free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Di Bali Selatan Selain Pantai
T1/28/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Di Bali Selatan Selain Pantai

Iklan
Iklan

Sentra aktivitas pariwisata di Bali berada di Bali Selatan karena kawasan ini yang lebih dekat dengan tempat pendaratan para pelancong dari luar negeri. Jika para turis akan ke Bali melalui jalur udara maka mereka akan menginjakan kaki pertama kali di Bali Selatan. Tentunya para investor lebih tertarik untuk mengenbangkan pariwisata di Bali bagian selatan dengan membuat fasilitas-fasilitas yang super mewah, seperti restoran dan hotel yang berbintang. Apalagi kawasan di kaki pulau Bali ini terdapat banyak destinasi wisata yang sangat terkenal dan populer di dunia. Sebagian besar objek wisata di Bali Selatan berupa pantai dengan pesona pasir putihnya yang memukau mata.
Inilah 10 Tempat Wisata Di Bali Selatan Selain Pantai
Tempat wisata di Bali Selatan selain pantai

Bali selatan tidak hanya menyuguhkan pesona pantai pasir putih yang sudah melegenda keindahannya hingga ke luar negeri, tetapi juga menawarkan destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menariknya dengan wisata pantai. Bagi yang ingin mencari tempat wisata di Bali Selatan selain pantai, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat berikut ini.


1. Patung Tertinggi Ketiga di Dunia
Bali kini sudah memiliki ikon pariwisata baru yang diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan asing untuk datang ke pulau Dewata. Ikon pariwisata baru ini berupa patung yang terbuat dari tembaga yang bernama Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung GWK ini memiliki ketinggian mencapai 121 meter yang ketinggiannya mengalahkan patung Liberty yang tingginya hanya mencapai 93 meter. Jika dilihat dari tingginya, Patung GWK merupakan patung terbesar ketiga di dunia setelah patung Spring Temple Buddha dan patung Laykyun Setkyar. Jika dlihat dari bahannya, maka patung GWK dikatakan sebagai tembaga terbesar di dunia lho. Patung GWK ini berdiri di sebuah taman budaya yang bernama Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK Culture Park yang berlokasi di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Taman Budaya GWK merupakan jendela seni dan budaya Pulau Bali dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan. Dari GWK kita bisa melihat indahnya pemandangan Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa.

2. Uluwatu Kecak Dance
Selain GWK tempat wisata keren berikutnya di Bali Selatan selain pantai ada Pura Uluwatu. Tempat suci umat Hindu yang berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pulau Bali. Pura Uluwatu dibangun di atas batu karang terjal dan tinggi, posisi karang ini menjorok ke samudra Indonesia yang biru. Kawasa pura luhur uluwatu terkenal dengan keindahan matahari terbenamnnya (sunset). Di sini juga tersedia stage tempat digelarnya pertunjukan tari Kecak setiap sore hari. Bagi wisatawan asing objek wisata pertunjukan tari Kecak di Uluwatu dikenal dengan nama Uluwatu Kecak Dance. Dengan latar belakang sunset, pertunjukan kecak di sini akan menjadi sebuah pertunjukan seni tari yang memukau mata. Selain sebagai lokasi menonton Tari Kecak, kawasan Pura Uluwatu memiliki panorama yang sangat indah, pengujung bisa berfoto-foto di sekitar pura dengan latar belakang tebing karang yang menghijau atau matahari terbenamnya yang sangat spektakuler.

3. Puja Mandala
Saat berlibur ke Bali Selatan bingung mencari tempat ibadah? Cobalah sambangi kawasan Puja Mandala yang terletak di di Jalan Kurusetra, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Puja Mandala merupakan kawasan tempat wisata sekaligus tempat suci untuk umat beragama di Indoensia, karena di kawasan Puja Mandala berdiri 5 Rumah ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia yakni dimulai dari yang kiri ke kanan adalah Masjid Agung Ibnu Battutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua serta Pura Jagatnatha. Tempat ini jadi simbol betapa tingginya toleransi antar umat beragama di Bali. Nah bagi yang ingin mencari tempat untuk melakukan ibadah di kawasan Bali Selatan, coba mampir ke tempat wisata Puja Mandala yang berjarak sekitar 6,3 km dari tempat wisata Tanjung Benoa Watersport. Apalagi kawasan ini memiliki tempat parkir sangat luas yang mampu menampung puluhan bis berukuran besar.

4. Pesawat Bengong (Abandoned Aircraft)
Pesawat Bengong atau dalam bahasa asing dikenal dengan nama Abandoned Aircraft ini lokasinya dekat dengan Pantai Pandawa dengan jarak sekitar 2,8 km. Menurut berbagai sumber, “bangkai” pesawat ini konon katanya akan disulap menjadi sebuah sebagai restoran. Mungkin restoran ini konsepnya seperti aeropark keramas yang berada di Jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra. Hingga kini pesawat yang sudah lama nangkring ini belum juga jadi restoran. Walaupun belum jadi, tempat wisata pesawat “bengong” ini mampu menarik para pelancong khususnya kawula muda yang gemar hunting foto yang akan di pajang di feed Instagram mereka. Pengunjung bisa berfoto selfie dari atas tebing dengan latar belakang pesawat yang terparkir cantik begitu saja dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya, sehingga menghasilkan foto yang sangat unik.

