini. Tempat wisata ini sangat viral di sosial media Instagram. Jika kita cari dengan  #penglipuranvillage akan terdapat lebih dari 8,1 ribu kiriman tentang desa ini. Desa ini menang unik, di mana bentuk arsitektur bangunan rumah tradisional yang serupa dan tersusun rapi mulai dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Pada bagian utara desa, terdapat hutan bambu dengan suasana yang sangat sejuk dan asri. Hutan bambu ini sangat pas digunakan untuk lokasi foto selfie, bahkan kerap kali digunakan sebagai lokasi foto praweding lho.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata sekitar Kintamani tersebut? Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali khususnya yang berada di sekitar Kintamani. Salam longtriper.
Iklan