T1/31/2015

Tempat Wisata Danau Beratan Tabanan

Bali merupakan salah satu pulau dan sekaligus sebuah provinsi yang ada di indonesia dengan luas wilayah sebesar 5.632,86 km2. Walaupun luas wilayahnya hanya 4,4% dari pulau jawa, Bali memiliki objek wisata danau yang sangat indah. Ada empat buah danau yang ada di Bali, yakni Danau Batur, Danau Beratan, Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Pada kesempatan ini Long Trip Mania akan mengulas tentang Danau Beratan.
Danau Beratan Tabanan
Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan terletak Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Untuk mengakses danau ini sangatlah mudah, karena berada di jalur jalan lintas kabupaten yang menghubungkan Denpasar-Singaraja dan dekat dengan Kebun Raya Eka Karya. Jarak tempuh dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju Danau Beratan hanya 70 km atau memerlukan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan. Jika Anda datang dari kawasan Objek Wisata Pura Taman Ayun, maka Anda akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 50 menit perjalanan ke arah utara. Perjalanan sebelum sampai ke lokasi Danau Beratan dipenuhi tanjakan berliku, dengan pemandangan kebun sayur dan lembah yang sangat indah sepanjang jalan, menjadikan suasana perjalanan Anda lebih damai.

Danau Beratan memiliki luas 1.607,5 hektar dan merupakan danau terluas kedua setelah danau Batur. Danau Beratan terletak di daerah pegunungan sehingga hawa udaranya sangat sejuk dan hijau serta kadang-kadang diselimuti kabut. Di tengah danau tersebut terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu ini merupakan ikon dari pariwisata provinsi Bali, sehingga pada uang kertas pecahan Rp 50.000 Anda akan menemukan gambar Pura Ulun Danu Beratan. 
Tempat Wisata Bedugul
Uang lima puluh ribuan yang ada gambar bedugulnya

Jika Anda memiliki hobi memancing, maka di Danau Beratan ini bisa digunakan sebagai tempat memancing. Selain itu, jika Anda ingin menikmati keindahan danau ini dari tengah danau, Anda bisa menyewa kapal boat atau sampan. Tersedia tempat parkir yang luas baik untuk roda empat maupun roda dua. Dekat areal parkir juga terdapat warung-warung kecil sebagai tempat belanja keperluan oleh-oleh bagi keluarga dan warung makanan dan minuman.

Jika Anda berkunjung ke Danau Beratan disarankan membawa payung dan menggunakan sandal karena wilayah danau beratan terletak di dataran tinggi sehingga sering turun hujan secara tiba-tiba dan kadang menggenangi bagian pinggir danau. Kesempatan ini dimanfaatken oleh warga setempat untuk menyediakan jasa penyewaan payung. Selain itu udara di kawasan ini cukup dingin, sehingga disarankan untuk menggunakan baju hangat atau jaket.
Tempat Wisata Danau Beratan Tabanan
Suasana di Danau Beratan
Perlu diperhatikan, bahwa Pura Ulun Danu Beratan merupakan tempat peribadatan yang disucikan, sehingga Anda harus mematuhi untuk tidak memasuki bagian dalam Pura Ulun Danu. Selain Pura Ulun Danu yang merupakan tempat suci bagi agama Hindu, di lokasi ini pun terdapat Wihara dan Masjid sebagai wujud dari nilai toleransi yang nyata antar umat beragama.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata Danau Beratan? Selain objek wisata Danau Beratan, Kabupaten Tabanan juga memiliki objek wisata yang sangat indah lainnya seperti Tanah Lot, Jati Luwih, Pantai Yeh Gangga, dan Pantai Soka dengan Museum Ogoh-Ogohnya.

0 Response to "Tempat Wisata Danau Beratan Tabanan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif