free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan Bali
T10/23/2015

Tempat Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan Bali

Iklan
Iklan
Tempat Wisata Pantai Yeh Gangga => Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali pada tahun 2013, kabupaten Tabanan merupakan salah satu kabupaten yang menyumbang jumlah wisatawan terbanyak di Bali. Hal ini disebabkan karena Tabanan memiliki objek wisata pantai yang sangat eksotis. Salah satu objek wisata yang paling unik yang ada di kabupaten Tabanan yakni Pantai Yeh Gangga. Apa yang unik di pantai Yeh Gangga?
Tempat Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan
Pantai Yeh Gangga yang eksotis

Untuk mengakses pantai Yeh Gangga sangatlah mudah karena sudah tersedia jalan yang beraspal yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Lokasi pantai Yeh Gangga berada di jalan Yeh Gangga, Desa Yeh Gangga, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Jika Anda berada di kota Tabanan (jalur jalan utama Denpasar-Gilimanuk) maka akan menemukan petunjuk arah ke pantai Yeh Gangga dan merupakan satu jalur dengan jalan menuju Rumah Sakit Wisma Prasanthi. Dari Kota Tabanan, untuk menuju lokasi ini anda akan memerlukan jarak tempuh 10 km. Jika datang dari Kuta atau bandara Ngurah Rai, maka waktu tempuhnya kurang lebih 85 menit. Sedangkan jika datang dari kawasan Denpasar, maka jarak tempuh ke lokasi ini kira-kira 31 km. Akan lebih dekat jarak tempuhnya jika datang dari Objek Wisata Tanah Lot, hanya menempuh jarak kurang lebih 9 km.

Tidak seperti pantai yang ada di Bali Selatan seperti Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, dan Pantai Muaya yang berpasir putih. Justru pantai Yeh Gangga berpasir hitam dengan panorama yang indah menawan. Keadaan pantai ini masih tenang dan nyaman sehingga saat cocok untuk bersantai dan menghilangkan kejenuhan. Saat sore hari di pantai ini wisatawan yang datang dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam (sunset) di balik cakrawala.

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, namun wisatawan yang datang kesini dilarang untuk berenang dikarenakan arus bawah laut pantai ini bisa menyeret kedalam dan sangat cocok untuk kegiatan surfing, sehingga banyak wisatawan asing yang melakukan kegiatan berselancar dipantai ini. Kira-kira 30 meter dari bibir pantai terdapat batu karang yang bolong ditengahnya. Pada saat air laut surut, jika anda ingin merasakan sensasi tersendiri di Pantai Yeh Gangga, maka naiklah ke atas karang tersebut. Dari atas batu karang ini, Anda akan melihat pesisir pantai yang membentang luas ke selatan. Karang ini, kalau mau dilihat dari satu sudut tertentu, bentuknya itu menyerupai hati, sungguh unik bukan?
Tempat Wisata Pantai Yeh Gangga
Pantai Yeh Gangga dengan batu karangnya yang bolong
Penduduk di sekitar pantai Yeh Gangga bermata pencaharian sebagai petani, hal ini dapat Anda lihat pada sisi selatan dari pantai merupakan hamparan sawah yang berwarna hijau sungguh perpaduan warna yang menarik dan akan memanjakan mata anda. Selain itu sebagai petani, masayarakat di sekitar pantai ada yang bekerja sebagai nelayan, ini bisa terlihat dari perahu-perahu nelayan yang terdapat di sebelah barat pantai dengan hasil tangkapan yang terkenal yaitu lobster dan ikan layur.
Tempat Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan Bali
Aktivitas nelayan di pantai Yeh Gangga

Untuk menunjang aktivitas beriwisata di pantai yeh gangga, maka pemerintah setempat menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toilet, warung makan, restoran, villa, resort dan bungalow. Jadi kenyamana anda akan terjamin jika berwisata di pantai ini.

Pantai ini juga digunakan untuk aktivitas berkuda oleh wisatawan, karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat jasa penyewaan kuda. Silahkan baca: tempat wisata naik kuda di Bali

Selain Pantai Yeh Gangga, di Kabupaten Tabanan juga memiliki objek wisata yang menarik untuk anda kunjungi, seperti Pantai Soka dengan museum ogoh-ogohnya, wisata alam Jati Luwih dan Pantai Kelating.
Iklan