free counter with statistics Inilah 10 Air Terjun Paling Terkenal Di Bali Yang Wajib Dikunjungi
T12/09/2018

Inilah 10 Air Terjun Paling Terkenal Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Bali identik dengan tempat wisata pantai yang eksotis nan menawan hati. Di pulau yang berjulukanThe Morning of The World” ini memiliki ratusan lebih titik pantai yang tersebar di segala penjuru pulau Bali. Tidak hanya menyuguhkan panorama pantai pasir putih dengan sapuan ombaknya yang membuat para turis asing betah berlama-lama nongkrong, tetapi mampu menyuguhkan panorama yang spketakuler ketika sang surya akan terbit maupun terbenam. Panorama sunrise dan sunset menjadi incaran para turis ketika berlibur ke bali, khususnya yang ingin menikmati panorama pantainya.
Inilah 10 Air Terjun Paling Terkenal Di Bali Yang Wajib Dikunjungi
Air terjun terkenal di Bali

Bali tidak hanya menawarkan tempat wisata pantai yang sangat digandrungi oleh semua kalangan, tetapi juga menyuguhkan panorama air terjun yang indah dan alami. Hampir semua kabupaten di Bali menawarkan destinasi wisata air terjun sebagai daya tarik para turis. Ada lebih ratusan titik air terjun di bali yang siap memanjakan para wisatawan yang berlibur ke pulau yang berada di timur pulau Jawa ini. Tentunya akan memakan waktu yang sangat lama untuk mengunjungi semua air terjun tersebut. Akan lebih baik jika para pelancong untuk mengunjungi tempat wisata air terjun yang terkenal di Bali. Hanya saja, berkunjung ke tempat wisata air terjun yang sangat terkenal di Bali, kita mau tidak mau harus rela mengantri, bahkan berbaur dengan ratusan pengunjung lainnya. Nah bagi yang ingin mencari air terjun paling terkenal di Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa titik air terjun berikut ini.

1. Air Terjun Cepung
Air terjun Cepung atau air terjun Tukad Cepung ini sedang populer di sosial media khususnya pengguna sosial media Instagram. Tempat wisata yang baru di Bangli ini kini sudah viral di sosial media. Air terjun yang mendapat julukan “air terjun dari langit” ini berlokasi di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Julukan seagai air terjun dari langit ini memang cocok disandang oleh air terjun cepung. Jika diperhatikan sekilas terlihat air terjun ini jatuh dari langit karena pada puncak air terjun disilaukan oleh cahaya matahari. Sekitar air terjun tampak pemandangan yang masih asri dan hijau, tentunya ini menjadi nilai plus dari tempat wisata ini. Untuk bisa menikmati pesona air terjun ini para pengunjung harus menuruni ngarai yang sangat indah, boleh dibilang mirip seperti di Guwang Hidden Canyon loh. Karena air terjun cepung merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Bangli, bagi yang ingin berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini disarankan untuk tidak datang pada hari libur, karena pengunjung ke air terjun ini akan membludak, bahkan untuk sekedar berfoto pengunjung harus mengantre untuk bisa mengabadikan momen-momen indah di bawah air terjun ini.

2. Air Terjun Nungnung
Badung tidak hanya menawarkan panorama pantai kuta dengan pasir putih yang keren, juga menyuguhkan peson air terjun Nungnung yang siap mengisi liburan para wisatawan. Air terjun Nungnung berada di Banjar Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Propinsi Bali ini merupakan air terjun paling populer di kabupaten Badung. Lokasinya sangat dekat dengan objek wisata argo Pelaga dan objek wisata jembatan tertinggi di Bali yakni jembatan Tukad Bangkung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang cukup besar. Suasana disekitar air terjun masih asri dan alami, dikelilingi pepohonan yang hijau sehingga membuat suasana disekitarnya sejuk dan segar. Sebelum perkembangan sosial media yang sangat pesat seperti sekarang ini, keberadaan air terjun ini sudah terkenal, apalagi dengan adanya sosial media, air terjun ini makin dikenal oleh kalangan wisatawan. Jika anda datang dari kawasan objek wisata Bedugul menuju ke Kintamani, pastinya akan melalui jalur desa Plaga, cobalah tengok dan nikmati panorama air terjun Nungnung ini.

