free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Budaya Di Denpasar
T10/22/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Budaya Di Denpasar

Iklan
Iklan

Bali menjadi magnet tersendiri bagi jutaan wisatawan luar negeri tiap tahunnya. Tidak hanya memiliki pesona pantai pasir putih yang eskotis dan panorama pegunungan yang asri nan menghijau, Pulau Bali juga menyuguhkan keunikan kebudayaan yang dimilikinya. Budaya Bali yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pulau yang berjuluk “The Island of Thousand Temples” ini.
Inilah 10 Tempat Wisata Budaya Di Denpasar
Tempat wisata budaya di Denpasar

Bagi yang ingin mencari tempat wisata budaya di Bali khususnya di Denpasar, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Desa Budaya Kertalangu
Desa budaya Kertalangu berada di Jalan By Pass Ngurah Rai no 88 Denpasar yang memiliki panggung khusus untuk pementasan seni dan budaya Bali. Tarian yang dipentaskan seperti tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung yang berasal dari warga setempat yang sudah terlatih. Untuk bisa menikmati suguhan seni dan budaya Bali pengunjung harus melakukan pemesanan terlebih dahulu dan jadwal kegiatannya pun disesuai dengan pemesanan dan tergantung jumlah pengunjung dengan durasi setiap tarian sekitar 45 menit.

2. Taman Werdhi Budaya
Tempat wisata budaya berikutnya di denpasar yakni Taman Werdhi Budaya yang berlokasi di Jalan Nusa Indah, Denpasar. Taman Werdhi Budaya atau lebih terkenal dengan sebutan Art Centre ini merupakan tempat pementasan seni seperti seni musik dan seni tari, dan sebagai tempat memamerkan hasil-hasil seni yang lainnya seperti seni lukis, seni ukir, seni patung, dan seni-seni yang lainnya yang dimiliki oleh masyarakat bali. Selain itu, tempat wisata ini juga digunakan sebagai pusat penyelengaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap tahunnya, biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni-Juli (pada liburan sekolah).

3. Sanur Festival
Sanur Village Festival menyuguhkan kegiatan bazaar, festival kuliner dan atraksi seni serta budaya. Pada even ini akan menampilkan berbagai kegiatan kreatif yang mempu menarik banyak pengunjung tiap tahunnya, salah satunya adalah parade budaya yang biasanya diadakan pada pembukaan ataupun penutupan. Para wisatawan tidak hanya melihat keberagaman budaya masyarakat Sanur, namun ia turut terlibat menjadi bagian dari parade ini.

4. HUT Kota Denpasar
Untuk memperingati berdirinya kota Denpasar pemerintah kota madya Denpasar yang jatuh tiap tanggal 27 Februari ini biasanya melakukan berbagai kegiatan, baik di bidang seni, budaya dan olah raga. Pada puncak Hut Kota Denpasar pada malam harinya biasanya dimeriahkan dengan “Malam Apresiasi”, di mana para seniman dan artis Bali tampil penuh ekspresi karena benar-benar memanfaatkan ruang kreativitas yang disiapkan Pemerintah Kota Denpasar.

5. Tradisi Ngerebong di Kesiman
Tradisi Ngerebong di Desa Kesiman merupakan salah warisan budaya yang sangat unik di Bali yang berusia ratusan tahun. Di mana warga yang setengah trance (kerauhan) menari membawa keris tajam kemudian menghujamkan keris tersebut ke leher, dada ataupun kepala tanpa terluka.

6. Festival Omed-Omedan di Sesetan
Festival Omed-Omedan dilakukan sehari setelah perayaan Nyepi. Omed-Omedan yang artinya “tarik menarik” yang merupakan warisan kebudayaan yang dilakukan semenjak zaman penjajahan Belanda. Tradisi Omed-Omedan bukan sekadar festival ciuman massal, namun lebih ke unsur ritual keagamaan Hindu. Saat festival berlangsung, para muda-mudi yang ditunjuk secara bergantian maju dan langsung memeluk dan tarik-menarik serta berciuman. Suasana akan menjadi begitu magis manakala di akhir upacara Omed-Omedan para remaja putri kerauhan (trance). Lokasi diadakannya  Festival Omed-Omedan di Jalan Sesetan, Banjar Kaja, Denpasar.

7. Maha Bandhana Prasadha
Festival ini diadakan untuk memperingati peristiwa Puputan Badung yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Denpasar yang jatuh tiap tanggal 20 September. Dalam kegiatan ini akan diadakan parade seni dan budaya Bali.

8. Denpasar Festival
Denpasar Festival merupakan sebuah perayaan akhir tahun. Festival ini menyuguhkan pameran produk, kuliner, pesta budaya, aktivitas komunitas, konser musik, seni tabuh dan tari tradisional yang menggambarkan keragaman dan kekayaan ekspresi serta kreatifitas warga Kota Denpasar, Bali.

9. Puri Satria
Pada puri ini terdapat wantilan (pendopo) dan Kori Agung Puri bergaya Belanda. Saat ini aktifitas di Puri tidak sebagai tempat pemerintahan seperti dahulu, tetapi lebih di pusatkan sebagai aktifitas sosial, budaya, serta sepiritual. Puri Satria berlokasi di jalan Veteran No.62 Denpasar.

10. Waribang Kesiman
Tempat wisata pertunjukan Tari Barong di Bali lainnya berada di Sanggar Tari Barong dan Keris, yang berada di Panggung Uma Dewi, Jalan Waribang, Desa Kesiman, Kota Denpasar. Untuk menikmati pertunjukan Tari Barong Waribang, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp100.000 per orang. Selain melihat pertunjukan Tari Barong yang spektakuler dan ada adegan lucunya, para pengunjung juga dapat berfoto dengan penari sebelum masuk dan setelah pertunjukan usai. Durai pertunjukan Tari Barong Waribang berlangsung sekitar 1 jam yang dimulai pada pukul 09.30-10.30 Wita setiap harinya.

Bagaiamana? Tertarik untuk mengunjungi wisata budaya di Denpasar? Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mengisi liburan di Bali, khususnya yang mencari wisata budaya di Denpasar.
Iklan