free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Mengening Di Desa Cemagi Badung
T4/24/2016

Tempat Wisata Pantai Mengening Di Desa Cemagi Badung

Iklan
Iklan
Anda ingin menikmati pantai yang unik seperti pantai Tanah Lot tetapi dengan suasana yang sepi dan tenang. Cobalah berkunjung ke pantai mengening. Pantai ini bernama pantai Mengening karena lokasi pantai ini berada di Banjar Adat Tempek Mengening. Mengening berasal dari kata “hening” yang artinya sepi. Ya memang benar, tempat ini benar-benar sepi dan tenang, hanya deburan ombak yang terdengar di kawasan ini. Ada juga yang mengatakan kalau pantai ini bernama pantai Cemagi karena berada di Desa Cemagi. Apa yang unik di pantai ini?


Di pantai ini terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Luhur Gede Batu Ngaus. Uniknya letak tempat suci tersebut berada  agak ke tengah laut hampir mirip dengan pura Tanah Lot tetapi dalam ukuran yang lebih kecil. Tidak seperti Pura Tanah Lot jika air laut sedang pasang kita tidak bisa masuk ke areal pura, tetapi kalau di Pura Luhur Gede Batu Ngaus jika air laut pasang tetap kita bisa masuk juga karena akses ke tengah pura sudah dibuatkan jalan yang lumayan lebar untuk dilalui oleh pengunjung yang ingin sembahyang atau sekedar melihat view di sekitar tempat suci ini.
Pantai Mengening Di Desa Cemagi Badung
Pantai Mengening di Desa Cemagi

Di sebelah sisi kiri dan kanan jalan kita disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah untuk dinikmati. Sama seperti pantai Munggu, pantai mengening juga berpasir hitam, hanya saja pantai Mengening terdapat karang yang di atasnya berdiri sebuah pura. Kalau air sedang pasang kita bisa melihat deburan ombak yang mempesona yang menghantam batu karang disekitar pura tersebut. Disarankan jangan turun ke pantai kalau air sedang pasang apalagi disertai dengan ombak besar, sangat berbahaya. Sedangkan, jika air sedang surut kita bisa turun ke pantai baik dari sisi kiri maupun kanan jalan yang menuju pura untuk foto foto dilatar belakangi pura dan karang yang indah. Perlu diperhatikan karena pantai ini pantai berkarang dan berbatu, kalau ingin turun ke pantai sebaiknya menggunakan alas kaki.
Tempat Wisata Pantai Mengening Di Desa Cemagi Badung
Jalan menuju ke Pura Luhur Gede Batu Ngaus

Pantai Mengening merupakan pantai sunset, di mana pada senja hari kita bisa menikmati indahnya sang surya tenggelam di balik cakrawala. Agar dapat menikmati indahnya matahari tenggelam di pantai Mengening, kita harus sudah sampai sekitar pukul 17.00 wita karena sunset disini sekitar pukul 18.00 wita. Selain sebagai spot untuk berburu sunset, pantai ini juga sering dipakai latar belakang untuk prewedding yang ingin mengarungi bahtera rumah tangga.

Yang suka memancing, pantai ini juga tempat yang cocok untuk melemparkan kail ke tengah laut untuk berburu ikan. Banyak terdapat spot-spot untuk memancing di lokasi ini. Sambil menunggu umpan disambar ikan, kita bisa melihat sunset di sore hari, sungguh pemandangan alam yang menenangkan jiwa.
Pantai Mengening di sebelah barat Pura Luhur Gede Batu Ngaus

Pada saat penulisan artikel ini, di area ini belum tersedia tempat parkir khusus pengunjung pantai. Jika kita ingin memarkir kendaraan bisa dilakukan di pinggir jalan atau di depan gerbang pura. Di kawasan ini juga belum ada warung yang berjualan makanan atau minuman seperti pantai-pantai lainnya di Bali. Jadi, disarankan untuk membawa makanan atau minuman sebelum mengunjungi pantai mengening ini. Sehabis menikmati perbekalan yang dibawa, supaya tidak membuang sampahnya secara sembarangan. Kita harus menjaga kawasan pantai ini supaya tetap bersih.
  

Letak dan Cara Akses Pantai Mengening

Pantai Mengening terletak di Jalan Pantai Mengening. Tepatnya berada di Banjar Adat Tempek Mengening, desa Cemagi, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung, propinsi Bali. Pantai ini merupakan batas sebelah barat antara kabupaten Badung dengan kabupaten Tabanan. Sebelah timur pantai mengening terdapat pantai Seseh dan sebelah baratnya merupakan pantai Nyanyi (kabupaten Tabanan).

Untuk menuju ke lokasi ini sangatlah mudah karena sudah jalan beraspal yang sangat bagus hingga ke bibir pantai. Dari Bandara Ngurah Rai hanya ditempuh dengan jarak kurang lebih 25 km atau dengan waktu tempuh 55 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Adapun rute perjalanan yang bisa dilalui yakni: dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju jalan By Pass Ngurah Rai hingga ke Underpass Dewa Ruci (tempat wisata patung Dewa Ruci). Dari Underpass Dewa Ruci terus saja ke jalan Sunset Road sampai jalan habis ada pertigaan belok kanan menuju jalan raya Kerobokan, terus di jalan raya Kerobokan sampai ketemu jalan kearah jalan raya Canggu yang menuju ke arah objek wisata tanah lot.

Di jalan raya Canggu, nanti akan ketemu perempatan Pantai Seseh yang ada pohon beringinnya. Dari perempatan ini lurus ke barat kira-kira 800 meter akan menemuka perempatan, terus belok ke kiri. Ikuti terus jalan ini sampai menemukan sebuah gapura yang bertuliskan “SELAMAT DATANG DI DESA CEMAGI” seperti gambar di bawah ini. Ikuti jalan dengan garis putih tersebut sampai habis maka tibalah kita di pantai tujuan yaitu pantai Mengening.
 Desa Cemagi Badung
Gapura Selamat Datang di Desa Cemagi

Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai Mengening yakni Pantai Pererean, Pantai Munggu, Pantai Seseh, Pantai Tanah Lot, Pantai Nyanyi, Pantai Brawa, dan Pantai Batu Bolong.
Iklan