free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Munggu Mengwi Badung
T2/05/2016

Tempat Wisata Pantai Munggu Mengwi Badung

Iklan
Iklan
Badung merupakan salah satu kabupaten di Bali yang memiliki objek wisata pantai yang sangat eksotis. Badung terkenal dengan objek wisata pantai pasir putihnya seperti pantai Kuta, pantai Pandawa, pantai Padang-Padang, dan pantai-pantai lainnya. Tidak hanya memiliki pantai yang berpasir putih, kabupaten badung juga memiliki objek wisata pantai dengan pasir hitam yang alami. Salah satu objek wisata pantai pasir hitam yang ada di kabupaten Badung yakni pantai Munggu.
Tempat Wisata Pantai Munggu Mengwi Badung
Pantai Munggu
Pantai ini bernama pantai Munggu karena pantai ini berada di desa Munggu. Seperti kita ketahui, kebanyakan nama pantai yang ada di Bali diberi nama sesuai dengan nama desa tempat pantai itu berada. Terkadang wistawan yang mengunjungi pantai ini menyebut pantai ini dengan pantai Seseh karena berada di jalan Raya Seseh. Padahal pantai Seseh berada di sebelah barat dari pantai ini, tepatnya berada di desa Cemagi, Jalan Segara Seseh.
Pantai Munggu Mengwi Badung
Pantai Munggu
Bagi yang tidak suka dengan suasana ramai pada saat mengunjungi pantai, Anda bisa mencoba mengunjungi pantai Munggu karena suasananya lumayan sunyi. Sebelum memasuki kawasan pantai tepatnya di sepanjang jalan Raya Seseh, Anda akan disambut dengan keindahan alam berupa hamparan pesawahan yang hijau membentang luas. Pantai Munggu merupakan pantai sunset, di mana pada sore hari kita bisa melihat indahnya sang surya tenggelam di ufuk barat.

Bagi yang suka surfing (berselancar) pantai Munggu surganya para peselancar karena memiliki gelombang yang kuat dan besar dengan garis pantai yang memanjang sehingga sangat cocok untuk kegiatan selancar. Pada hari-hari tertentu pantai ini digunakan Upacara Melasti dan Melarung Bumi oleh warga sekitar.
Tempat Wisata Pantai Munggu
Pantai Munggu
Penduduk sekitar bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, ini bisa terlihat dari sawah-sawah yang ada saat akan menuju kawasan pantai sedangkan perahu nelayan terdapat disekitar pesisir pantai. Untuk mendukung kegiatan pariwisata di Pantai Munggu maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang cukup luas, villa, restaurant, café, dan warung yang menjual makanan dan minuman ringan..

Letak dan Cara Akses Pantai Munggu

Pantai Munggu berada di Jalan Raya Seseh, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung Bali. Dari Bandara Ngurah Rai berjarak kurang lebih 24 km atau dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Kenapa jarak 24 km bisa ditempuh 1 jam perjalanan? Jalur untuk menuju pantai ini sering macet, hampir tiap hari di jalan ini terjadi kemacetan, selain karena jalannya kecil juga karena belum ade jalan alternatif untuk menuju pantai ini. Jalan ini satu-satunya akses menuju tempat wisata Tanah Lot dari Bandara Ngurah Rai tentu akan menyebabkan banyak kendaraan yang melewati jalan ini. Titik-titik yang sering terjadi kemacetan di jalur ini yakni di Jalan Raya Kerobokan dan Jalan Raya Canggu.

Dari kota Denpasar jarak tempuh ke pantai Munggu kurang lebih 15 km dan berjarak 10 km dari tempat wisata Tanah Lot. Adapun akses menuju pantai Munggu dari Bandara Ngurah Rai yakni sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai cari Jalan By Pass Ngurah Rai lalu menuju Jalan Sunset Road dengan melewati Underpass Patung Dewa Ruci. Dari Jalan Sunset Road ke Jalan Raya Kerobokan, Jalan Raya Semer, Jalan Raya Canggu, dan Jalan by Pass Tanah Lot. Nanti tepat diperempatan yang ada pohon beringinnya akan ada plang petunjuk arah menuju pantai Seseh yang mengarah ke kiri. Ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai di pantai Munggu.
Iklan