free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Rambut Siwi Jembrana Bali
T11/09/2015

Tempat Wisata Pantai Rambut Siwi Jembrana Bali

Iklan
Iklan
Tempat wisata pantai Rambut Siwi merupakan salah satu dari 10 tempat wisata favorit di bali barat berdasarkan data BPS tahun 2013. Pantai ini bernama pantai Rambut Siwi karena tidak jauh dari pantai ini berdiri tempat suci yang bernama Pura Rambut Siwi. Sedangkan warga setempat menyebut nama pantai ini dengan nama Pantai Yeh Embang karena berada di Desa Adat Yeh Embang. Untuk memudahkan pengunjung mengingat pantai ini maka dinamakan sesuai dengan nama pura di dekat pantai  tersebut dan pengunjung lebih mudah mengingat nama tempat suci tersebut.
Tempat Wisata Pantai Rambut Siwi Jembrana Bali
Pantai Rambut Siwi Jembrana
Tidak seperti Pantai Medewi yang sudah populer dikalangan para peselancar, pantai rambut siwi masih sepi dari kunjungan para peselancar. Walaupun pantai ini sepi dari pengunjung bukan berati pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. Justru sebaliknya, pantai ini menawarkan keindahan lautnya dibalut dengan keindahan pura rambut siwi yang berdiri di atas tebing di pantai ini. Pantai ini memiliki area yang berpasir hitam yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sepak bola, dan bola voli.

Sama seperti Pantai Kuta, pantai Rambut Siwi juga menyajikan keindahan matahari tenggelamnya tetapi pantai ini tidak seramai Pantai Kuta. Pantai ini sangat cocok untuk mencari suasana sepi dan nyaman dan jauh dari aktivitas perkotaan. Saat sang surya mau kembali ke peraduannya kita akan melihat warnanya kuning kemerah-merahan. Momen-momen ini yang paling banyak diburu oleh para fotografer. 

Tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat penginapan bagi yang ingin mencari sensasi matahari tenggela dan tidak ingin kemalaman di jalan saat mau pulang. Tidak jauh dari area pura rambut siwi terdapat rest area siap digunakan untuk melapaskan lelah anda sejenak. Pantai Rambut Siwi dapat juga digunakan sebagai tempat alternatif untuk istirahat sejenak sehabis melakukan perjalanan yang sangat melelahkan baik itu dari arah timur (Denpasar) atau dari arah barat (Gilimanuk). Di sekitar pantai belum tersedia warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Jadi sebelum mengunjungi pantai ini persiapkan diri Anda perbekalan yang diperlukan. Anda dapat membelinya di jalan jurusan Denpasar Gilimanuk yang berada di area parkir pura rambut siwi. Di sini Anda bisa membeli aneka makanan dan minuman yang segar karena sudah tersedia minimarket.
Tempat Wisata Pantai Rambut Siwi
Pantai Rambut Siwi di Yeh Embang Kangin

Letak Pantai Rambut Siwi

Pantai Rambut Siwi terletak di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Pantai yang berada di Bali Barat ini memerlukan waktu sekitar 2 jam dari Kota Denpasar dengan jarak tempuh 80 km atau 30 menit dari Kota Negara dengan jarak 20 km. Jika Anda datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam dengan jarak tempuh 90 km.

Untuk menuju ke pantai Rambut Siwi sangatlah mudah, jika Anda datang dari arah timur (Denpasar) hanya cukup mengikuti jalan utama menuju Denpasar - Gilimanuk. Setelah memasuki wilayah Kabupaten Jembrana, anda akan menemukan sebuah tempat suci (pura) di sisi kiri, di mana sebagian besar pengendara menghentikan kendaraannya di tempat ini untuk istirahat sejenak atau bersembahyang. Di sebelah kanan terdapat Pos Polisi Lalu Lintas Rambut Siwi. Dari Pos Polisi tersebut ke barat kira-kira 200 meter akan menemukan sebuah candi bentar (gerbang berbentuk candi) di sebelah kiri dan terdapat sebuah penginapan Sagita di sebelah kanannya. Dengan masuk ke candi bentar tersebut maka anda akan diarahkan menuju pantai Rambut Siwi.

Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai Rambut Siwi yakni Pantai Medewi, Pantai Delod Berawah, Pantai Perancak, dan Taman Kota Pecangakan. Silahkan kunjungi pantai Rambut Siwi sambil menikmati objek wisata di Jembrana yang lainnya.
Iklan