3. Air Terjun Tegenungan
Air terjun yang berada di kabupaten yang berjuluk “bumi seni” ini merupakan air terjun paling terkenal di Bali. Terkenalnya air terjun Tegenungan tidak lepas dari aksesnya yang sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Air terjun ini lokasinya sangat dekat dengan Kota Denpasar, bahkan air terjun Tegenungan ini satu-satunya air terjun yang dekat dengan kota Denpasar yang berjarak sekitar 17,5 km. Selain keberadaannya yang dekat dengan kota Denpasar, air terjun ini juga dekat dengan objek wisata populer di Bali, seperti seperti Pasar Seni sukawati tempat membeli oleh-oleh khas Bali, Hidden Canyon Guwang, Goa Gajah, Desa Wisata Batubulan yang terkenal dengan pertunjukan tari barong dan kecaknya, dan objek wisata Ubud. Air Terjun Tegenungan atau nama lainnya Air Terjun Blangsinga memiliki debit air yang sangat besar dengan pemandangan yang cukup indah serta pepohonan yang menghijau di sekitarnya. Apalagi kawasan ini sekarang dipercantik dengan disediakannya ayunan dan ajungan untuk tempat berfoto-foto, tentu akan membuat tempat ini makin terkenal dan viral di sosial media. Jika kebetulan berlibur ke Bali khususnya ke Kabupaten Gianyar, jangan lupa untuk berkunjung ke air terjun ini, lokasinya berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

4. Air Terjun Gitgit
Buleleng merupakan surganya destinasi wisata air terjun yang masih alami, di sini setidaknya terdpat lebih dari 30 titik air terjun yang bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengisi liburan ke Bali Utara. Salah satu air terjun paling terkenal di Buleleng adalah Air Terjun Gitgit. Air terjun Gitgit sudah terkenal sebelum keberadaan sosial media yang berkembang sangat pesat. Bagi wisatawan yang datang dari kawasan objek wisata Bedugul menuju pantai Lovina untuk melihat atraksi lumba-lumba di laut, tentunya akan melalui Desa Gitgit. Tepat disebelah kiri jalan raya akan melihat plang petunjuk arah yang bertulisan “Gitgit Waterfall”. Untuk menuju lokasi air terjun ini, pengunjung akan menyusuri jalan setapak, melintasi areal persawahan, kebun kopi dan cengkeh dengan alam sekitar air terjun yang masih asri dan alami, tentunya hawa udara yang segar dan jauh dari polusi. Tempat ini sangat bagus dikunjungi oleh wisatawan yang suka dengan wisata petualangan atau trakking. Bagi yang ingin menikmati pesona air terjun ini, lancong ya ke Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

5. Air Terjun Aling-Aling
Air terjun berikutnya yang paling terkenal di Bali khususnya di Buleleng, ada Air terjun Aling-Aling yang berlokasi di Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Perlu diketahui bahwa air terjun aling-aling merupakan salah satu dari tujuh air terjun yang ada di Desa Sambangan. Nah diantara 7 air terjun indah di Sambangan, air terjun Aling Aling paling populer di media sosial instagram. Jika dicari dengan #alingalingwaterfal di Instagram akan ada lebih dari 11,1 ribu kiriman tentang air terjun ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan pesona alam di sekitarnya sangat memukau mata, tebing yang tinggi dan rimbunnya pepohonan hijau ajan menambah kesan asri tempat ini. Uniknya, air terjun ini memiliki kolam dengan kedalaman mencapai 4 meter. Bagi yang penasaran dengan pesona air terjun ini, silahkan datang ke Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

6. Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala merupakan salah satu air terjun yang paling populer di Bali Utara. Bahkan air terjun ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting iklan produk minuman yang sering tayang di TV Nasional lho. Tempat ini benar-benar viral di sosial media khususnya bagi pengguna sosial media Instagram. Ya memang tempat wisata ini layak untuk menjadi populer dan terkenal karena keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini mampu membuat mata pengunjung terpukau. Air terjun yang terletak di Desa Wanagiri, kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini tiap hari selalu ada pengunjungnya, apalagi pada hari-hari libur nasional maupun weekend, tentunya pengunjungnya akan membludak. Dengan suasana yang nyaman dan di sekitarnya masih hijau, tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan Anda. Apalagi tidak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat tempat wisata lainnya yang sangat populer seperti pesona Danau Kembar Buyan dan Tamblingan, wisata Selfi Wanagiri, dan Air Terjun Cinta.