5. Water Park
Selain pantai, Bali selatan juga memiliki beberapa tempat wisata waterpark yang sangat populer di Bali. Water Park merupakan salah satu satu bentuk taman rekreasi yang memiliki area bermain air. Wahana bermain air yang tersedia di waterpark biasanya seluncuran air, bantalan air, area main air sembur, kolam arus, atau mandi rekreasi lainnya, dan berenang. Jika bosen berlibur atau bermain air di pantai, cobalah sambangi beberapa waterpark yang berada di Bali selatan misalnya Waterboom Bali di Tuban Bali, Circus Waterpark di Kuta Bali, Dreamland Waterpark di Pecatu yang lokasinya dekat dengan Pantai Dreamland Bali, dan Nirmala Waterpark di Unggasan. Semua wahana di waterpark tersebut siap memanjakan kunjungan para wisatawan dalam berwisata di bali selatan, khususnya yang ingin mencari tempat wisata selain pantai.

6. Penangkaran Penyu
Ingin mencari tempat wisata edukasi di Bali? Coba “meluncur” ke tempat wisata penangkaran penyu yang berada di Bali Selatan. Tempat wisata ini sangat tepat dikunjungi ketika mengajak anak-anak berlibur ke Bali. Setidaknya terdapat dua tempat wisata penangkaran penyu di Bali Selatan yang bisa menjadi pilihan alternatif berwisata bagi yang bosan menikmati wisata pantai. Ada tempat wisata penangkaran penyu Deluang Sari yang terletak di Tanjung Benoa dan penangkaran penyu yang terletak di Pulau Serangan Bali. Tujuan penangkaran penyu ini adalah untuk melindungi penyu dari kepunahan sekaligus sebagai sarana wisata dan edukasi bagi anak-anak. Wisatawan yang datang kesini dapat langsung memegang, memberi makan, berfoto ataupun masuk ke area kolam penangkaran dan bermain dengan penyu-penyu tersebut. Selain itu, pengunjung akan mendapat tambahan informasi berupa cara hidup, cara berkembang biak penyu dan informasi lainnya tentang penyu. Pengkaran penyu kini menjadi tempat wisata populer di Bali yang selalu diminati oleh para turis yang datang ke Bali.

7. Bali Paragliding Tandem Flight
Ingin mencari tempat wisata yang ekstrem di Pulau Bali? Coba uji nyali kamu di Bali Paragliding Tandem Flight. Dalam permaian paragliding atau paralayang hampir mirip seperti permainan parasailing di Tanjung Benoa Watersport. Hanya saja dalam permainan paralayang ini tidak ditarik oleh speed boat. Begitu kita terbang, dari atas kita bisa melihat pemandangan laut biru, bukit karang kokoh berdiri, dan garis pantai pasir putih yang eksotis. Bagi penerbang pemula atau belum pernah terbang sama sekali, maka kita harus terbang dengan cara tandem. Kita berada di depan, sementara paraglider ahli berada di belakang memandu dan akan mengendalikan parasut tersebut ke mana hendak menuju. Permainan paragliding ini cukup populer bagi kalangan wisatawan khususnya bagi yang ingin menikmati suasana baru dalam mengisi liburan di Bali. Untuk bisa menikmati wahana ini pengunjung harus merogoh kocek alias tidak gratis.

8. Monumen Pahlawan Taman Mumbul
Jika kebetulan berlibur ke Bali Selatan dan belum sempat datang ke Monumen Bajra Sandi Renon, bisa mengunjungi Monumen Pahlawan Perang Kemerdekaan Republik Indonesia 1945 yang memiliki arsitektur hampir mirip. Hanya saja Monumen Pahlawan Taman Mumbul ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan Monumen Bajra Sandi Renon. Selain sebagai tempat wisata sejarah, monumen ini juga digunakan sebagai tempat foto praweding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, karena monumen ini bentuknya yang sangat indah dan unik. Monumen ini masih sepi dari pengunjung karena belum dikelola secara optimal. Jika monumen ini dikelola secara optimal, pasti akan banyak pengunjungnya seperti monumen Bajra Sandhi yang setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Lokasi monumen ini berada di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, Banjar Mumbul, Nusa Dua, Bali.

9. Museum Pasifika
Bali terkenal sebagai daerah yang memiliki wisata seni dan budaya yang adi luhung. Bahkan salah satu kabupaten di Bali mendapat julukan sebagai bumi seni karena di kabupaten tersebut lahir dan berkembang berbagai macam seni. Untuk menikmati seni di Bali bisa bertandang ke Museum Pasifika yang berlokasi di di Kawasan ITDC, Area Blok P, Nusa Dua, Bali. Museum Pasifika merupakan museum seni di Bali yang menyajikan kebudayaan Asia dan Pasifik dan berbagai macam artefak budaya. Di museum ini para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai koleksi seni lukisan hasil karya maestro seni dari dalam negeri dan luar negeri. Selain memanjang seni lukisan, museum terbesar di Bali ini juga memamerkan seni lainnya seperti seni patung, tekstil, dan benda antik lainnya. Karena saking banyaknya koleksi yang ada di dalam museum, sehingga dikatakan sebagai museum seni terbesar di Bali bahkan terbesar di dunia lho.

10. Joger Kuta
Bagi yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali khususnya baju kaos dengan kata-kata yang unik dan mengelitik, coba kunjungi Joger Kuta yang terkenal dengan pabrik kata-katanya. Di dalam galery Joger ini terdapat ruangan yang khusus memajang koleksi T-shirt dan ruangan khusus souvenir (mug, sandal, gantungan kunci dan lain sebagainya). Selain itu ada juga ruangan khusus untuk T-Shirt anak-anak. Tempat ini wajib dikunjungi bagi yang menginginkan oleh-oleh khas Bali yang unik dan memiliki ciri khas untuk dibawa pulang.

Selain beberapa tempat wisata yang admin sebutkan di atas, masih banyak tempat wisata lainnya di Bali Selatan selain pantai. Misalnya ada Bendungan Jimbaran, Taman Satrya Gatotkaca, Tebing Karang Boma, dan Watersport Tanjung Benoa. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali Selatan selain pantai.
Iklan