free counter with statistics Tempat wisata Desa Pinggan Batur Kintamani Bali
T8/02/2017

Tempat wisata Desa Pinggan Batur Kintamani Bali

Iklan
Iklan
Menikmati indahnya matahari terbit di pulau bali tidak harus pergi ke pantai,tetapi bisa juga menikmatinya di daerah pegunungan. Tempat tebaik di Pulau Dewata untuk menikmati indahnya sunrise dengan latar belakang tiga gunung yang diselimuti kabut yakni berada di desa pinggan kintamani bali.
Tempat wisata Desa Pinggan Batur Kintamani Bali
View di sekitar Desa Pinggan

Untuk bisa menikmati indahnya matahari terbit di desa pinggan, anda harus tiba di desa tersebut sebelum jam 6 pagi, karena rata-rata waktu terbit matahari di desa tersebut sekitar jam 6 pagi. Akan lebih baik jika anda menginap di kawasan objek wisata kintamani, tentu akan lebih mudah dan tidak perlu bangun terlalu pagi. Tetapi bagi anda yang menginap dikawasan objek wisata Bali selatan, untuk dapat melihat pemandangan matahari terbit desa Pinggan Kintamani, harus bangun sekitar jam 3 pagi. 
wisata Desa Pinggan
Desa Pinggan pada siang hari

Karena lokasinya berada di pegunungan kintamani, tentu suhu udara ini rendah yang mencapai sekitar 16-18 derajat Celsius, dengan suhu seperti itu tentu kulit kita akan kedinginan. Disarankan untuk menggunakan jaket, celana panjang, dan sepatu. Usahakan menghindarai musim hujan saat mengujungi objek wisata ini, agar diperoleh pemandangan alam yang mempesona dengan background tiga gunungnya yakni gunung batur, gunung abang, dan gunung agung. Bulan terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit dengan kabutnya di desa Pinggan Kintamani sekitar bulan September – November.
Desa Pinggan Batur Kintamani Bali
Gunung Batur dilihat dari Desa Pinggan

Mengunjungi desa pinggan kintamani kita tidak akan dipungut biaya tiket masuk, alias gratis. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya para fotografer yang berburu indahnya matahari terbit dengan pemandangan kabut disekitar gunung batur.

Lokasi dan Cara Akses ke Desa Pinggan

Tempat wisata Desa Pinggan berada di Kecamatan kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jika dari objek wisata penelokan, lokasi desa pinggan tepat berada di balik gunung batur. Dari kawasan objek wisata pantai kuta untuk menuju desa pinggan menempuh jarak kurang lebih 74 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari kawasan kota Denpasar menempuh jarak kurang lebih 65 km (waktu tempuh sekitar 2 jam 13 menit), dan dari objek wisata penelokan akan menempuh jarak kurang lebih 14 km (waktu tempuh sekitar 46 menit). Silahkan lihat posisi desa pinggan kintamani di Google Map di bawah ini.
Jika anda datang dari kawasan kuta, akan lebih cepat menuju kintamani jika melalui jalan payangan. Setelah sampai di objek wisata kintamani lalu ikuti jalan ke arah Singaraja. Tepat di pertigaan di Pura Puncak Penulisan ambil jalan lurus (jangan belok ke kiri) lalu ikuti saja jalan menuju ke Desa Pinggan. Kalau sudah sampai di pertigaan Pura Dalem Balingkang berarti anda sudah kelewatan dan harus balik jalan sekitar lagi 300 meter.

Dari pura puncak penulisan untuk menuju desa pinggan, jalan yang akan dilalui penuh belokan dan turunan. Pada saat admin mengunjungi lokasi ini, jalanan disekitar desa pinggan banyak lubangnya. Jadi disarankan untuk berhati-hati saat mengendarai kendaraan anda, apalagi berkendara pada menjelang subuh yang gelap gulita. Jika tersesat jangan segan-segan bertanya kepada penduduk setempat. Warga setempat akan dengan ramahnya menunjukan lokasi yang kita cari.

Walaupun aksesnya penuh tantangan, perjalanan anda akan terbayar dengan pemandangan yang memukau mata saat tiba di desa pingan kintamani. Setelah mengunjungi atau berburu matahari terbit di desa pinggan, perjalanan anda bisa lanjutkan untuk mengunjungi tempat wisata sekitarnya seperti tempat wisata penelokan, batur geopark, museum gunung api batur, desa trunyan, memancing ikan di danau batur, berendam di pemandian air panas toya bungkah, maupun menikmati kuliner ikan mujair nyat-nyat khas kintamani.
Iklan