free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Selabih Tabanan Bali
T4/17/2016

Tempat Wisata Pantai Selabih Tabanan Bali

Iklan
Iklan
Tabanan tidak hanya terkenal akan keindahan alam pegunungannya seperti tempat wisata Bedugul dengan keindahan alam danau Beratan dan juga keindahan alam Jati Luwih dengan sawah yang asri, tetapi juga memiliki objek wisata pesisir yang sangat mempesona dan tentunya tidak kalah indahnya dengan pesisir-pesisir lainnya di Pulau Dewata.

Kabupaten yang mendapat julukan “lumbung padi” ini memiliki objek wisata pantai yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, seperti pantai Soka dan pantai Kelating. Tidak hanya memiliki pantai Soka dan Kelating, di ujung barat kabupaten Tabanan terdapat sebuah pantai yang relatif sepi dari pengunjung dan tentunya sangat nyaman untuk dikunjungi. Nama pantai tersebut adalah pantai Selabih. Pantai ini tepat berada di perbatasan antara kabupaten Jembrana dan Tabanan. Sama seperti pantai Yeh Leh milik kabupaten Jembrana yang juga lokasinya diperbatasan, karakteristik pantai ini juga mirip yakni berpasir hitam dan memiliki ombak besar.
Tempat Wisata Pantai Selabih Tabanan Bali
Pantai Selabih Selemadeg Barat
Di sekitar pantai ini terdapat warung makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi pengunjung bisa menikmati indahnya pantai sambil duduk di warung menikmati makanan dan minuman. Lokasinya pun sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama Denpasar-Gilimanuk. Bagi yang kebetulan lewat dijalur ini, alangkah baiknya istirahat sejenak untuk melepaskan lelah sambil menikamti indahnya pantai yang indah dan eksotis ini. Dengan pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai membuat pantai ini pada siang hari menjadi teduh apalagi disertai dengan angin yang sepoi-sepoi dari laut, sungguh suasana yang sangat nyaman sekali.

Pantai Selabih merupakan pantai matahari tenggelam, karena pada saat menjelang senja kita akan melihat indahnya sang surya tenggelam di balik cakrawala. Selain sebagai pantai sunset, kawasan ini merupakan tempat untuk memancing. Oleh karena itu pada tahun baru 2016 di kawasan pantai Selabih diadakan lomba memancing yang diikuti oleh ratusan nelayan yang berasal dari seluruh desa-desa pesisir di Kabupaten Tabanan.
Pantai Selabih Tabanan Bali
Pantai Selabih dengan pohon kelapanya
Di kawasan pantai Selabih belum tertata, sehingga belum tersedia fasilitas umum seperti toilet dan gazebo (tempat duduk). Bagi yang kebetulan berkunjung ke lokasi ini, bisa duduk di bawah pohon kelapa atau di warung-warung yang sudah menyediakan tempat duduk di pinggir pantai sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan oleh pemilik warung. Bagi yang duduk-duduk di bawah pohon kelapa supaya berhati-hati karena bisa saja buah kelapa jatuh tiba-tiba.

Ombak di pantai ini cukup besar, untuk mengurangi dampak abrasi akibat terjangan ombak, pantai ini diberi beton penghalang abrasi. Anda bisa duduk-duduk di atas beton penghalang abrasi tersebut sambil menikmati deburan ombak yang memecah keheningan.

Lokasi dan Cara Akses Pantai Selabih

Pantai Selabih berada di Desa Selabih, Kecamatan Selamdeg Barat, Tabanan. Di sebelah barat dari pantai ini terdapat pantai Yeh leh milik Pemkab Jembrana. Dari museum Ogoh-Ogoh Soka hanya berjarak kurang lebih 12 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, sedangkan dari Kota Tabanan hanya berjarak kurang lebih 35 km. Untuk mengakses pantai selabih sangatlah mudah. Jika Anda datang dari timur misalnya dari kota Tabanan, cari jalur jalan utama Denpasar-Gilimanuk. Tepat di SPBU Selabih (Selemadeg Barat) kira-kira lagi 500 meter Anda akan melihat sebuah pantai, nah itulah pantai Selabih yang tepat berada di sebelah kiri jalan raya. 
Iklan