7. Air Terjun Tibumana
Selain memiliki Air Terjun Cepung, Bangli memiliki Air Terjun Tibumana yang juga sangat terkenal di Bangli. Air terjun yang berada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali ini memang keren dan membuat pengunjung batah berlama-lama menikmati pesona air terjun ini. Uniknya, jika air terjun ini memiliki debit air yang besar maka aliran airnya akan terbelah menjadi dua bagian dan mengalirkan dua air  terjun secara berdampingan, sehingga air terjun ini disebut sebagai air terjun kembar. Akan tetapi jika air terjun ini memiliki debit air yang kecil, hanya akan mengalirkan satu air terjun saja, namun pesona yang disajikan tetap memukau pengunjung. Air terjun ini sangat digandrungi oleh kaula muda, karena tempatnya sangat Instagramable banget loh. Bagi yang gemar berfoto selfie, tempat wisata yang ada di Bangli ini wajib untuk dikunjungi.

8. Air Terjun Sekumpul
Masih dikawasan Bali Utara, ada air terjun Sekumpul yang juga sangat populer di sosial media. Air Terjun Sekumpul ini terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlahnya mencapai tujuh air terjun, oleh warga asing disebut dengan julukan “sevent point waterfall”. Pesona yang disajikan oleh air terjun ini sangat memukau mata pengunjung, tidak mengherankan jika air terjun ini dikatakan sebagai airterjun terindah di Pulau Bali lho. Tidak mengherankan kalau tiap hari air terjun ini dikunjungi banyak wisatawan, walaupun lokasinya lumayan jauh dari Kota Singaraja (ibu kota Kabupaten Buleleng). Bagi yang ingin mengeksplor keindahan air terjun ini, silahkan lancong ke Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

9. Air Terjun Kantolampo
Selain memiliki air terjun Tegenungan yang lebih dahulu sudah terkenal, kini kabupaten Gianyar memiliki air terjun baru yang nantinya akan sangat terkenal dan populer di Bali yang bernama Air Terjun Kanto Lampo. Air terjun ini sangat mduah sekali diakses, dekat dengan Kota Gianyar, tepatnya berada di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Air terjun yang juga viral di sosial media ini merupakan air terjun yang tergolong unik di Bali. Keunikan air terjun ini terletak pada jatuhan air terjunnya, di mana airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun yang memiliki ketinggian 25 meter ini agak miring tidak seperti air terjun pada umumnya. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Pokoknya tempat wisata air terjun ini memang unik dan keren, tentunya wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali karena lokasinya dekat dengan objek wisata terkenal lainnya di Bali, seperti tempat wisata Ubud dan Goa Gajah.

10. Air Terjun Jembong
Di Bali Utara ada air terjun yang mirip dengan Air Terjun Kantolampo, bernama Air Terjun Jembong yang berlokasi di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Air terjun yang lokasinya dekat dengan tempat wisata Ambengan Rice Terrace ini memang unik, karena air terjun ini memiliki kemiringan sekitar 75%, jika dilihat secara sekilas ya hampir mirip seperti air terjun kanto lampo yang ada di Gianyar, hanya saja debit Air Terjun Jembong lebih besar dibandingkan dengan Air Terjun Kantolampo. Bagi yang suka dengan wisata petualangan, berkunjung ke Air Terjun Jembong dapat dijadikan tujuan wisata alternatif selama berlibur ke Bali, karena untuk menuju air terjun ini pengunjung harus melewati perkebunan milik warga setempat dengan panorama yang indah dan hijau. Air terjun ini memiliki aliran air yang jernih dan juga memiliki kolam, sehingga cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Apalagi jika berkunjung pada siang hari, nyemplung di kolam air jenih dan segar tentu akan sangat menyenangkan. Tempatnya sangat instagramable, tentunya tempat ini menjadi incaran para teraveler anak muda yang gemar berfoto selfie yang selalu eksis di sosial media.

Nah itu tempat wisata air terjun paling terkenal di Bali yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Bali. Selain air terjun, ada banyak tempat wisata di Bali yang terkenal. 

Silahkan baca juga:

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang terkenal di Bali. Salam longtriper.
Iklan