free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Colek Pamor Buleleng Bali
T10/19/2017

Tempat Wisata Air Terjun Colek Pamor Buleleng Bali

Iklan
Iklan
Wisatawan yang melancong ke Pulau Bali biasanya akan menargetkan bali selatan dengan pantai pasir putihnya yang menawan hati, selain karena banyak memiliki banyak sekali pantai pasir putih yang eksotis, bali selatan juga sangat dekat dengan Bandara Ngurah Rai. Akan tetapi jangan berpikir kalau bali utara tidak memiliki objek wisata yang layak untuk dikunjungi, misalnya ada pantai lovina yang terkenal akan atraksi lumba-lumba liarnya di pagi hari. Tahukah kamu bahwa bali utara merupakan surganya tempat wisata air terjun alami, di bali utara setidaknya terdapat 35 titik air terjun yang tersebar diseluruh kecamatan di kabupaten buleleng.

Salah satu objek wisata air terjun yang ada di buleleng yang sudah terkenal yakni air terjun gitgit yang berada di desa gitgit. Air terjun ini sudah populer di kalangan para traveler kelas dunia, selain karena keindahannya yang mampu membuat wisatawan untuk bengong berlama-lama, juga sejalur dengan objek wisata pantai lovina. Tidak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat juga air terjun yang lainnya seperti air terjun campuhan/kembar, air terjun bertingkat, air terjun mekalangan, dan air terjun colek pamor. Pada kesempatan ini admin akan mengulas tentang objek wisata air terjun colek pamor yang masih berada di desa gitgit.
Air Terjun Colek Pamor
IMG by Instagram via Diduk Miru

Air Terjun Colek Pamor memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Suasana air terjun ini masih alami dan letaknya cukup tersembunyi, karena berada di dalam hutan yang masih asri. Kata “Colek Pamor” merupakan kata dalam bahasa bali artinya dicolek kapur sirih. Di air terjun ini terdapat sebuah goa yang berada di pojok bawah air terjun, di mana dulunya di dinding goa tersebut terdapat tanda berwarna putih, seperti bekas colekan pamor (kapur sirih).

Sama seperti air terjun disekitarnya, air terjun colek pamor sekarang mulai diminati oleh wisatawan. Hal ini disebabkan karena banyak yang mengupload foto-foto air terjun ini di sosial media (instagram), yang membuat rasa penasaran akan keindahan air terjun ini. Pada hari-hari libur pengunjung ke air terjun ini sangat ramai. Disarankan untuk tidak berkunjung pada musim penghujan karena jalan setapak yang akan kita lalui menjadi licin dan becek.
Air Terjun Colek Pamor di balik pepohonan
IMG by Instagram via Maria Asih Indriastuti
Untuk menuju air terjun ini kita akan memerlukan tenaga ekstra dengan panjang rute perjalanan mencapai 600 meter dengan jalan kaki. Dari tempat kita memarkirkan kendaraan, kita akan melalui jalan setapak dengan medan yang cukup sulit, melalui tangga, jembatan bambu, dan melewati perkebunan cengkeh, cokelat dan kopi milik warga setempat. Untuk membantu melupakan sulitnya medan menuju air terjun, kita bisa mengabadikan gambar-gambar alam yang kita lalui dengan kamera atau smartphone anda. Begitu anda sampai di air terjun, maka kelelahan yang anda alami sebelumnya akan hilang seketika dengan memandang keindahan air terjun ini. Sangat cocok bagi yang suka aktivitas berpetualang atau tracking.

Lokasi dan Cara Mengakses Air Terjun Colek Pamor
Alamat atau lokasi air terjun colek pamor berada di desa Gitgit, kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, bali. Dari bandara ngurah rai akan memerlukan jarak tempuh sekitar 80,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 26 menit versi google map, dari pusat kota Denpasar berjarak sekitar 67,9 km. Sedangkan dari tempat wisata danau beratan berjarak sekitar 19,2 km dan dari kota singaraja hanya berjarak sekitar 11,1 km.

Untuk mengakses air terjun colek pamor sangat mudah sekali karena sudah ada petunjuk jalan yang jelas untuk menuju lokasi ini. Jika anda datang dari kawasan bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan anda menuju objek wisata bedugul kemudian arahkan kendaraan menuju kota Singaraja. Sebelum mencapai tempat parkir tempat wisata air terjun gitgit, tepat di belokan nanti akan menemukan plang penanda berupa papan yang bertuliskan “Objek Wisata Air Terjun Colek Pamor”. Ikuti plang petunjuk arah tersebut maka kamu akan diarahkan menuju air terjun colek pamor. Satu hal yang perlu diperhatikan jika berkunjung ke tempat wisata ini, jangan “nyampah” ya. Jika membawa makanan, jangan dibuang sembarangan pembungkusnya.


Nah itu sekilas tentang tempat wisata air terjun Colek Pamor yang berada di bali utara. Jadi jangan ragu untuk mengijakan kaki di Bali utara dan menyegarkan mata dan tubuh dengan sejuknya aliran sungai dan hembusan udara dingin di dataran tinggi Bali Utara. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata anda dalam mencari tempat wisata air terjun d Bali, khususnya di Bali Utara. Salam longtriper.(dari berbagai sumber)
Iklan